NEWBORN
15 Oktober 2019

Mengatasi Intertrigo atau Kemerahan Pada Lipatan Kulit Bayi

Bercak kemerahan memang biasanya terjadi pada lipatan kulit paha bayi
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Pernahkah Moms melihat bercak kemerahan pada lipatan kulit bayi? Jika pernah, bercak ini dikenal juga dengan sebutan intertrigo.

Intertrigo adalah ruam kemerahan yang muncul dalam lipatan kulit besar bayi, di mana hal ini muncul karena permukaan kulit bayi saling bergesekan. Ruam biasanya bisa terasa gatal atau menyakitkan, tetapi tidak menular.

Baca Juga: Selain Ruam Popok, Ini Beberapa Masalah Kulit Bayi dan Cara Mengatasinya

Dilansir dari Healthline, bakteri, jamur, dan ragi dapat dengan mudah tumbuh di lingkungan yang hangat dan lembab ini dan memperburuk ruam.

Bagian lipatan kulit yang biasanya mengalami intertrigo adalah lipatan kulit pada area ketiak, kunci paha, lipatan pantat, dan jari kaki.

Jika Si Kecil mengalami intertrigo, Moms bisa mengatasinya dengan beberapa cara alami di bawah ini. Ikuti ya Moms.

Jaga Area Tetap Bersih dan Kering

intertrigo

Dalam mengatasi intertrigo, aturan pertama yang harus Moms ingat adalah menjaga area tersebut tetap bersih dan kering. Jika Si Kecil habis dimandikan, setelah itu keringkan tubuhnya langsung.

Jangan gosok kulit bayi dengan handuk. Moms mungkin ingin mengeringkan daerah yang teriritasi dengan pengering rambut bersuhu rendah.

Baca Juga: Hindari Iritasi, Ini 4 Tips Memilih Produk Perawatan Kulit untuk Bayi

Produk lain, seperti minyak pohon teh atau minyak kelapa juga dapat membantu mengurangi rasa gatal dan mencegah infeksi, termasuk di area pantat bayi kita.

Gunakan Gel Anti Radang

intertrigo

Dilansir dari Healthline, jika intertrigo hanya bersifat inflamasi, tanpa menimbulkan infeksi, kita bisa mengatasi intertrigo gunakan krim yang dijual bebas untuk membuat penghalang di antara lipatan kulit.

Krim atau salep yang mengandung seng oksida atau petrolatum dapat bermanfaat. Ada juga balsem anti radang yang berbentuk stick, yang pemakaiannya juga dioleskan.

Buat Penghalang Fisik

intertrigo

Tergantung pada daerah yang terkena, mengatasi intertrigo dapat dilakukan dengan menggunakan kapas tipis atau kain kasa untuk memisahkan lipatan kulit yang meradang dan yang tidak.

Baca Juga: Ini Cara dan Obat Alami untuk Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Kenakan Bayi Pakaian yang Bebas Gerah

intertrigo

Agar iritasi tidak semakin parah, kenakan bayi pakaian katun yang longgar dan hindari pakaian berbahan sintetis yang dapat menyebabkan iritasi lebih parah.

Jika Moms mengikuti hal-hal ini, dijamin intertrigo atau bercak kemerahan pada lipatan kulit bayi tidak akan semakin parah.

Artikel Terkait