BALITA DAN ANAK
31 Agustus 2020

Mengasah Bakat Anak dan Potensinya Agar Jadi Anak Prima

Moms perlu melakukannya sejak dini agar bakatnya terasah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, terkadang cita-cita anak masih sering berubah-ubah. Hari ini Si Kecil bilang ingin menjadi pilot, bulan depan ia bisa saja bercita-cita menjadi dokter. Hal demikian wajar saja ya Moms, karena anak-anak belum bisa membayangkan masa depannya secara nyata.

Faktor utama yang mempengaruhi anak dalam menjawab cita-citanya adalah lingkungan. Jika anak sering melihat pesawat, maka jangan heran kalau anak ingin menjadi pilot. Atau jika ayahnya seorang fotografer, jangan bingung ketika anak bercita-cita menjadi fotografer juga. Apapun itu, selama semuanya positif, Moms bertanggung jawab dalam membantu anak dalam meraih cita-citanya.

Pentingnya Mengasah Bakat Anak dan Potensinya

Moms perlu mengenali dan mengasah bakat anak serta potensinya sejak dini. Apakah ia mempunyai talenta menyanyi, menari, olahraga, atau menggambar. Kemudian, Moms dapat mengarahkan bakat anak dengan memberikan anak pendidikan ekstra seperti les dan ekstrakulikuler.

Jangan memaksakan keinginan Moms, karena yang akan menjalankannya adalah Si Kecil. Moms perlu bertindak sebagai pendukung utama dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan. Cobalah memberikan ruang gerak dan kebebasan kepadanya dalam memilih.

Menurut Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga, Roslina Verauli, setiap anak mempunyai impiannya sendiri. Peran orang tua sangatlah penting dalam membantu Si Kecil membangun impian yang sesuai dengan bakat dan potensinya masing-masing.

"Mental yang tangguh bisa Moms stimulasikan dengan selalu mendukung Si Kecil dalam segala situasi, serta selalu menumbuhkan perasaan optimis," ujar Efnie Indirane, M.Psi, Psikolog.

Dengan Moms mengasah bakat anak dan potensinya sejak dini, maka tidak menutup kemungkinan akan membuat Si Kecil menjadi lebih terarah dalam mengembangkan kemampuannya, bisa memaksimalkan bakatnya, sampai merencanakan masa depan sampai bakatnya benar-benar matang.

Baca Juga: Sekolah Terlalu Mudah Bagi Anak? Jangan-jangan Anak Mama Berbakat

Cara Melihat dan Mengasah Bakat Anak dan Potensinya

Banyak yang mengatakan kalau bakat merupakan anugerah dari Tuhan. Tidak heran, bakat bisa terlihat dari seseorang masih bayi atau balita. Namun yang menjadi masalah adalah, tidak banyak orang tua yang tahu bagaimana melihat bakat yang dimiliki Si Kecil.

Seperti yang lain, banyak orang tua yang bingung ketika ditanya bakat buah hatinya. Ada yang tidak yakit jika anaknya mempunyai bakat, bahkan ada juga yang tidak tahu kalau Si Kecil sebenarnya mempunyai bakat terpendam.

Sayang sekali bukan Moms, jika bakat dan potensi anak tidak dikembangkan sejak dini. Maka dari itu, Moms perlu tahu bagaimana mengasah bakat anak dan potensinya dengan cara sebagai berikut:

1. Membiarkan Ia Mencoba Berbagai Hal

yuk lihat bakat terpendam si kecil dengan 4 cara ini 1

Foto: christophteh.com

Jika Si Kecil suka bermain kotor-kotoran dan batu, atau ia doyan mencorat-coret tembok rumah. Sebaiknya jangan melarangnya untuk melakukan hal tersebut ya Moms. Biarkan ia mencoba berbagai hal dengan tangannya sendiri, hal ini supaya Moms dapat melihat langsung potensi bakatnya ketika Si Kecil beraktivitas.

Bebaskan Si Kecil berimajinasi serta menggunakan kreativitasnya. Moms dapat menyiapkan ruangan khusus di rumah untuk Si Kecil bermain serta bereksperimen sesuka hatinya. Semakin banyak Si Kecil mencoba hal baru, maka akan semakin mudah juga Moms menemukan bakatnya.

