BALITA DAN ANAK
5 Mei 2020

Mengasuh Anak Capricorn, Ini 5 Tipsnya

Apa yang harus orang tua perhatikan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Jika bayi Moms lahir diantara tanggal 22 Desember - 19 Januari, maka tanda astrologinya adalah Capricorn. Zodiak berlambangkan kambing kecil ini dikatakan memiliki sifat pekerja keras, berpendirian keras, dan memiliki hati yang besar.

Anak-anak Capricorn cenderung praktis dan suka dihargai karena prestasi mereka. Si Kecil akan bersedia bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dan dia akan tahu dari usia muda apa yang ia inginkan ketika tumbuh dewasa nantinya.

Jika anak lambat untuk berkembang atau memilih minat tertentu, jangan khawatir. Capricorn akan meningkat seiring bertambahnya usia.

Nah, setelah tahu beberapa hal mengenai Capricorn, bagaimana cara mengasuh anak Capricorn yang tepat?

Tips Mengasuh Anak Capricorn

Ada beberapa hal yang harus orang tua pahami saat mengasuh anak dengan zodiak Capricorn.

1. Ajari dengan Tindakan

mengasuh anak capricorn

Foto: Orami Photo Stock

Capricorn senang jika orang disekitarnya menghargai prestasi yang mereka raih. Makanya, para pemilik zodiak ini selalu berpikir panjang sebelum melakukan suatu hal.

Jika Moms ingin mengajarkan anak Capricorn mengenai suatu hal, seperti nilai barang, Moms tidak serta merta mengajarkannya lewat ucapan, namun bisa melalui tindakan.

Cobalah memberikan anak Capricorn uang saku, dan tingkatkan jumlahnya disetiap ulang tahun mereka adalah cara yang baik untuk mengajarinya tentang nilai sesuatu. Jangan kaget jika anak akan menyimpan semuanya di celengan dan menggunakannya hanya untuk barang yang ia inginkan.

2. Hargai yang Anak Lakukan

mengasuh anak capricorn

Foto: novakdjokovicfoundation.org

Anak Capricorn senang jika mereka dianggap penting, walaupun usianya masih muda. Sehingga orang tua tidak boleh ragu untuk mengatur tugas untuk Si Kecil.

Mereka memahaminya dengan amat baik seiring bertumbuh dan sangat menghargai sistem penghargaan. Dalam pandangan anak ini, perbuatan baik harus dihargai, sehingga dalam mengasuh anak Capricorn, orang tua harus memberi mereka bukti cinta dan kepercayaan untuk menambah kepercayaan diri mereka.

3. Jangan Batasi Anak

mengasuh anak capricorn

Foto: mindchampsorg.wordpress.com

Anak Capricorn sangat senang hidup dengan aturan tertentu. Mereka senang mengeksplor sesuatu yang baru. Ketika mereka mulai belajar, tidak berarti anak ini harus diburu-buru atau dibatasi

Dalam Journal of Developmental Behavioral Pediatrics, disebutkan bahwa setiap anak “unik dalam potensinya” dan memiliki hak bawaan untuk diberikan sarana yang diperlukan untuk mencapainya.

Orang tua harus membiarkan anak-anak ini belajar dan menemukan semua yang menarik menurut mereka pada waktunya sendiri.

4. Beri Contoh yang Baik

mengasuh anak capricorn

Foto: noodle.com

Para pemilik zodiak ini akan dengan patuh meniru perilaku orang dewasa, mengadopsi sikap dan pendekatan mereka terhadap kehidupan.

Jadi saat mengasuh anak Capricorn, orang tua harus benar-benar mengendalikan perilaku mereka dan hanya memperlihatkan sifat-sifat positif seperti kehangatan, kasih sayang, kedermawanan, dan optimisme.

Di dekat Si Kecil, orang tua tidak boleh menunjukkan keadaan emosi negatif, atau kehilangan kesabaran. Suasana hati dan sikap orang tua dapat memengaruhi anak dalam jangka panjang.

5. Mendukung Kegiatan Anak

mengasuh anak capricorn

Foto: pafamilysupports.org

Dibandingkan dengan anak-anak lain, anak berzodiak Capricorn membutuhkan ketenangan dan konsentrasi di sekolah.

Secara umum, Capricorn akan bersinar dalam pelajaran matematika, tetapi tidak dalam kegiatan literal. Orang tua harus mendorong anak ke dalam kegiatan kelompok, untuk membuatnya lebih ramah dan mengurangi keseriusannya yang terlalu dini.

Itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Moms ingin mengasuh anak Capricorn

Artikel Terkait