COVID-19
10 Juni 2020

5 Cara Mengatasi Stres saat Pandemi, Mudah Dicoba!

Jangan sampai stres mengganggu kegiatan kita ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Virus corona yang juga dikenal dengan COVID-19, telah menjadi pandemi global yang mempengaruhi ribuan bahkan jutaan orang di seluruh dunia.

Keadaan yang semulanya normal, menjadi tidak pasti karena kondisi ini. Terlebih lagi banyak pemberitaan di media tentang virus satu ini.

Berbagai cara dilakukan agar penyebaran COVID-19 tidak meluas, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk melakukan social distancing, penerapan bekerja dan sekolah di rumah selama pandemi, tidak boleh berkerumun, harus menggunakan masker jika beraktivitas di luar, dan rajin mencuci tangan.

Kondisi ini tanpa disadari mengakibatkan panik dan stres di saat bersamaan. Banyak yang tidak bisa cepat beradaptasi dengan kondisi baru ini sehingga menjadi stres selama pandemi berlangsung.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Anak Stres saat Belajar di Rumah Menurut Psikolog

Jika Moms salah satu yang merasa stres, bagaimana cara mengatasi stres saat pandemi COVID-19 ini?

Mengatasi Stres saat Pandemi COVID-19

Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk membantu diri kita terlepas dari stres, seperti berikut ini.

1. Makan, Tidur, dan Olahraga seperti Biasa

mengatasi stres saat pandemi

Foto: Orami Photo Stock

Tidur yang cukup, berolahraga secara teratur, dan makan makanan yang sehat dapat membantu kita mengatasi stres saat pandemi, mengurangi kecemasan, dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Mungkin Moms merasa aktiviras keseharian saat berolahraga terganggu, jadi enggan untuk bergerak.

Namun, menyempatkan waktu sedikit seperti 15 menit setiap hari baik itu untuk berjalan atau jogging di sekitar kompleks rumah bisa membantu mengurangi stres.

2. Menarik Napas yang Dalam

mengatasi stres saat pandemi

Foto: chchurches.org

Orang yang tertekan cenderung mengambil napas yang cepat dan dangkal, yang semakin memperburuk respons tubuh.

Moms bisa memutus siklus tersebut dengan upaya bernafas secara perlahan dan dalam, sebanyak lima hingga enam napas dalam satu menit.

Moms bisa melakukannya selama seperempat jam atau lebih sehari. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan perasaan cemas dan stres.

"Napas dalam memperlambat respons stres fisiologis kita," jelas Dana Rose Garfin, asisten profesor di Sue & Bill Gross School of Nursing di University of California di Irvine.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Psychology pada 2017 menemukan bahwa orang yang melakukan 15 menit pernapasan diafragma 20 kali selama 8 minggu menunjukkan peningkatan suasana hati, dan tingkat hormon stres kortisol yang lebih rendah.

Baca Juga: Tetap Bugar dengan 4 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan #diRumahAja

3. Fokus pada Jangka Pendek

mengatasi stres saat pandemi

Foto: thechronicleherald.ca

Mungkin saat ini banyak dari kita yang bertanya-tanya kapan pandemi ini akan selesai?

Tetapi menurut jurnal Personality and Individual Differences, berpikir jangka pendek justru merupakan cara yang lebih efektif untuk menangani stres.

Memetakan dan mengikuti rencana untuk minggu ini atau hari berikutnya juga dapat membantu, memberi kita rasa kontrol yang lebih baik.

Psikolog klinis Paula A. Madrid, dari New York City, merekomendasikan untuk membuat jadwal harian kegiatan sederhana untuk dilakukan, seperti menelepon teman, mencoba resep baru, atau berkebun.

4. Tetap Terkoneksi dengan Orang Terdekat Kita

mengatasi stres saat pandemi

Foto: home.bt.com

Kita mungkin tidak bisa keluar rumah, tetapi teknologi saat ini memberi kita kemudahan untuk tetap terhubung dengan orang lain untuk mencegah diri mengalami stres.

Misalnya, mengikuti sesi olahraga dan ibadah online. Berkabar dengan keluarga dan teman melalui video call atau menggunakan layanan konferensi video seperti Google Hangouts, Skype, atau Zoom, yang gratis.

Baca Juga: 4 Ide Memasak dengan Si Kecil saat #dirumahaja, Seru!

5. Nikmati Udara Luar

mengatasi stres saat pandemi

Foto: socialmoms.com

Penelitian menunjukkan bahwa melihat pemandangan alami, seperti pohon, halaman, dan taman, dapat mengurangi gejala stres.

Moms bisa berjalan-jalan di taman sekitar rumah sebentar atau mulai bercocok tanam sederhana di halaman rumah.

Bahkan duduk di dekat jendela yang terpapar sinar matahari juga dapat membantu meningkatkan pandangan dan kualitas tidur kita, yang dapat meredakan perasaan cemas.

Itu dia beberapa cara sederhana yang dapat Moms lakukan di rumah untuk mencegah stres saat pandemi. Dicoba yuk, Moms.

Artikel Terkait