DI ATAS 5 TAHUN
20 Maret 2019

Anak Kecanduan Main Game? Coba 5 Cara Ini Untuk Mengatasinya

Sebagai orang tua, Moms memegang kendali penuh atas kebiasaan game anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Sudah bukan rahasia, kalau saat ini semakin banyak anak kecanduan game yang dimainkan di smartphone.

Saking seriusnya masalah ini, tahun 2018 lalu World Health Organization resmi menetapkan kecanduan game sebagai penyakit gangguan mental yang masuk dalam daftar penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan atau kecanduan.

Saat kecanduan game mulai membuat prestasi sekolah anak menurun, tanggung jawab di rumah terabaikan, serta sangat jarang beraktivitas fisik dan bergaul di luar rumah, itu tandanya Moms perlu segera melakukan intervensi.

Yuk Moms, coba dulu beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi anak kecanduan game.

Baca Juga: Ingin Si Kecil Makin Cerdas? Coba 5 Permainan Ini Agar Anak Tumbuh Cemerlang

1. Diskusikan Tentang Fungsi Game Sebagai Hiburan

anak kecanduan main game coba 5 cara ini untuk mengatasinya 1

Moms, sudah pernahkah mengajak Si kecil berdiskusi tentang fungsi smartphone beserta game di dalamnya?

Kalau belum, Moms perlu mulai menjelaskan fungsi utama smartphone dan gadget sebagai sarana untuk mempermudah komunikasi dan pendidikannya.

Misalnya saja, dia bisa berkirim pesan dengan teman atau mencari materi di internet untuk membantunya mengerjakan tugas sekolah.

Sedangkan permainan atau game hanyalah hiburan atau pengisi waktu luang, dan bukan prioritas utama hidupnya.

Itulah kenapa pencapaian di dunia nyata, seperti nilai baik di sekolah, menguasai suatu keterampilan, atau menekuni hobi lebih penting ketimbang pencapaian dalam game.

2. Batasi Waktu dan Tempat Main Game

anak kecanduan main game coba 5 cara ini untuk mengatasinya 2

Dalam mengatasi anak kecanduan main game, sangatlah penting untuk memberikan batasan tegas tentang waktu dan tempat untuk bermain game.

Moms bisa menentukan seberapa banyak waktu yang boleh digunakan anak untuk bermain game setiap harinya. Misalnya saja, hanya 1 jam di hari sekolah dan 2 sampai 3 jam di akhir pekan.

Kemudian tetapkan aturan kalau bermain game hanya boleh dilakukan di area rumah dimana Moms dan Dads bisa mengawasi, seperti ruang tamu atau ruang keluarga.

Untuk anak yang sudah punya smartphone sendiri, Moms bisa mengunci aplikasi game beserta Play Store atau App Store. Dengan begitu, dia harus meminta izin Moms setiap kali ingin bermain game.

Baca Juga: Ketahui Plus Minus Gadget Bagi Perkembangan Anak dan Durasi Pemakaian Sesuai Usia

3. Berikan Masa Transisi

anak kecanduan main game coba 5 cara ini untuk mengatasinya 3

Namanya sudah kecanduan main game, pasti tidak mudah untuk langsung mengikuti aturan yang baru saja Moms tetapkan.

Itulah kenapa Catherine Stenier-Adair, psikolog klinis sekaligus penulis buku The Big Disconnect: Protecting Childhood and Family Relationships in the Digital Age, menganjurkan Moms memberikan masa transisi untuk mengatasi kecanduan game.

Caranya mudah kok, Moms. Saat waktu bermain game anak tersisa 10 menit dan 5 menit, berikan peringatan kalau waktu bermainnya sudah hampir habis. Bila waktunya sudah selesai, segera ambil gadget atau smartphone.

Yang terpenting, Moms harus tegas dan konsisten menegakkan aturan yang sudah dibuat dan tidak memberi kelonggaran. Bila tidak, Si Kecil bisa menganggap aturan Moms tidak serius, lho.

4. Jadikan Game Sebagai Hak Istimewa

anak kecanduan main game coba 5 cara ini untuk mengatasinya 4

Sebagai anak yang masih berada dalam bimbingan orang tua, anak harus tahu kalau waktu bermain game adalah hak istimewa yang hanya bisa didapatkannya setelah menyelesaikan tanggung jawab.

Misalnya saja, anak baru boleh bermain game setelah PR dan tugas rumah tangganya selesai, atau hanya boleh bermain game di akhir pekan bila nilai raportnya menurun.

Baca Juga: Ini yang Harus Dilakukan oleh Orang Tua Untuk Mengurangi Kedekatan Anak dengan Gadget

5. Kenalkan dengan Aktivitas Menyenangkan Lainnya

anak kecanduan main game coba 5 cara ini untuk mengatasinya 5

Bagaimanapun juga, anak tetap butuh hiburan dan aktivitas menyenangkan untuk mengisi waktu luangnya agar tidak bosan ya, Moms.

Sebagai ganti waktu bermain game yang dibatasi, Moms bisa mengenalkan buah hati pada aktivitas menyenangkan lain yang sesuai dengan minatnya. Misalnya saja, les bermain musik, ikut klub olahraga, kursus robotik, atau klub memasak.

Contoh yang ditunjukkan orang tua juga tidak kalah penting dalam mengatasi anak kecanduan game ya, Moms. Jadi, batasi juga penggunaan smartphone Moms di hadapan Si kecil.

Apa Moms punya strategi dan pengalaman sendiri dalam mengatasi kecanduan main game pada anak?

(WA)

Artikel Terkait