KESEHATAN
20 November 2017

Mengapa Kita Perlu Cukup Minum Air?

Sudahkah Moms dan keluarga minum cukup air?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Air memiliki fungsi vital bagi tubuh kita, yakni untuk membuat organ tubuh berfungsi dengan baik. Jika tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi dalam tingkat yang sudah parah, efeknya bisa fatal!

Pertanyaannya sekarang, sudahkah Moms dan keluarga minum cukup air? Selain itu, seperti apakah ciri air minum berkualitas?

Seberapa Banyak Air yang Perlu Kita Minum Setiap Hari?

Tahukah Moms bahwa komposisi tubuh pria terdiri dari 60% air, sedangkan wanita terdiri dari 50% air?

Menurut dr. Ulul Albab, SpOG dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), kebutuhan air minum pada setiap individu berbeda, tergantung dari beberapa faktor.

Umumnya, kita perlu mengonsumsi 2.100-2.500 ml air setiap hari. Atau, anjuran populernya adalah delapan gelas per hari. Tapi, dalam kondisi tertentu, seseorang membutuhkan asupan cairan lebih dari biasanya. Misalnya, saat diare.

“Ibu hamil dan menyusui membutuhkan sekitar 3.100-3.500 ml air per hari. Kebutuhan air juga tergantung BMI (body mass index, indeks massa tubuh),” jelas dr. Ulul saat ditemui di acara Le Minerale Water Run 2017 di Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Minum Air sebagai Bagian Gaya Hidup Sehat

Setelah sukses tahun lalu, Le Minerale dan IDI kembali menggaungkan ‘Gerakan Indonesia Sehat’ (GIS). Lewat kampanye ini, masyarakat Indonesia diajak untuk menjalani pola hidup sehat dengan menjalankan tiga pilar, yakni:

  1. Move right: olahraga teratur agar tubuh segar dan untuk memperlambat proses penuaan
  2. Eat right: makan makanan yang mengandung gizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan gizi
  3. Drink right: asupan air mineral yang berfungsi sebagai kofaktor dan katalisator kerja organ-organ tubuh manusia

Asupan air dengan kandungan mineral yang cukup akan berpengaruh terhadap optimalisasi proses kimia dalam tubuh. Air mineral akan membantu memenuhi kebutuhan mineral yang didapat selain dari buah-buahan dan sayuran.

Mineral penting bagi perempuan, lho, Moms. Sebab, menurut dr. Ulul, selenium sebagai salah satu jenis mineral baik untuk kecantikan.

Secara umum, airpun diperlukan untuk menjaga kelembapan kulit. Selain itu, untuk ibu hamil, mineral seperti mangan dan selenium penting untuk pertumbuhan otak janin.

“Move right, eat right, dan drink right harus dilakukan berkesinambungan. Sayang, cara pikir yang instan membuat kita lebih jarang bergerak, sehingga kita jadi lebih sedikit mengonsumsi air,” dr. Ulul berpendapat.

Ciri-ciri Air Minum yang Bagus

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari air minum, Moms perlu tahu ciri air yang baik dikonsumsi. “Tidak berwarna, berbau, dan berasa, pH-nya sesuai, tidak mengandung logam berat, serta sebaiknya mengandung mineral,” sebut dr. Ulul.

Sang dokter juga menuturkan ciri-ciri air minum dalam kemasan yang berkualitas. “Sumber mata airnya harus jelas dan berkualitas baik, fisik botolnya tidak mudah dipalsukan, dan airnya memberi efek baik pada tubuh,” jelas dr. Ulul.

Ia menambahkan, air minum yang mengandung mineral biasanya ditandai dengan rasa agak manis dari kandungan bikarbonat.

Cara Agar Anak Cukup Minum Air Putih

Sering mendapati bekal air minum anak tidak habis? Moms bisa mencoba tips dari Reisa Brotoasmoro, dokter yang ditunjuk sebagai brand ambassador Le Minerale.

“Anak itu kan mengikuti role model-nya. Saya mengajak anak berkompetisi siapa yang paling cepat atau paling banyak menghabiskan air minum. Nah, karena sudah terbiasa, sekarang dia akan haus lalu minum sendiri kalau merasa kurang minum air,” terang Reisa.

Dokter yang sedang hamil ini mengaku sangat concern dengan kecukupan konsumsi air putih di keluarganya. Untuk mengukur apakah hari itu dia sudah minum cukup air atau belum, ia menyiapkan botol khusus yang memiliki takaran. Jadi, ia bisa mengukur sendiri berapa banyak air yang sudah ia minum hari itu.

Baca juga: 4 Tips Membiasakan Diri Minum Air Putih

Mau coba tips di atas, Moms?

(EMA)

Artikel Terkait