NEWBORN
20 Mei 2020

4 Cara Mengatasi Bibir Kering pada Bayi

Bagaimana cara amannya ya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Merupakan hal yang umum jika bibir bayi yang baru lahir ternyata lebih kering dan merah daripada bayi yang lebih tua usianya.

Tetapi hal ini tidak akan menunjukkan tanda-tanda rasa sakit atau tidak nyaman pada Si Kecil.

Jika bayi memiliki bibir kering dan pecah-pecah, namun merasa nyaman-nyaman saja dan bisa menyusu dengan baik, mungkin Moms perlu melihat tanda lainnya.

Baca Juga: Ketahui 5 Penyebab Kulit Kering pada Bayi

Mengatasi Bibir Kering pada Bayi

Bila bibir kering bayi tampaknya mengganggu , Moms dapat mencoba berbagai pengobatan rumahan yang sederhana dan lembut, serta efektif untuk meredakan gejala ini.

Apa saja cara mengatasi bibir kering pada bayi tersebut?

1. Gunakan ASI

bibir kering pada bayi

Foto: momjunction.com

Obat rumahan yang paling efektif untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah pada bayi adalah dengan menggunakan ASI yang diproduksi setiap hari oleh Moms.

Salah satu pendekatan paling sederhana dan paling alami yang dapat Moms lakukan adalah mengoleskan ASI ke bibir bayi yang kering dan pecah-pecah.

“Sifat antibakteri pada ASI terbukti dapat membantu masalah kesehatan ringan pada bayi, termasuk bibir kering,” ujar Cassaundra Jah, konsultan laktasi, sekaligus bidan bersertifikat di Albuquerque, New Mexico.

Diketahui bahwa ASI adalah pelembap bibir hebat yang membantu menyembuhkan kulit dan melembapkan, itulah sebabnya ASI merupakan pilihan yang bagus untuk bibir kering pada bayi.

2. Pelembap Bibir Alami

bibir kering pada bayi

Foto: medium.com

Meskipun lip balm bukan solusi jangka panjang yang baik untuk mengatasi bibir kering pada bayi, bahan ini akan membantu menenangkan bibir yang kering.

Jika Moms ingin menggunakan lip balm, sebaiknya pilih yang alami, organik, dan tanpa wewangian pada bayi.

Baca Juga: 4 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Bayi

3. Buang Dot Bayi

bibir kering pada bayi

Foto: medicalnewstoday.com

Salah satu penyebab bibir bayi kering dan pecah-pecah adalah penggunaan dot yang berlebihan, yang pasti dimiliki oleh hampir semua anak kecil.

Jika Moms merasa tidak ada yang bisa membantu mengatasi bibir kering pada bayi atau ini adalah pengulangan yang terus terjadi, coba singkirkan (atau kurangi secara signifikan) penggunaan dot yang menciptakan bibir pecah-pecah.

4. Beli Humidifier

bibir kering pada bayi

Foto: housinghere.com

Penyebab lainnya bibir kering pada bayi Moms bisa jadi karena suhu di rumah yang terlalu panas. Dilansir dari salah satu jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, udara dingin dan angin adalah dua faktor yang sering menyebabkan kulit kering, termasuk bibir, yang diikuti oleh keretakan.

Alat satu ini akan menambah kelembapan dari lingkungan udara yang sangat kering. Terutama selama bulan-bulan kering sepanjang tahun, pelembap adalah cara yang bagus untuk membantu menyingkirkan dan mencegah kulit kering pada bayi Moms.

Pelembap yang aman menurut Children's Hospital Colorado, ada satu jenis pelembap yang dapat Moms gunakan dengan aman pada bayi yang baru lahir di rumah, yaitu pelembap dengan penguapan.

Perbedaan untuk humidifier jenis ini adalah bahwa ia tidak akan memuntahkan apa pun ke udara, mengurangi risiko bakteri tersebar.

Baca Juga: 4 Masalah Kulit Bayi di Musim Panas, Perhatikan Moms!

Itu dia beberapa cara mengatasi bibir kering pada bayi yang bisa Moms coba. Kalau kondisi ini terus berlangsung dan makin mengganggu, hubungi dokter ya!

Artikel Terkait