3-12 BULAN
28 April 2020

4 Cara Alami Mengatasi Kutu Rambut Bayi

Meski tidak berbahaya, kutu akan membuat Si Kecil tidak nyaman
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Intan Aprilia

Baju sudah oke, sepatu juga kinclong, rambut juga wangi dan siap untuk berjalan-jalan di akhir pekan. Tapi, Moms melihat ada kutu berkeliaran di atas kepala Si Kecil. Duh!

Dilansir dari U.S. National Library of Medicine, kutu adalah parasit kecil yang bisa hidup dengan menghisap darah manusia.

Ukurannya sangat kecil, kira-kira sebesar ketombe. Kutu umumnya ditemukan di kulit kepala, garis leher, dan di belakang telinga.

Meski terkesan jorok, tapi ternyata kutu tidak berbahaya. Mike Patrick, M.D., dokter perawatan darurat dan dokter anak umum di Rumah Sakit Anak Nasional mengatakan, kutu bukan pertanda kepala kotor.

“Siapa pun yang memiliki rambut, dapat dihinggapi kutu saat kontak langsung dengan kutu atau telur kutu. Penyebarannya bisa terjadi di mana saja, termasuk bagian belakang kursi bioskop dan pesawat terbang,” ujarnya.

Ternyata, kepala bayi juga bisa menjadi tempat bagi kutu untuk berkembang biak. "Untuk menghilangkannya, Anda kamu harus menghilangkan organisme dan telur yang bertelur,” tambahnya.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 6 Obat Kutu Rambut yang Ampuh untuk Anak

Mengatasi Kutu Rambut Bayi

Jadi, apa yang Moms bisa lakukan untuk mengatasi kutu pada rambut bayi? Moms bisa memilih membersihkannya dengan menggunakan bahan alami lho!

1. Menyisir Rambut Si Kecil

menghilangkan kutu rambut bayi (2).jpg

Menyisir rambut dengan sisir bergigi halus untuk mencari kutu adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi kutu di rambut bayi. Biasanya, metode lain hanya akan membuat proses menyisir lebih mudah.

Moms bisa menyiapkan sisir kutu bergigi halus, semangkuk air bersih yang ditambahkan sabun, semprotan yang diisi detangler alami seperti cuka sari apel, kertas tisu, dan jepitan rambut jika diperlukan.

Caranya, semprotkan detangler atau cuka sari apel ke seluruh rambut Si Kecil, kemudian sisiri seluruh bagian rambut.

Mulai dari kulit kepala, gunakan sisir kutu dan tarik sisir dari kulit kepala ke ujung. Mungkin Moms akan melihat adanya kutu dan telur.

Kemudian celupkan sisir ke dalam mangkuk air atau bersihkan dengan tisu. Ulangi setiap bagian beberapa kali.

Sisir setiap bagian sampai Moms tidak lagi melihat kutu yang muncul di sisir. Ulangi proses ini untuk setiap bagian rambut.

2. Matikan Kutu dengan Minyak

menghilangkan kutu rambut bayi (1).jpg

Sebuah studi 2010 dari Brasil menemukan bahwa minyak kelapa lebih efektif dalam membunuh kutu daripada kebanyakan obat bebas.

Untuk mengatasi kutu di rambut bayi dengan minyak kelapa, Moms harus membiarkannya menempel di rambut Si Kecil semalaman.

Caranya, cuci dan bilas rambut Si Kecil sampai kering. Kemudian oleskan minyak kelapa ke seluruh bagian rambut dan tutupi dengan shower cap plastik.

Biarkan selama 8 jam atau semalaman. Setelah itu, ikuti metode menyisir seperti poin sebelumnya.

Baca Juga: 6 Cara Mencegah Kutu Rambut Kembali

3. Gunakan Bawang Putih

menghilangkan kutu rambut bayi - bawang putih

Moms tahu? Bawang putih adalah salah satu pengobatan alternatif dan alami yang paling tua untuk mengatasi kutu rambut bayi. Bawang putih telah digunakan sejak tahun 600-an.

Caranya, cukup oleskan minyak bawang putih pada kulit kepala untuk membantu membunuh kutu hidup.

Untuk kasus yang ekstrem, Moms bisa mencoba masker rambut bawang putih yang lebih manjur daripada minyak.

Untuk membuat masker rambut bawang putih, Moms bisa menghancurkan sepuluh siung bawang putih.

Lalu, tambahkan tiga sendok makan jus lemon atau jeruk nipis untuk membuat pasta, dan oleskan di helaian rambut sebagai masker, kemudian diamkan selama 30 menit.

4. Gunakan Sampo Khusus

mengatasi kutu rambut bayi - sampo keramas

Kids Health merekomendasikan agar anak menggunakan sampo dan lotion khusus yang dibuat untuk membunuh kutu rambut.

Moms tetap harus memperhatikan keamanan sampo sebelum membelinya.

Ada sampo yang aman digunakan untuk bayi berusia 2 bulan, tapi ada juga sampo yang hanya boleh dipakai anak berusia 2 tahun atau lebih.

Supaya lebih aman, Moms juga bisa ke dokter anak untuk meminta rekomendasi sampo anti kutu.

Bila masalah kutu lebih sulit dari yang diperkirakan, dokter juga akan meresepkan obat oral.

Baca Juga: Kenapa Kutu Senang Hinggap di Rambut Anak?

Hindari Hal Ini untuk Mengatasi Kutu Rambut Bayi

Tidak semua cara mengatasi kutu rambut aman untuk dilakukan. Masih dari Kids Health, berikut beberapa cara yang tidak direkomendasikan dalam menangani kutu rambut bayi:

  • Jangan gunakan hair dryer setelah mengaplikasikan perawatan kulit kepala. Sebab beberapa produk memiliki kandungan yang akan bereaksi terhadap api.
  • Jangan gunakan semprotan serangga karena berbahaya bagi Si Kecil.
  • Jangan gunakan minyak esensial seperti ylang ylang atau tea tree oil untuk mengobati kutu rambut. Minyak esensial dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit buah hati.

Mengatasi kutu rambut pada bayi memang memakan waktu dan butuh kesabaran, Moms. Ikuti arahan dari dokter agar masalah ini bisa cepat selesai.

Artikel Terkait