KESEHATAN
19 September 2019

Mengatasi Jerawat dengan Cokelat? Kenapa Tidak! Simak Manfaatnya di Sini

Apa saja fungsi cokelat menurut Moms? Selain enak dimakan, coklat juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Siapa yang tak kesal, saat sudah ada jadwal menghadiri acara penting, jerawat malah bermunculan di wajah. Penampilan jadi kacau. Kecantikan pun tak maksimal.

“Biasanya, jerawat bermunculan menjelang datang bulan, atau saat pekerjaan bikin stress berat. Kalau sudah begini, serbuan jerawat bisa tak terkendali,” ungkap Josh Rosebrooks, skin care guru kelas dunia asal Amerika.

Sebenarnya, banyak sekali cara alternatif untuk mengusir jerawat. Mulai menggunakan bahan herbal yang bisa ditemui di dapur, sampai menggunakan salep yang bisa didapat di apotek.

Di antara bahan-bahan herbal, ada satu bahan yang seru dicoba. Apalagi kalau bukan cokelat.

Ya, selain di makan, ada beberapa fungsi lain dari cokelat. Salah satunya, bisa dijadikan salah satu bahan masker untuk muka.

Tapi, apa sih sebenarnya fungsi cokelat yang dianggap baik untuk wajah?

“Cokelat atau kakao memiliki kandungan kuat flavonol — antioksidan dan polifenol dan kafein menstimulasi sirkulasi darah di wajah,"ungkap Rosebrook, seraya menjelaskan manfaat cokelat untuk kulit. Yuk mari di simak, apa saja yang bisa cokelat lakukan untuk kulit kita!

Baca Juga: 6 Bahan Skincare yang Ampuh Hilangkan Jerawat

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Unknown-1.jpeg

Foto: medicalnewstoday.com

Cokelat dipercaya mampu membantu mencerahkan kulit wajah kita secara alami. Untuk campuran maskernya, kita bisa menggabungkan cokelat dan susu murni lalu aplikasikan sebagai masker wajah.

2. Mengecilkan Pori-pori

Pori-Pori Besar pada Wajah

Cokelat memiliki fungsi mengecilkan pori-pori. Jika Moms termasuk pemilik pori-pori besar, cokelat merupakan solusi yang tepat. Coba campurkan dua sendok makan cokelat bubuk dan air hangat lalu aduk rata. Setelah rata aplikasikan masker di daerah wajah yang berpori besar.

3. Menghilangkan Jerawat

Unknown-2.jpeg

Jerawat merupakan masalah wajah paling mengganggu. Karena seperti tak habis-habis. Namun tenang saja, cokelat dapat mengatasi permasalahan jerawat kita. Caranya, cukup mencapurkan bubuk cokelat dengan air hangat dan aplikasikan ke seluruh permukaan wajah, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

Baca Juga: Milk Blister: Jerawat Pada Puting yang Mengganggu Proses Menyusui

4. Mengandung Antioksidan

Cokelat Hitam

Kandungan antioksidan pada cokelat, khususnya dark chocolate, mampu menjaga kulit wajah dari serangan racun dan debu yang kerap kali bersarang di wajah. Dark chocolate ini dipercaya mampu melindungi kulit kita jauh lebih efektif dari vitamin C dan vitamin E.

Itulah 4 manfaat cokelat dalam mengatasi jerawat. Ternyata, menarik sekali, ya Moms, mengobati jerawat dengan makanan yang kita sukai.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait