TRIMESTER 2
10 November 2019

3 Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Hamil

Moms bisa gunakan pelembap untuk menjaga kelembapan bibir
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Semua ibu hamil mungkin mengalami mual di pagi hari dan mengidam makanan yang enak selama kehamilan, tetapi ada banyak juga gejala kehamilan aneh lainnya yang mungkin tidak Moms ketahui.

Salah satunya adalah bibir kering saat hamil. Makanya penting bagi ibu hamil untuk tetap terhidrasi selama kehamilan. Jika tubuh Moms tidak terhidrasi dengan baik, maka akan timbul bibir kering dan pecah-pecah.

“Hal ini umum terjadi, karena merupakan bawaan dari calon bayi di dalam perut Moms,” kata Sherry A. Ross, pakar kesehatan wanita dan penulis she-ology.

Baca Juga: Jangan Menjilat Bibir Kering! Lakukan 5 Cara Ini untuk Mengatasinya

Mengatasi Bibir Kering Saat Hamil

Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik untuk mengatasi bibir kering saat hamil. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini.

1. Minum Air Putih

mengatasi bibir kering saat hamil

Untuk mengatasi bibir kering saat hamil, Moms harus minum air sebanyak mungkin, karena logikanya, bayi di dalam perut membutuhkan banyak air agar terhidrasi untuk tumbuh dengan baik.

Apalagi, National Health Service menyebutkan bahwa kondisi hamil akan meningkatkan rasa haus dan kekeringan pada bibir.

Jika tidak, hal ini akan menyebabkan tubuh kekurangan air, karena bayi akan mengekstraknya dari tubuh Moms sampai kulit kita terasa kering dan bersisik.

2. Menggunakan Pelembap Bibir

mengatasi bibir kering saat hamil

Dilansir dari Live Strong, mengoleskan lip balm atau produk pelembab bibir lainnya ke bibir Moms 3 hingga 4 kali sehari juga bisa membantu mengatasi bibir kering saat hamil.

Produk-produk ini membantu mengunci kelembapan bibir, sehingga mengurangi kekeringan, jadi jika perlu, oleskan segera setelah mandi atau pelembab bibir Moms dengan waslap basah sebelum aplikasi.

Selalu oleskan produk pelembap bibir setiap kali Moms akan pergi ke luar, terutama selama saat cuaca sedang terik.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Bibir Balita Pecah-Pecah

3. Jangan Membasahi Bibir dengan Air Liur

mengatasi bibir kering saat hamil

Saat bibir Moms terasa kering, mungkin secara tidak sadar, kita akan menjilati bibir dengan air liur. Alih-alih membuat bibir lembap, hal ini justru sebenarnya akan membuat bibir semakin kering.

"Air liur mengandung enzim yang mengering dan mengiritasi kulit bibir," kata Neil Sadick, pendiri dan direktur Sadick Dermatology dan profesor klinis dermatologi di Weill Cornell Medical College di New York.

Baca Juga: Mengenal Hipersalivasi, Air Liur Berlebih Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Untuk mengatasi bibir kering saat hamil, hentikan kebiasaan tersebut dengan memilih dan menggunakan pelembap bibir setiap kali bibir terasa kering.

Itu dia Moms beberapa cara untuk mengatasi bibir kering saat hamil. Pastikan untuk menjaga kelembapan bibir kita dengan cara di atas ya.

Artikel Terkait