KESEHATAN
16 November 2019

7 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Tanpa Obat

Sebelum memeriksakan ke dokter, mungkin Moms dapat mencoba cara-cara berikut di rumah
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Sakit pinggang merupakan penyakit yang sangat umum terjadi, khususnya bagi para pekerja kantoran.

Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS), nyeri pinggang merupakan penyebab paling umum dari kecacatan terkait pekerjaan.

Sakit pinggang biasa terjadi pada seseorang yang berumur 30 - 50 tahun. Hal ini disebabkan oleh perubahan yang terjadi pada tubuh karena penuaan.

Saat kita bertambah tua, ada pengurangan dalam isi cairan antara tulang belakang di tulang belakang.

Namun, sebagian besar juga terjadi karena hasil cedera, seperti keseleo otot atau ketegangan akibat gerakan tiba-tiba atau mekanisme tubuh yang buruk saat mengangkat benda berat.

Baca Juga: Mengenal Displasia Pinggul Pada Bayi

Mengatasi Sakit Pinggang

Nah, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi sakit pinggang yang mengganggu.

1. Kompres Dingin

Mengatasi Sakit Pinggang

“Kompres dingin adalah langkah pertama yang bisa dilakukan ketika ada pembengkakan atau peradangan pada area pinggang. Cara ini dapat mengurangi bengkak,” kata E. Anne Reicherter, PhD, PT, DPT, profesor terapi fisik di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland.

Lakukan kompres dingin selama 2-3 hari. Jangan aplikasikan es langsung pada kulit, bungkus es dengan handuk atau kantong es supaya kulit tidak terluka atau iritasi.

Setelah 2-3 hari melakukan kompres dingin secara rutin, Moms dapat mengganti dengan kompres hangat.

Kompres hangat berguna untuk mengurangi peradangan, meningkatkan aliran darah, dan melemaskan otot. Jika rasa sakit tidak berkurang dan terus berlanjut, langsung periksakan pada dokter.

2. Rutin Berolahraga

Mengatasi Sakit Pinggang

“Tulang belakang kita seperti bagian tubuh kita yang lain, mereka diciptakan untuk bergerak," kata Anne. Meski kadang pinggang terasa nyeri, Moms tetap dianjurkan untuk terus melakukan aktivitas harian.

Setelah rasa nyeri terasa lebih baik, coba lakukan latihan aerobik rutin seperti berenang, bersepeda, atau berjalan santai. Dengan olahraga ringan dan teratur, rasa sakit pinggang dapat diminimalisir untuk mencegah kekakuan terjadi kembali.

Namun penting diingat, jangan berlebihan dalam berolahraga. Tidak perlu lari maraton saat pinggang sedang sakit.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga

3. Jaga Berat Badan

Mengatasi Sakit Pinggang

Cara lain untuk mengatasi sakit pinggang adalah dengan menjaga berat badan. Semakin badan berat maka pinggang akan bekerja ekstra untuk menyokong berat badan tersebut.

Hal ini dapat membuat tekanan pada area pinggang, dan menjadi penyebab sakit pinggang.

Moms perlu menjaga berat badan supaya lebih ideal, untuk mencegah sakit pinggang menjadi lebih buruk.

4. Lakukan Stretching

Mengatasi Sakit Pinggang

Jangan hanya duduk dan tidur seharian! Bangun dan lakukan stretching 20 menit sehari untuk melenturkan otot serta tulang-tulang, Moms!

“Kebanyakan orang menghabiskan banyak waktu hanya duduk di depan komputer untuk bekerja. Mereka cenderung membungkuk dan menitikberatkan beban pada area pinggang. Padahal penting untuk berdiri dan meregang ke belakang sesekali," kata Anne.

Beberapa orang diketahui terbebas dari nyeri punggung dan pinggang dengan melakukan yoga secara teratur. Moms dapat mencobanya nih!

5. Perhatikan Postur Tubuh

Mengatasi Sakit Pinggang

Duduk dengan postur bungkuk, atau berdiri tidak tegap bisa membuat pinggang lebih sulit menopang berat badan kita. Coba untuk berdiri atau berjalan dengan postur tegap, dan duduk dengan posisi lurus tanpa membungkuk.

Jika kebiasaan jelek ini terus dilakukan, Moms pasti akan merasa sakit pinggang di kemudian hari.

Hati-hati juga dengan postur saat mengangkat benda berat. Jangan pernah membungkuk dari pinggang!

Cobalah untuk berjongkok jika ingin mengambil sesuatu. Hal ini bertujuan supaya tidak ada cedera pinggang.

Baca Juga: Bumil Harus Tahu, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Panggul Saat Hamil

6. Kenakan Sepatu Hak Rendah

Mengatasi Sakit Pinggang

High heels, dapat membuat postur tubuh menjadi lebih tidak stabil, dan menitikberatkan tekanan pada tulang belakang bagian bawah.

Tukarkan sepatu high heels dengan flat atau heels rendah (kurang dari 2,5 cm) untuk mengatasi sakit pinggang yang Moms rasakan. Mungkin saja penyebab utamanya adalah sepatu hak tinggi yang dikenakan sehari-hari.

7. Ubah Gaya Hidup

Mengatasi Sakit Pinggang

Perubahan gaya hidup penting lainnya untuk dicoba adalah berhenti merokok. Nikotin secara ilmiah dikenal memperburuk rasa sakit dan memperlambat penyembuhan.

Jika Moms sudah melakukan pengobatan tapi masih tetap memiliki gaya hidup yang buruk, jangan heran jika rasa sakit kerap muncul kembali atau tidak sembuh-sembuh.

Baca Juga: Bahayanya Sering Membawa Tas di Satu Sisi Bahu

Jika beberapa cara mengatasi sakit pinggang sudah Moms lakukan, tapi tidak kunjung membaik setelah 2-3 minggu, ada baiknya segera diperiksakan ke dokter.

Bisa jadi sakit pinggang yang Moms rasakan merupakan penyakit lain yang lebih serius. Terutama jika sakit pinggang yang dirasakan hanya terasa pada satu sisi saja, antara pinggang kiri atau pinggang kanan.

(DH)

Artikel Terkait