RUPA-RUPA
18 Mei 2020

5 Tips Mengatur THR di Tengah Pandemi COVID-19, Catat!

THR tidak full saat pandemi, apa yang harus jadi prioritas?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Indonesia tengah mengalami pandemi virus corona (COVID-19) beberapa bulan terakhir ini. Berbagai aktivitas dan keseharian semua orang menjadi terhambat. Bahkan pendapatan pun menjadi tidak tetap.

Usut punya usut, Tunjangan Hari Raya (THR) tahun ini dari perusahaan untuk karyawannya pun terancam akan dicicil atau bahkan tidak mendapatkan THR sama sekali. Sedih memang mendengarnya, namun dalam kondisi ini, kita tidak bisa berharap banyak.

Baca Juga: Agar Tak Cepat Habis, Begini Cara Menghemat Uang THR untuk Keperluan Belanja

Jika Moms mendapatkan THR dengan jumlah tidak penuh, apakah Moms sudah punya rencana untuk mengelola THR tersebut? Jika belum, coba lihat beberapa tips di bawah ini terkait mengelola THR yuk, Moms.

Mengatur THR saat Pandemi

Apa yang harus Moms lakukan bila THR dari perusahaan tahun ini tidak full? Bagaimana mengatur THR saat pandemi? Berikut yang harus Moms prioritaskan.

1. Dana Darurat

mengelola THR

Foto: Orami Photo Stock

Di tengah pandemi seperti ini, mungkin dana darurat akan sangat dibutuhkan. Jika dana darurat Moms sudah terpakai sebelumnya, ada baiknya Moms mengalokasikan kembali THR untuk dana darurat.

“THR yang sebelumnya dialokasikan untuk dana mudik, sebaiknya dialihkan untuk dana darurat,” ujar Prita Ghozie, Financial Educator dalam acara Instagram Live Orami Parenting.

Baca Juga: 4 Pertanyaan Paling Sering Muncul Mengenai Keuangan Rumah Tangga

Persentase alokasi yang ideal untuk tabungan dana darurat adalah berkisar antara 10 hingga 20 persen dari THR. Seusai pepatah, sedikit demi sedikit, lama-lama akan menjadi bukit.

2. Bahan Makanan

mengelola THR

Foto: Orami Photo Stock

Selain dana darurat, hal kedua yang harus Moms prioritaskan adalah bahan makanan. Setelah cukup menyisihkan THR untuk dana darurat, selanjutnya Moms bisa alokasikan untuk membeli bahan makanan di tengah masa pandemi ini.

Bahan makanan menjadi kebutuhan penting setiap orang. Kita tidak bisa sering berbelanja keluar rumah seperti sebelumnya agar terlindungi dari infeksi COVID-19. Oleh karena itu, ada baiknya Moms mempersiapkan bahan makanan yang cukup untuk satu minggu atau dua minggu ke depan.

3. Bayar Utang

mengelola THR

Foto: Orami Photo Stock

Membayar utang dengan menggunakan uang THR boleh saja. Namun yang perlu diingat, Moms hanya perlu membayara reguler saja, jadi bayar sesuai dengan yang kita harus cicil setiap bulannya.

"Jangan langsung dilunasi utang-utangnya. Karena kita masih membutuhkan uang THR untuk kebutuhan lainnya," jelas Aidil Akbar Madjid, Master Financial Planner, sekaligus Chairman IARFC Indonesia.

4. Berikan pada Orang Tua

mengelola THR

Foto: mommiesdaily.com

Jangan tergoda untuk membeli barang yang diinginkan, tapi tidak dibutuhkan. Jika masih menyisa dari THR, Moms bisa menggunakannya untuk memberikannya pada orang tua sebagian.

"Boleh dikirim ke orang tua juga ya dari THR yang didapatkan," jelas Aidil.

5. Untuk Sedekah

mengelola THR

Foto: Orami Photo Stock

Kata orang, sharing is caring. Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, menjadi kesempatan untuk kita berbagi dengan orang-orang di sekitar, terutama mereka yang membutuhkan. Moms bisa bersedekah terhadap orang-orang di dekat kita.

Baca Juga: Pentingnya Mengajarkan Anak Bersedekah Sejak Dini

“Yang harus diperhatikan, sedekah bisa dilakukan di lingkungan terdekat kita terlebih dahulu. Jika tidak ada, baru coba keluar,” jelas Prita.

Itu dia Moms beberapa prioritas utama yang harus Moms perhatikan bila THR yang didapatkan tidak penuh. Terus kelola keuangan dengan baik ya, Moms.

Artikel Terkait