DI ATAS 5 TAHUN
9 Juli 2020

5 Kiat Mengatasi Kebiasaan Anak Makan Terlalu Lama

Jangan langsung dimarahi, coba lakukan ini supaya anak makan lebih cepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Makan terlalu cepat memang tidak baik, tapi mengatasi kebiasaan anak makan terlalu lama juga perlu dilakukan untuk memastikan Si Kecil belajar kebiasaan makan sehat dan mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya.

Moms harus tahu, sebenarnya ada beberapa karakteristik dari anak yang punya kebiasaan makan lama, yaitu:

  • Butuh waktu 30-60 menit untuk menghabiskan makanan.
  • Tidak menyentuh makanan atau hanya memainkannya setelah 30-45 menit.
  • Mengemut makanan di mulut.
  • Harus terus diingatkan untuk mengunyah dan menelan.
  • Harus minum setiap kali menyuap makan.

Sedangkan menurut literatur dari Student Health Service Hongkong, penyebab anak makan terlalu lama sendiri di antaranya adalah tekstur makanan yang terlalu berat, teralihkan perhatian oleh mainan atau gadget, sudah kenyang makan camilan, atau tidak selera makan.

Baca Juga: Moms, Begini Cara Mengajarkan 5 Kebiasaan Makan Sehat pada Balita

Tips Mengatasi Kebiasaan Anak Makan Terlalu Lama

Sebelum memarahi Si Kecil karena makan terlalu lama, coba dulu berbagai kiat berikut untuk mengatasinya ya, Moms.

1. Atur Jadwal Makan Camilan

5 Kiat Mengatasi Kebiasaan Anak Makan Terlalu Lama 1.jpg

Foto: Eatright.org

Anak dalam masa pertumbuhan memang butuh makan camilan untuk memenuhi kebutuhan energi tubuhnya, tapi ngemil sepanjang hari tanpa batasan bisa membuat Si Kecil makan terlalu lama karena tidak selera atau sudah keburu kenyang saat waktu makan besar tiba.

Nah, kiat pertama untuk mengatasi anak makan terlalu lama adalah mengatur waktu dan porsi makan camilan supaya tidak mengganggu jadwal makan.

Moms bisa mengikuti rekomendasi Academy of Nutrition and Dietetics, yaitu dua kali makan camilan, yang diberikan setidaknya dua jam setelah waktu makan dan paling lambat satu atau dua jam sebelum waktu makan selanjutnya.

Baca Juga: 4 Faktor Yang Memengaruhi Kebiasaan Makan Anak

2. Sesuaikan Penyajian Makanan

5 Kiat Mengatasi Kebiasaan Anak Makan Terlalu Lama 2.jpg

Foto: Youtube.com

Untuk anak yang makannya lambat karena kurang berselera atau makanan terlalu berat, coba sesuaikan penyajian makanan supaya terlihat lebih menarik dan mudah dimakan.

Bukan berarti Moms harus membuat makanan khusus untuk Si Kecil, tapi siasati supaya makanan empuk dan mudah dikunyah, potongan tidak terlalu besar dan mudah masuk ke dalam mulut, porsi tidak terlalu banyak, memberikan bumbu tambahan yang disukai, atau disajikan secara kreatif.

3. Luangkan Waktu Berkualitas Setiap Hari

5 Kiat Mengatasi Kebiasaan Anak Makan Terlalu Lama 3.jpg

Foto: Freepik.com

Ada juga lho Moms, sebagian anak yang sengaja makan terlalu lama karena butuh perhatian lebih atau ingin menghabiskan waktu lebih lama dengan orang tua.

Jika ini penyebabnya, coba luangkan waktu berkualitas bersama Si Kecil setidaknya 1 jam setiap hari di luar waktu makan supaya kebutuhan kedekatannya dengan Moms dan Dads terpenuhi.

Baca Juga: Pengaruh Negatif Media Sosial Pada Kebiasaan Makan Anak

4. Buat Aturan Makan

5 Kiat Mengatasi Kebiasaan Anak Makan Terlalu Lama 4.jpg

Foto: Naturesway.com.au

Di awal waktu makan, beri tahu Si Kecil kalau dia punya waktu 20-30 menit (sesuaikan secara bertahap) untuk makan. Jika Si Kecil belum bisa membaca jam, Moms bisa gunakan alarm untuk menandai waktu.

Sekitar 5 atau 10 menit sebelum waktu makan habis, ingatkan Si Kecil untuk segera menghabiskan makanannya. Saat waktu habis atau alarm berbunyi, ambil piring makan Si Kecil dan jelaskan kalau waktu makannya sudah habis.

Awalnya mungkin terasa berat bagi Moms karena khawatir anak masih lapar dan tidak cukup makan, tapi langkah ini perlu dilakukan secara konsisten untuk menghentikan kebiasaan makan terlalu lama.

5. Diskusikan Dengan Anak

5 Kiat Mengatasi Kebiasaan Anak Makan Terlalu Lama 5.jpg

Foto: Indianexpress.com

Di luar waktu makan, saat sedang santai dan dalam mood yang baik, Moms bisa ajak Si Kecil berdiskusi tentang pentingnya menghabiskan makanan dalam jangka waktu tertentu.

Selain supaya makanan tetap segar dan terasa lezat, ingatkan juga kalau ia bisa segera melakukan aktivitas lain yang disukainya setelah makanan habis.

Ingat ya Moms, membiasakan makan dengan fokus tanpa gangguan TV, gadget, atau melakukan aktivitas lain juga penting untuk mengatasi anak makan terlalu lama. Selama Moms dan Dads disiplin dan konsisten menjalankan kiat di atas, kebiasaan makan Si Kecil pasti cepat menjadi lebih baik.

Baca Juga: 4 Kesalahan Membangun Kebiasaan Makan Sehat Balita yang Kerap Dilakukan Orang Tua

Apa Moms pernah mencoba cara lain supaya anak makan lebih cepat?

Artikel Terkait