KEHAMILAN
4 Agustus 2020

7 Cara Mengatasi Sesak Napas Saat Hamil, Moms Bisa Coba

Sesak napas saat hamil ini kerap dikeluhkan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Dina Vionetta

Saat kehamilan berlanjut, Moms mungkin mengalami kesulitan untuk menarik napas setelah melakukan tugas-tugas rutin, seperti menaiki tangga.

Menurut sebuah studi tahun 2015 yang dikeluarkan oleh Wiley Online Library, diperkirakan 60 hingga 70 persen wanita mengalami sesak napas saat hamil.

Dokter pun sering mengaitkan hal ini dengan rahim yang tumbuh mendorong ke atas pada paru-paru sehingga membuat sesak napas saat hamil.

Cara Mengatasi Sesak Napas Saat Hamil

Merasa sesak napas bisa menjadi tidak nyaman dan membatasi aktivitas fisik Moms saat hamil.

Tapi, sesak napas saat hamil merupakan respon fisiologis.

Untungnya ada beberapa cara mengatasi sesak napas saat hamil sehingga membuat lebih nyaman dikutip dari Harvard Health, yaitu:

1. Perhatikan Postur Tubuh

Ibu hamil duduk

Foto: Orami Photo Stocks

Moms, saat duduk maupun berdiri perhatikan postur tubuh dan buat agar kondusif untuk paru-paru dapat berfungsi dengan baik serta mencegah sesak napas saat hamil.

Berdiri atau duduk tegak dengan bahu Moms ke belakang dan dagu memungkinkan paru-paru mengembang tanpa hambatan.

Posisi Duduk Saat Sesak Napas

Jika kebetulan Moms sedang sesak napas, posisi berikut dapat menghilangkan tekanan pada saluran udara seseorang dan meningkatkan pernapasannya.

Moms bisa duduk dengan cara berikut:

  • duduk ke depan kursi, lebih baik dengan kepala ditopang oleh meja
  • bersandar pada dinding sehingga bagian punggung juga tertopang
  • berdiri dengan tangan menopang di atas meja, untuk melepaskan beban dari kaki
  • berbaring dengan kepala dan lutut ditopang oleh bantal

Tambahkan juga sabuk penopang kehamilan yang dapat membuat berlatih postur baik menjadi lebih mudah. Sabuk ini tersedia di toko khusus dan online.

Baca Juga:4 Cara Mengobati Sesak Napas dengan Alami

2. Gunakan Bantal Tambahan

Bantal Hamil Full Length

Foto: Orami Photo Stocks

Saat Moms tidur gunakan bantal tambahan untuk menopang diri. Jika terbiasa tidur miring pastikan menopang kepala.

Sehingga, lorong napas pun tidak terhalang saat tidur dan mampu mengatasi sesak napas saat hamil.

Memiringkan sedikit ke kiri dalam posisi ini juga dapat membantu menjaga rahim dari aorta, arteri utama yang menggerakkan darah teroksigenasi ke seluruh tubuh sehingga menjauhkan sesak napas saat hamil.

Baca Juga:Perbedaan Sesak Napas dan Napas Pendek, Simak Penjelasan Ini

3. Menggunakan Kipas Angin

menggunakan kipas angin untuk mengurangi sesak napas saat hamil.jpg

Foto: ebay.com

Penelitian menemukan bahwa menggunakan kipas genggam untuk meniupkan udara ke seluruh hidung dan wajah dapat mengurangi sensasi sesak napas.

Merasakan aliran udara saat bernapas membuat Moms merasa seperti lebih banyak udara masuk.

Perawatan ini terbukti efektif dalam mengurangi sensasi sesak napas.

Namun, para peneliti tidak menemukan bahwa penggunaan kipas sebenarnya meningkatkan gejala ketika mereka disebabkan oleh kondisi yang mendasarinya.

4. Istirahat

Ibu hamil tengah istirahat

Foto: Orami Photo Stocks

Moms, sesak napas saat hamil bisa menjadi tanda agar beristirahat.

