TRIMESTER 2
24 November 2019

4 Cara Mengatasi Psoriasis Saat Hamil

Penyakit satu ini ditandai dengan ruam merah pada kulit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

MPsoriasis bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil. Psoriasis adalah diduga sebagai jenis penyakit yang terkait dengan gangguan autoimun.

“Psoriasis merupakan salah satu kondisi kulit paling umum, yang mempengaruhi sekitar 2% dari populasi AS, dan walaupun kondisi pada setiap orang tidak sama, pendekatan untuk perawatan dan pencegahan sering serupa," kata Dr. Gideon Smith, asisten profesor dermatologi di Rumah Sakit Umum Massachusetts yang berafiliasi dengan Harvard.

Psoriasis ditandai dengan ruam merah pada kulit, disertai rasa gatal atau perih, kulit terkelupas, menebal, terasa kering dan bersisik.

Baca Juga: Mengenal Perubahan Warna Kulit Chloasma Pada Ibu Hamil

Sementara penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui dengan pasti, para ahli percaya bahwa menderita psoriasis ringan atau sedang tidak meningkatkan risiko komplikasi kehamilan atau masalah bagi janin di dalam perut.

Namun, menurut sebuah studi tahun 2017 dari Journal of American Academy of Dermatology menemukan bahwa orang yang menderita psoriasis dan menutupi tubuh mereka sebanyak 10% atau lebih, memiliki kemungkinan sebanyak 64% mengembangkan diabetes tipe 2, daripada mereka yang tidak menderita psoriasis.

Mengatasi Psoriasis Saat Hamil

Lalu bagaimana cara mengatasi psoriasis saat hamil? Berdasarkan jurnal U.S National Library of Medicine mengenai psoriasis pada ibu hamil dan menyusui, ada beberapa cara untuk mengatasi psoriasis pada ibu hamil. Simak penjelasannya di bawah ini yuk.

1. Perawatan Topikal

mengatasi psoriasis saat hamil

Pengobatan topikal, dengan pengecualian beberapa obat, merupakan rekomendasi pengobatan lini pertama psoriasis pada wanita hamil dan menyusui.

Obat topikal (lotion atau krim yang dioleskan ke kulit), emolien (seperti Vaseline), pelembab atau kortikosteroid topikal dosis rendah adalah pengobatan pilihan yang bisa dilakukan.

Moms bisa oleskan pelembab secara tebal setelah mandi setiap hari untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Dokter dapat meresepkan berbagai krim, salep dan lotion obat, tergantung pada jenis dan lokasi plak.

Baca Juga: Inilah 4 Alasan Medis di Balik Glowingnya Kulit Ibu Hamil

2. Fototerapi UVB

mengatasi psoriasis saat hamil

Fototerapi UVB adalah cara mengatasi proriasis pada ibu hamil yang kedua. Meskipun datanya terbatas, sejauh ini metode ini tidak menimbulkan peningkatan risiko kelainan janin atau prematuritas.

Metode pengobatan psoriasis pada ibu hamil ini tampaknya merupakan terapi yang paling aman. Namun, terlalu panas selama perawatan juga harus dihindari, terutama selama 28 hari pertama kehamilan, karena berisiko terjadi peningkatan risiko cacat tabung saraf.

3. Terapi Obat Sistemik

mengatasi psoriasis saat hamil

Cara mengatasi psoriasis pada ibu hamil selanjutnya juga bisa dilakukan dengan obat-obatan sistemik seperti kortikosteroid dan siklosporin

Sekarang ini, dokter sering meresepkan terapi biologis yang menekan sistem kekebalan tubuh. Pengobatan ini berbentuk pil atau injeksi dan digunakan untuk mengobati psoriasis tingkat sedang hingga parah, terutama flare-up yang melibatkan area besar di tubuh.

Baca Juga: 5 Penyebab Kulit Kering yang Sering Tidak Kita Sadari

4. Obat Pelengkap Lainnya

mengatasi psoriasis saat hamil

Sebuah studi yang dipublikasikan secara online pada 5 September 2018, oleh JAMA Dermatology meninjau hasil dari 60 studi dan menemukan bahwa metode pengobatan komplementer tertentu dapat mengatasi psoriasis pada ibu hamil.

Hal ini termasuk metode meditasi, akupunktur, indigo naturalis (bubuk obat Cina yang dicampur menjadi salep), dan suplemen curcumin (bahan aktif dalam rempah kunyit).

Sebagian besar bukti melibatkan penelitian kecil, dan yang lebih besar diperlukan, tetapi pendekatan ini bisa menjadi pilihan yang layak bagi sebagian orang. Jika Moms tertarik pada pendekatan pengobatan komplementer, bicarakan dengan dokter kandungan Moms tentang hal itu.

Itu dia Moms beberapa cara untuk mengatasi psoriasis saat hamil. Sekarang Moms sudah tidak takut lagi pada psoriasis kan?

Artikel Terkait