TRIMESTER 3
7 Oktober 2019

5 Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Tua

Menjelang persalinan, ibu hamil rentan mengalami stres
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Setiap ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, bahkan sejak calon buah hatinya itu masih berada dalam kandungan.

Segala cara dilakukan agar Si Kecil bisa tumbuh dengan optimal sampai tiba waktu persalinan.

Kurang lebih 9 bulan pula, Moms akan menjaga kandungan dengan berbagai upaya.

Moms tidak ragu menghindari makanan-makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, bukan? Atau rutin melakukan pemeriksaan kehamilan agar kesehatan selalu terjaga.

Semua itu dilakukan agar Si Kecil dalam kandungan bertumbuh dan berkembang dengan baik.

Namun tentunya, sebagai seorang manusia, tidak luput dari permasalahan atau banyaknya pikiran yang akhirnya membuat stres.

Baca Juga: Kata Ahli, Ini Alasannya Berlebihan Stres Bikin Susah Hamil

Stres Saat Hamil

Stres Saat Hamil

Begitu pula dengan ibu hamil rentan alami stres akibat lonjakan hormon secara terus-menerus.

Stres jangka pendek pada ibu hamil mungkin tidak akan berpengaruh, namun jika dibiarkan, maka kondisi ini berkembang menjadi stres kronis.

Menurut penelitian Too much stress for the mother affects the baby through amniotic fluid yang dilakukan oleh University of Zurich, stres kronis dapat memengaruhi kesehatan tubuh Moms hingga memengaruhi pertumbuhan janin. Ibu hamil yang mengalami stres kronis memicu tekanan darah tinggi yang dapat berakibat pada kelahiran prematur.

Bahkan, stres kronis pada ibu hamil dapat berakibat jangka panjang yaitu menurunnya kualitas tidur anak ketika sudah lahir hingga gangguan kepribadian anak di masa mendatang.

Hal ini tentunya tidak dapat dibiarkan, ya, Moms. Apalagi ketika Moms memasuki usia kehamilan tua atau trimester akhir, tingkat stres dapat meningkat seiring dengan waktu persalinan yang akan segera tiba.

Untuk itu, segera lakukan beberapa tips ini untuk mengatasi stres saat hamil dan menjaga agar janin di dalam kandungan baik-baik saja. Caranya yaitu di antaranya:

1. Perbaiki Kualitas Tidur

Stres Saat Hamil

Kehamilan pada trimester akhir memang membuat tubuh Moms terasa tidak nyaman karena perut yang semakin membesar dan mungkin akan ada kontraksi yang terjadi.

Namun, untuk mengatasi stres saat hamil, sebaiknya Moms tetap memiliki kualitas tidur yang baik dan hindari begadang.

“Tidur akan mengembalikan neurotransmitter yang berkurang selama dalam keadaan bangun,” ujar Keith Eddleman, MD, ob-gyn di Mount Sinai Hospital, New York.

Beberapa cara ini bisa Moms lakukan agar bisa cepat tidur, yaitu hindari makan apapun setidaknya dua jam sebelum tidur, gunakan bantal yang nyaman menopang tubuh, dan atur suasana kamar agar membuat lebih rileks.

2. Tidak Ada Salahnya Meminta Tolong

Stres Saat Hamil

Jangan menyimpan masalah sendirian, ya, Moms. Menceritakan masalah yang sedang dialami atau hal yang membuat kepikiran kepada orang-orang terdekat, seperti pasangan, anggota keluarga, atau sahabat bisa mengatasi stres saat hamil.

Lebih baik lagi jika Moms mempunyai teman yang sama-sama sedang hamil juga, akan lebih mudah bagi Moms untuk berbagi keluh kesah yang sedang dirasakan.

Baca Juga: 4 Masalah Janin Ini Terjadi Akibat Stres Pada Ibu Hamil

3. Lakukan Olahraga Ringan

3 Manfaat Olahraga Saat Hamil Bagi Janin yang Wajib Diketahui 03.jpg

Olahraga sudah dikenal mampu mengatasi stres saat hamil. “Olahraga membantu melepaskan endorfin dan membuat peredaran darah lebih lancar. Olahraga juga meringankan beban pikiran,” jelas Lindsey Longerot, MD, ob-gyn di Texas Children’s Pavilion for Women.

Namun, olahraga yang tepat dilakukan oleh Moms dengan usia kehamilan tua?

Ibu hamil tetap bisa melakukan beberapa jenis olahraga seperti yoga, pilates, jalan santai di pagi hari, dan berenang sebagai pilihan. Tentukan saja sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing, ya.

4. Melakukan Hobi

Stres Saat Hamil

Setiap orang pasti punya hobi yang disukainya, termasuk juga Moms. Hobinya bisa membaca, masak, menonton, dan lainnya.

Nah, melakukan hobi yang disukai dapat menjadi kesenangan tersendiri bagi Moms. Hal ini akhirnya dapat mengatasi stres saat hamil.

5. Meditasi

Stres Saat Hamil

Meditasi juga bisa dilakukan untuk melatih ketenangan pikiran dan mengurangi tingkat stres yang Moms rasakan.

Saat ini, sudah banyak referensi meditasi yang bisa Moms tonton lewat internet atau Moms bisa mengunjungi kelas meditasi yang ada.

Baca Juga: Ibu Hamil Stres, Apakah Berpengaruh Pada Bayi?

Jika Moms sudah melakukan cara-cara di atas, namun masih merasa sering putus asa, khawatir berlebihan, sulit berkonsentrasi, cemas tanpa alasan yang menentu, waktu tidur kurang, dan tidak nafsu makan, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter karena hal tersebut bisa menjadi tanda depresi saat kehamilan.

(DG)

Artikel Terkait