Saat hamil tak jarang Moms harus mengurus semua kebutuhan tiap harinya dan memberikan tekanan.

Berkonsentrasilah untuk bersantai dan mengendalikan napas selama 20 menit berikutnya untuk mengatasi sesak napas saat hamil.

Setelah Moms merasa nyaman lagi, lanjutkan aktivitas.

Istirahat pun dibutuhkan saat trimester ketiga, karena Moms mungkin tidak dapat melakukan tingkat aktivitas yang sama seperti sebelumnya dan rentan untuk sesak napas saat hamil.

5. Latih Pernapasan

Ibu hamil ke dokter

Foto: Orami Photo Stocks

Cara bagus untuk mengatur masalah pernapasan adalah latihan.

Latihan pernapasan ini berkonsentrasi pada pernapasan dada karena perut akan terganggu.

Saat berlatih latihan pernapasan, berkonsentrasilah pada pergerakan tulang rusuk.

Latihan ini diyakini mampu mengatasi sesak napas saat hamil sekaligus latihan pernapasan untuk persiapan persalinan.

Metode Pernapasan Mulut

Pernafasan dengan bibir tertutup membantu mengurangi sesak napas dengan memperlambat laju pernapasan seseorang.

Untuk mencoba pernapasan mulut di rumah, Moms harus:

  • duduk tegak di kursi dengan bahu santai
  • kerutkan bibir
  • tarik napas melalui hidung selama beberapa detik
  • dengan lembut hembuskan melalui bibir mereka yang mengerut selama empat hitungan
  • terus menghirup dan menghembuskan napas dengan cara ini selama 10 menit

Moms dapat mencoba latihan ini kapan saja merasa sesak napas, dan ulangi sepanjang hari sampai mereka merasa lebih baik.

6. Olahraga

Olahraga ibu hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Olahraga teratur selain dibutuhkan untuk ibu hamil untuk berbagai kondisi. Olahraga juga mampu mengatasi sesak napas saat hamil. Bicarakan dengan dokter kandungan tentang bentuk olahraga yang paling cocok untuk Moms. Moms dapat memilih yoga atau aerobic seperti berenang ke dalam rutinitas harian.

Baca Juga:Sesak Napas pada Ibu Hamil, Apa Penyebabnya?

Namun apabila Moms saat sesak napas saat hamil harus segera mencari perawatan medis apabila mengalami gejala-gejala berikut dilansir dari Medical News Today:

  • Bibir, jari, atau jari kaki biru
  • Jantung berdebar atau detak jantung sangat tinggi
  • Sakit saat bernafas
  • Napas pendek yang nampaknya semakin memburuk

7. Menghirup Uap

menghirup uap untuk mengurangi sesak napas saat hamil.jpg

Foto: makehealthyeasy.com

Menghirup uap dapat membantu menjaga saluran hidung Moms tetap bersih, yang dapat membantu bernapas lebih mudah.

Panas dan uap air dari uap juga dapat memecah lendir di paru-paru, yang mungkin juga mengurangi sesak napas saat hamil.

Untuk mencoba menghirup uap di rumah, Moms harus:

  • mengisi mangkuk dengan air yang sangat panas
  • menambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint atau eucalyptus
  • meletakkan wajah mereka di atas mangkuk, dengan handuk di atas kepala mereka
  • mengambil napas dalam-dalam dan menghirup uapnya

Penting untuk memastikan bahwa air dibiarkan menjadi agak dingin jika baru saja direbus. Kalau tidak, uapnya bisa melukai kulit.

Jika sesak napas sangat mengganggu atau jika Moms mengalaminya untuk pertama kali, Maka harus sesegera mungkin menemui dokter kandungan.

Dokter mungkin ingin melakukan tes pencitraan, seperti ultrasound pada kaki, untuk mengesampingkan bekuan darah sebagai penyebab potensial serta mencari tahu cara mengatasi sesak napas saat hamil yang Moms alami.

Artikel Terkait