BAYI
31 Maret 2020

Jangan Panik, Moms. Ini Cara Mengatasi Bayi Rewel Di Pesawat

Pemilihan bangku yang tepat membantu mengatasi bayi rewel saat bepergian dengan pesawat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Siapapun pasti menyukai liburan. Namun untuk mencapai tempat tujuan liburan, seringkali tidaklah mudah. Terutama bagi Moms dan Dads yang mengajak serta bayi dalam perjalanan liburan ini.

Untuk itu, beragam persiapan perlu dilakukan. Mulai dari pakaian, makanan, hingga persiapan mental serta fisik untuk mengatasi bayi rewel saat bepergian.

Mengatasi Bayi Rewel saat Bepergian dengan Pesawat

Jika Moms dan Dads memilih pesawat untuk menuju tempat liburan berikutnya, cek tips mengatasi bayi rewel saat bepergian dengan pesawat berikut ini.

1. Sesuaikan Jadwal Terbang

1 Sesuaikan Jadwal Terbang.jpg

Foto: PublicDomainPictures – Pixabay.com

Untuk lebih mudah mengatasi bayi rewel saat bepergian dengan pesawat, pilihlah jadwal terbang yang sesuai dengan jadwal tidur siang bayi.

“Jika memungkinkan, atur jadwal bayi hingga akhirnya baru bersiap tidur siang saat sudah di pesawat,” ungkap Dokter anak di Boston Children’s Hospital, Claire McCarthy, M. D., seperti dikutip dari cntraveler.com.

Jika sulit untuk mendapatkan waktu terbang di saat bayi biasanya tidur, pilih penerbangan di waktu bayi paling bersemangat, biasanya itu terjadi pada pagi hari.

Baca Juga: Kiat Mengajak Balita ke Dokter Tanpa Rewel

2. Pesan Bangku Bersebrangan

2 Pesan Bangku Bersebrangan.jpg

Foto: Orna Wachman – Pixabay.com

Sebagian besar orang tua memilih untuk duduk dekat jendela untuk menjaga privasi. Namun memesan bangku bersebrangan untuk Moms dan Dads (yang berarti duduk di sisi lorong pesawat) juga dapat menjadi cara mengatasi bayi rewel saat bepergian dengan pesawat.

Dikutip dari fatherly.com, cara ini akan memberi bayi suasana dan pemandangan yang berbeda saat berpindah tangan dari Moms ke Dads, sehingga akan mengurangi rasa bosan selama penerbangan dan mengalihkan perhatiannya ke hal baru.

Namun pastikan juga bayi tetap aman saat Moms atau Dads duduk dekat lorong, terutama saat pramugari atau pramugara lalu lalang menyajikan makanan dan minuman panas.

Baca Juga: 4 Langkah Menyapih Anak Agar Tidak Rewel

3. Berikan Empeng atau Botol

3 Berikan Empeng atau Botol.jpg

Foto: Uwe Baumann – Pixabay.com

Lepas landas dan pendaratan merupakan salah satu momen bayi paling sering rewel. Hal ini dikarenakan telinga bayi yang sensitif, mengalami perubahan tekanan yang membuatnya tidak nyaman hingga kesakitan.

Untuk membantu mengatasi bayi rewel saat bepergian dengan pesawat ini, Moms bisa memberikan bayi empeng atau botol saat lepas landas dan waktu pendaratan. Menghisap empeng atau botol akan menetralisasi tekanan di telinga bayi.

Baca Juga: Mengatasi Anak Rewel Saat Ditinggal Orang Tua

4. Siapkan Mainan Baru

4 Siapkan Mainan Baru.jpg

Foto: Paul Hanaoka – Unsplash.com

Bayi pasti bahagia melihat mainan kesukaannya, terutama mainan baru dan cara ini dapat mengatasi bayi rewel saat bepergian dengan pesawat.

“Untuk mengurangi rasa bosan, bawa beberapa mainan bayi yang belum ia lihat sebelumnya. Hal baru akan meningkatkan rentang perhatiannya,” ungkap penulis e-book Flying With Baby, Meg Collins, seperti dikutip dari webmd.com.

Berikan saat bayi sudah benar-benar rewel untuk membuatnya lebih tenang.

Baca Juga: 3 Cara Menghadapi Anak yang Rewel karena Tumbuh Gigi

5. Baju Berlapis

5 Baju Berlapis.jpg

Foto: freestocks-photos – Pixabay.com

Dikutip dari Healthy Children's, suhu di dalam dan menuju pesawat bisa bervariasi, terutama saat harus terjebak menunggu di landasan pacu. Untuk mengatasi bayi rewel saat bepergian dengan pesawat ini, kenakan bayi pakaian berlapis.

Cara ini akan memudahkan Moms untuk melepas atau memakaikannya kembali sesuai dengan suhu di sekitar. Pilih pakaian yang mudah saat mengganti popok atau pergi ke toilet dan tentunya bawa beberapa baju tambahan di tas bayi.

Itulah beberapa cara mengatasi bayi rewel saat bepergian dengan pesawat. Penerbangan yang nyaman untuk bayi tentu akan mengurangi kemungkinan bayi rewel.

Artikel Terkait