3-12 BULAN
4 Oktober 2019

Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari Akibat Tumbuh Gigi

Hadapi kerewelan Si Kecil dengan tetap tenang
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Saat sedang menjalani fase bayi tumbuh gigi, Si Kecil biasanya menunjukkan tanda-tanda yang membuatnya tidak nyaman.

Dia lebih banyak mengeluarkan air liur, suka menggigit, gusi yang bengkak dan masih banyak lagi hal yang membuat bayi lebih rewel dari biasanya.

Dan level kerewelan tersebut akan semakin terasa saat malam hari Moms!

Seperti halnya pada orang dewasa, bayi tumbuh gigi akan merasakan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terus bertambah pada malam hari, karena dia sudah merasakannya seharian, rasa sakit tersebut ditambah dengan rasa lelah.

"Nyeri saat bayi tumbuh gigi tampak lebih buruk di malam hari karena bayi lelah dan tidak bisa lagi ketidaknyamanannya," kata Dr. Andy Bernstein, seorang dokter dari Akademi Pediatri Amerika seperti dilansir dari Fatherly.

Baca Juga: Anak Usia 1 Tahun Belum Tumbuh Gigi, Apakah Normal?

Hal ini dapat terjadi juga karena Si Kecil tidak memiliki aktivitas dan kesenangan seperti pada siang hari untuk mengalihkan perhatian dari rasa tidak nyaman tersebut. Para ilmuwan menduga ada hubungan antara kurang tidur dengan peradangan gusi.

"Untuk alasan yang sama, rasa lelah sakit akan lebih terasa saat lelah. Begitupun pada bayi,” tambah Andy.

Sayangnya, tidak banyak yang bisa Moms lakukan meski sejumlah produk mengklaim dapat membantu menghilangkan rasa sakit pada bayi tumbuh gigi.

Hal terbaik yang dapat Moms lakukan hanyalah mengantisipasi rasa sakit yang meningkat di malam hari. Apa saja itu? Kita intip yuk.

1. Persiapan Siang Hari

Bayi Lebih Rewel Pada Malam Hari Saat Tumbuh Gigi Atasi Dengan 2 Tips Ini -1.jpg

Saat siang hari, bayi tumbuh gigi memerlukan distraksi dari rasa tidak nyaman di gigi yang dia rasakan.

Moms bisa menawarkan makanan bertekstur lembut seperti kentang tumbuk, puding atau sup yang lebih mudah ditelan. Ini adalah cara agar bayi tetap mau makan meski sedang memasuki fase bayi tumbuh gigi.

Sajikan potongan makanan atau buah-buahan dingin atau beku. Ini akan bertindak sebagai obat bius pada gusi bayi yang sedang bengkak.

Selain itu, memberikan Si Kecil teether juga akan membuat bayi melepaskan rasa ingin menggigitnya. Dengan menggit sesuatu, tekanan pada gusi menenangkan rasa sakit.

Memijat gusi yang sakit pada bayi tumbuh gigi bisa dilakukan dengan menggunakan kain kasa bersih dengan lembut.

Baca Juga: Gigi Anak Tumbuh Tidak Rapi, Apa Sebabnya?

Ini bisa menenangkan rasa sakit sementara. Menurut Dr. Harvey Karp, seorang dokter anak ternama, pastikan bayi tidur siang agar dia tidak terlalu kelelahan.

"Buat suara-suara saat hendak menidurkan bayi akan membuatnya merasa tenang. Ini akan mengalihkan perhatian bayi Anda dan membantunya tidur dengan benar meskipun gusi yang masih terasa tidak enak,” kata Dr. Karp.

Tinggkatkan juga rasa nyaman pada bayi tumbuh gigi dengan lebih banyak memeluknya. Dengan begitu, rasa tidak nyaman di gusinya akan sedikit berkurang karena dekapan hangat Moms.

2. Persiapan Malam Hari

Bayi Lebih Rewel Pada Malam Hari Saat Tumbuh Gigi Atasi Dengan 2 Tips Ini -2.jpg

Pertahankan rutinitas waktu tidur Si Kecil sebelum gusinya sakit. Ini adalah kuncinya.

Ini juga akan membuatnya tersadar bahwa malam hari merupakan waktu istirahat dan sedikit membuatnya santai. Jangan lupa untuk menciptakan kondisi yang damai dan nyaman sebelum bayi tidur.

Jika bayi sering rewel dan menjadi histeris, angkat Si Kecil lalu tenangkan dengan menggendongnya.

Usahakan untuk tidak menghentikan rutinitas waktu tidur agar terus menjadi kebiasaan tidur tepat waktu meski sedang sakit gigi.

Moms harus tetap tenang dan elus badan bayi dengan penuh kasih sayang. Ciptakan suasana yang hening agar Si Kecil mulai merasa ngantuk dan sedikit demi sedikit melupakan ketidaknyamanan pada gusinya.

Baca Juga: Sudahkah Moms Mengetahui Tahap Pertumbuhan Gigi Bayi? Simak di Sini!

Jika bayi sudah terlalu histeris, Moms mungkin akan menggunakan opsi terakhir dengan memberikan obat penghilang rasa sakit.

Konsultasikan dengan dokter sebelum membelinya. Pilihan yang paling direkomendasikan biasanya tylenol dan motrin. Jika Si Kecil lebih dari enam bulan, Moms bisa memberinya ibuprofen atau acetaminophen.

Karena dosis dan frekuensi pemberian obat penghilang rasa sakit sangat penting, jangan lupa untuk mendapatkan instruksi dari dokter ya.

Selain itu, jangan lupa menyikat gigi Si Kecil. Segera setelah gigi pertama muncul, biasakan untuk menyikat gigi Si Kecil. Ini akan menjadi sebuah kebiasaan dan rutinitas sebelum tidurnya.

(FAR)

Artikel Terkait