Baca Juga : Tips dari Orang Tua Anak-anak Paling Berbakat di Dunia

2. Observasi Tingkah Laku & Aktivitasnya

yuk lihat bakat terpendam si kecil dengan 4 cara ini 2

Foto: abduzeddo.com

Dalam usaha melihat serta mengasah bakat anak dan potensinya, Moms harus lebih jeli lagi dalam melihat setiap tingkah laku dan aktivitas yang ia lakukan. Bakat anak bisa dilihat dari sebuah kebiasaan yang tingkat penguasaannya di atas normal seusianya.

Anak yang suka bermain puzzle misalnya, dipercaya mempunyai bakat sebagai seorang peneliti dan arsitek. Hal ini dikarenakan, mereka senang memecahkan masalah, serta memiliki kelebihan pada kemampuan visual dan spasial.

Begitu juga misalnya anak Moms selalu senang bercerita dan selalu penasaran akan hal baru, biasanya akan menjadi bibit bakat yang berguna di masa depannya.

Baca Juga : 5 Anak Disabilitas dengan Bakat Luar Biasa

3. Tanamkan Growth Mindset Pada Si Kecil

yuk lihat bakat terpendam si kecil dengan 4 cara ini 3

Foto: keptme.com

Anak yang ditanami growth mindset atau pola pikir bertumbuh sejak dini, biasanya akan lebih mudah terlihat bakatnya dibandingkan yang tidak. Hal ini karena mereka akan cenderung terbuka dalam hal baru, tidak takut dalam mencoba, dan senang mempelajari sesuatu hal yang tidak ia ketahui sebelumnya.

Growth mindset juga dapat membuatnya terus penasaran serta mencoba menggali lebih dalam mengenai topik yang ia minati. Jika sudah begini, maka akan terlihat satu subjek yang penuh dengan bakat Si Kecil.

Baca Juga : Anak Suka Modelling? Yuk Gali Potensinya Dengan 3 Cara Ini

4. Sabar Menunggu

yuk lihat bakat terpendam si kecil dengan 4 cara ini 4

Foto: perfecting dailyliving.com

Seperti layaknya menunggu pohon yang tumbuh tinggi, Moms and Dads sebagai orang tua pun harus menunggu bakat Si Kecil untuk bisa tumbuh dan berkembang. Mengasah bakat anak dan potensinya tidak bisa instan, apalagi sampai berharap anak bisa mempunyai banyak bakat sekaligus, hal ini justru akan menghambat perkembangannya.

Daripada berusaha memaksakan bakat Si Kecil, lebih baik Moms and Dads sabar menunggu sambil terus memfasilitasi dan menyemangatinya. Bakat tidak akan pergi dari Si Kecil, biarkan dengan sendirinya tumbuh bersama anak yang cerdas dan juga berbakat.

Bakat tidak bisa dipaksakan ada dalam diri Si Kecil, karena harus muncul dengan sendirinya. Jangan khawatir ya Moms jika bakat Si Kecil belum terlihat sejak dini, karena nanti pada waktunya bakat tersebut akan keluar dan terlatih.

Baca Juga : Cara Mengarahkan Bakat Anak Agar Sesuai dengan Cita-citanya

Dukung Bakat Anak dan Potensinya dengan Frisian Flag 123

Foto: doc/frisianflag

Moms bisa selalu optimalkan daya tahan tubuh Si Kecil dengan asupan nutrisi tepat, sehingga anak siap menghadapi masa depannya. Frisian Flag 123 PRIMANUTRI merupakan susu bubuk pertumbuhan yang diformulasikan khusus untuk anak usia 1-3 tahun dengan rasa madu, vanila, dan cokelat yang lezat.

Frisian Flag 123 PRIMANUTRISI hadir sebagai tambahan nutrisi dalam memberikan dukungan untuk mengasah bakat anak dan potensinya sejak dini. Frisian Flag 123 PRIMANUTRI mengandung zat gizi lengkap, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

Frisian Flag 123 PRIMANUTRI juga mengandung omega 3 (ALA), omega 6 (LA), minyak ikan, dan zat besi dalam mendukung bakat dan potensinya agar maksimal. Serat pangan inulin, tinggi kalsium, vitamin A, C, D, E, zinc, dan selenium untuk mendukung daya tahan tubuhnya menjadi kuat.

Yuk Moms, sediakan selalu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI dalam memberikan dukungan untuk mengasah bakat anak dan potensinya sejak dini!

Artikel Terkait