3-12 BULAN
31 Oktober 2019

4 Cara Mengatasi Kulit Gatal Bayi Akibat Digigit Nyamuk

Jangan biarkan anak menggaruk kulit yang gatal ya
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms pasti kesal, jika sedang nyaman-nyamannya duduk di luar, lalu tiba-tiba ada nyamuk yang menggigit dan mengakibatkan timbul bentol-bentol merah pada kaki. Bukan hanya itu saja, disertai rasa gatal pula.

Sesuatu pada ludah nyamuknya yang menyebabkan bentol kecil dan gatal ini timbul. Namun biasanya bentol akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat. Akan tetapi, bentol kecil ini bisa sangat menganggu pada bayi. Anak pasti akan merasa gatal dan gelisah.

Bagaimana cara mengatasi kulit gatal bayi akibat gigitan nyamuk? Beberapa cara di bawah ini bisa Moms coba.

Baca Juga: Bayi Rewel Karena Kulit Gatal? Ini 6 Cara Mengatasinya!

1. Memakai Lap Dingin

mengatasi kulit gatal pada bayi

Dilansir dari laman The Bump, sebagian besar gigitan nyamuk hanya membutuhkan tindakan sederhana untuk mengurangi rasa gatal dikulit.

Mengatasi gigitan nyamuk pada bayi dapat menggunakan waslap atau es batu dingin yang dibungkus handuk, lalu aplikasikan ke area gigitan dapat membantu mengurangi rasa gatal.

2. Gunakan Krim Anti Gatal

mengatasi kulit gatal pada bayi

Dilansir dari laman Young Parents, selanjutnya, untuk mengatasi kulit gatal pada bayi akibat gigitan nyamuk, bisa dilakukan dengan mengoleskan krim anti-gatal seperti lotion kalamin, atau bahkan krim steroid dosis rendah seperti Hydrocortisone.

Namun tantangannya, Moms harus menjaga agar bayi tidak menyentuh krim tersebut, sehingga tidak akan meracuninya.

Baca Juga: 4 Tips Melindungi Bayi dari Gigitan Nyamuk

3. Jangan Bermain di Luar

mengatasi kulit gatal pada bayi

Banyak ungkapan yang mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi jangan bawa anak untuk bermain di luar saat malam sudah datang.

“Hindari berada di luar di malam hari ketika nyamuk cenderung banyak keluar, dan menghindari genangan air," kata Alanna Levine, seorang dokter anak di Orangetown Pediatric Associates di Tappan, New York.

Tapi jangan hindari tempat terbuka sama sekali, karena meskipun masih bayi, mereka juga perlu menghabiskan waktu di luar.

Baca Juga: 3 Tips Agar Anak Aman Bermain di Luar

4. Gunakan Krim Anti Nyamuk

Baby Lotion Sebagai Pengganti.jpg

Meskipun sudah tergigit oleh nyamuk, bukan berarti nyamuk tidak akan menggigit anak lagi. Meskipun ada banyak penolak nyamuk alami, Moms harus benar-benar memilih obat anti nyamuk yang aman dan ampuh.

Menurut American Academy of Pediatrics penggunaan obat nyamuk berbasis Deet, telah dikurangi konsentrasinya sehingga akan aman.

Itu dia beberapa cara yang dapat Moms lakukan untuk mengatasi kulit gatal pada bayi akibat gigitan nyamuk.

Artikel Terkait