NEWBORN
21 Juli 2020

3 Cara Mengatasi Bayi Tersedak, Segera Lakukan!

Usahakan tetap tenang ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bayi dapat tersedak, terutama di usianya yang gemar memasukkan berbagai barang ke dalam mulutnya. Hal ini sangat menakutkan bagi orang tua, dan karenanya Moms perlu mengetahui cara mengatasi bayi tersedak.

Menurut Mayo Clinic, tersedak adalah penyebab umum dari cedera dan kematian pada anak kecil, terutama karena saluran udara kecil mereka mudah terhambat.

Perlu waktu bagi Si Kecil untuk menguasai kemampuan mengunyah dan menelan makanan, dan bayi mungkin tidak bisa batuk dengan cukup kuat untuk mengusir penyumbatan jalan bernapas.

Baca Juga: Balita Makan Anggur Utuh, Hati-Hati Tersedak

"Definisi tersedak adalah obstruksi atau sumbatan parsial atau total dari saluran napas atas akibat menelan benda asing. Dapat berupa makanan, air, dan benda lainnya," jelas dr. Liza Fitria, Sp. A Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah - Bintaro Jaya

Pada bayi dan anak, sumbatan ini dapat pula diakibatkan oleh koin atau mainan. Dampaknya, dapat menyebabkan kesulitan bernapas, apalagi bila sumbatannya total.

Bila bayi yang tersedak memperlihatkan gejala batuk dan gagging, serta masih bisa bernapas dan menangis, maka sumbatan yang terjadi masih parsial atau tidak parah.

Cara Mengatasi Bayi Tersedak

pertolongan pertama bayi tersedak-5

Foto: Orami Stok Photos

Jika bayi tersedak, jangan langsung panik ya, Moms. Dr Liza menyarankan untuk segera membawa bayi ke rumah sakit terdekat.

"Jangan coba-coba memasukkan jari Anda ke dalam mulut bayi untuk mengambil benda asing tersebut, karena justru berisiko mendorong benda asing tersebut lebih jauh masuk ke dalam saluran napas," dr. Liza memperingatkan.

Bila bayi yang tersedak tidak menunjukkan gejala batuk, tidak menangis, bahkan tidak bernapas hingga wajahnya tampak biru, segera hubungi rumah sakit terdekat atau sistem gawat darurat setempat.

Sembari menunggu pertolongan medis tiba, segera berikan pertolongan pertama bayi tersedak yaitu dengan metode Heimlich berikut ini.

Baca Juga: Tersedak Duri Ikan, Ini Cara Mengatasinya

1. Cara Pertama Mengatasi Bayi Tersedak

pertolongan pertama bayi tersedak-1.jpg

Foto: aboutkidshealth.ca

Cara pertama mengatasi bayi tersedak adalah meletakan bayi di paha ibu. Letakkan bayi di pangkuan ibu di salah satu paha, posisikan muka bayi menghadap ke bawah, sangga kepala dan leher dengan satu lengan.

Jangan sampai jari penolong menekan jaringan lunak di leher bagian depan, dan posisikan kepala bayi lebih rendah daripada tubuh.

2. Cara Kedua Mengatasi Bayi Tersedak

pertolongan pertama bayi tersedak-3.jpg

Foto: fairview.org

Cara selanjutnya mengatasi bayi tersedak adalah lakukan maneuver back blow.

Lakukan maneuver back blow dengan cara memberikan 5 hentakan menggunakan pangkal telapak tangan ke bagian pertengahan punggung bayi, di antara kedua tulang belikat.

Baca Juga: 6 Makanan yang Bisa Membuat Balita Meninggal karena Tersedak

3. Cara Ketiga Mengatasi Bayi Tersedak

pertolongan pertama bayi tersedak-2-1.jpg

Foto: fairview.org

Cara selanjutnya mengatasi bayi tersedak adalah lakukan chest thrust. Bila gagal, lakukan 5 chest thrust atau hentakan dada dengan cara membalikkan bayi ke posisi terlentang, kepala lebih rendah.

Letakkan jari telunjuk dan jari tengah di tengah tulang dada, lalu tekan kedua jari hingga kedalaman sekitar 4 cm.

Jika belum berhasil, ulangi lagi maneuver back blow.

Nah, itulah beberapa langkah untuk mengatasi bayi tersedak. Ini merupakan langkah pertolongan pertama yang bisa Moms lakukan sebelum mendapatkan pertolongan medis.

Artikel Terkait