3-5 TAHUN
9 November 2019

3 Cara Mengatasi Mata Anak yang Gatal

Mata anak gatal disebabkan oleh beberapa hal. Apa saja?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, tahukah kamu bahwa kesehatan mata anak harus dijaga dengan baik? Terutama di usianya yang masih sangat dini, anak terkadang tidak tahu cara untuk menjaga kesehatan matanya.

Sedikit infeksi penyakit atau alergi yang dialami, dapat menyebabkan kondisi mata yang tidak sehat. Salah satu gangguan kesehatan mata yang bisa terjadi adalah mata anak yang terasa gatal.

Mengatasi Mata Anak Gatal

Mengatasi Mata Anak Gatal

Dilansir dari Cleveland Clinic, mata anak terasa gatal bisa disebabkan karena dua faktor, yaitu alergi dan iritasi.

Ya, alergi terhadap suatu hal tidak hanya bisa berpengaruh pada kondisi kulit yang gatal, tapi juga dapat mengakibatkan mata gatal.

Sedangkan mata yang iritasi bisa disebabkan karena infeksi. Berikut beberapa cara mengatasi mata anak yang gatal:

1. Memberi Obat Alergi

Penanganan terbaik saat mata anak terasa gatal adalah langsung memeriksakan ke dokter mata.

Namun, apabila mata anak gatal karena disebabkan reaksi alergi, maka ada penanganan darurat yang bisa Moms lakukan.

“Berikan obat alergi yang dijual bebas, seperti antihistamin. Antihistamin dapat menghentikan reaksi tubuh terhadap alergen sehingga gejala yang dirasakan anak dapat membaik. Namun, obat ini bisa menyebabkan anak mengantuk dan memengaruhi produktivitas kegiatan mereka,” ujar Dr. Bryan Martin, ahli alergi di Ohio State University.

Baca Juga: Mata Anak Merah, Apa Sebabnya?

2. Memberikan Nasal Spray

Selain itu, Dr. Bryan juga menganjurkan untuk memberikan nasal spray sebagai penanganan lainnya.

Efek yang dirasakan mungkin akan lebih lama daripada antihistamin sehingga perlu beberapa waktu agar hasilnya maksimal.

3. Mengompres Mata Anak

Penanganan lainnya yang bisa dilakukan langsung di rumah adalah mengompres mata anak dengan air dingin atau susu untuk mencegah gejalanya bertambah semakin parah. Pakai kain bersih untuk menjadi wadah bagi air dingin atau susu tersebut.

Hanya saja, hindari untuk memasukkan jenis bahan alami apa pun pada mata anak karena hal tersebut bisa saja memperparah infeksi.

“Misalkan, banyak orang yang percaya bahwa makan madu bisa menyembuhkan alergi. Padahal dilihat secara medis, hal tersebut tidak ada hubungannya. Hindari memakai pengobatan alami yang bisa membahayakan kondisi mata anak,” lanjut Dr. Bryan.

Baca Juga: Penyebab dan Gejala Sakit Mata pada Anak yang Wajib Diwaspadai

Menjaga Kesehatan Mata Anak

Mengatasi Mata Anak Gatal

Mata gatal hanya salah satu dari sekian gangguan kesehatan mata yang dapat menyerang anak.

Penting bagi orang tua untuk menjaga kesehatan mata anak karena hal ini akan memengaruhi segala aktivitas yang dilakukannya agar lebih optimal. Beberapa cara ini bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata anak, yaitu:

  1. Berikan anak makanan yang bernutrisi dan memiliki gizi seimbang. Ada beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata anak, seperti wortel, jeruk, sayuran berdaun hijau seperti brokoli, kale, dan bayam, serta kacang-kacangan.
  2. Ajarkan untuk anak untuk tidak menggosok matanya karena bisa sebabkan kuman menyebar dan terjadinya infeksi. Mereka boleh menyentuh mata hanya setelah mencuci tangan.
  3. Hindari bermain gadget terlalu lama. Orang tua harus memiliki batasan berapa lama anak dapat menggunakan gadget setiap harinya. Hal ini untuk menghindari beberapa gangguan mata, salah satunya adalah rabun jauh.
  4. Menonton TV boleh saja, hanya jangan terlalu dekat. Jarak minimal tiga setengah meter dan harus berada di dalam ruangan yang terang. Tindakan ini untuk mencegah mata anak kelelahan dan mengurangi risiko terkena rabun jauh.

Baca Juga: Bayi Sakit Mata, Bagaimana Mengatasinya?

Itulah yang bisa Moms lakukan untuk menjaga kesehatan mata anak. Jika mata anak terasa gatal atau memiliki gangguan lainnya, segera lakukan penanganan dan konsultasikan ke dokter agar aktivitasnya akan kembali berjalan dengan baik, ya!

(DG)

Artikel Terkait