KESEHATAN
26 Maret 2019

Mengapa Pengobatan HIV/AIDS Berlangsung Seumur Hidup?

Jika tidak dilakukan ternyata bisa memicu infeksi dan komplikasi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla


Hingga saat ini, belum ada obat yang menyembuhkan HIV/AIDS. Saat ini, penderita HIV/AIDS melakukan pengobatan hanya untuk memperlambat perkembangan virus dalam tubuhnya.

Obat yang digunakannya adalah ARV. Obat-obatan ini selalu diberikan dalam kombinasi dengan ARV lain, seperti terapi kombinasi yang disebut terapi antiretroviral (ART).

Banyak obat ART telah digunakan sejak pertengahan 1990-an dan merupakan alasan mengapa jumlah kematian tahunan terkait AIDS telah menurun selama dua dekade terakhir.

Untuk menjaga penyebaran virus ke seluruh tubuh dan penularan ke orang lain, penderita HIV/AIDS harus minum obat tersebut seumur hidup.

Baca Juga : Hal yang Perlu Moms Ketahui tentang HIV dan AIDS pada Bayi Baru Lahir

Mengapa Harus Minum Obat Seumur Hidup?

arv harus

Foto: mg.co.za

ART dapat membuat penderita HIV/AIDS tetap sehat selama bertahun-tahun. Ini juga sangat membantu mengurangi peluang penderita HIV/AIDS untuk menularkan virus tersebut ke pasangannya.

Jika dilakukan dan dikonsumsi secara rutin dan disiplin, ART mengurangi jumlah virus dalam darah dan cairan tubuh penderita HIV/AIDS.

ART direkomendasikan untuk semua orang yang hidup dengan HIV/AIDS, terlepas dari berapa lama mereka memiliki virus atau seberapa sehat mereka.

Meskipun tidak ada jaminan kesembuhan dengan mengonsumsi ART, penderita HIV/AIDS tetap harus mengonsumsi obat tersebut untuk melindungi kesehatan mereka.

Pengobatan HIV/AIDS penting karena membantu tubuh Anda melawan HIV/AIDS. Bahkan, jika penderita dinyatakan HIV positif, belum sampai tahap AIDS, dia bisa terhindar dari AIDS.

Baca Juga : Inspiratif, 3 Orang Ini Buktikan HIV/AIDS Tak Halangi Mereka Berprestasi

Apa Jadinya Jika Tidak Meminum Obat Secara Rutin?

images arv

Foto: monitor.co.ug

Jika penderita HIV/AIDS tidak melakukan pengobatan, maka virus akan menyerang sistem kekebalan dan dapat memungkinkan berbagai jenis infeksi dan kanker yang mengancam jiwa untuk berkembang dalam tubuh. Penyakit lain ini yang justru mengancam jiwa para penderita HIV/AIDS.

Kunci keberhasilan pengobatan HIV/AIDS adalah komitmen dari penderitanya untuk secara disiplin melakukan pengobatan.

Penting bagi para penderita HIV/AIDS untuk bekerja sama dengan penyedia layanan medis untuk menentukan pengobatan terbaik yang harus dijalani sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing penderita.

Baca Juga: Apakah Penderita HIV/AIDS Boleh Hamil dan Punya Anak?

Nah, ternyata bukan tanpa alasan penderita HIV/AIDS harus minum obat seumur hidup. Hal tersebut dilakukan ternyata untuk mencegah perkembangan virus HIV dalam tubuh dan penularan ke orang lain.

(AND)

Artikel Terkait