PROGRAM HAMIL
7 Agustus 2019

Mengenal Adenomiosis, Masalah di Rahim yang Bisa Bikin Sulit Hamil

Seperti apa ciri-cirinya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Rahim merupakan organ vital bagi proses reproduksi perempuan.

Bila terdapat masalah pada rahim, proses reproduksi kemungkinan besar terhambat. Dengan kata lain, Moms jadi susah hamil.

Salah satu contoh masalah rahim adalah adenomiosis, yaitu ketika jaringan endometrium tumbuh secara abnormal menembus otot dinding rahim.

Endometrium adalah lapisan terdalam dinding rahim tempat menempelnya sel telur yang telah dibuahi. Bila tidak terjadi pembuahan, endometrium akan menebal, kemudian luruh bersama darah menstruasi.

Adenomiosis dianggap sebagai kelainan pada rahim yang tidak berbahaya. Namun, masalah rahim ini dapat mengganggu kehidupan dan memengaruhi kualitas hidup perempuan.

Baca Juga: Plus Minus KB IUD dan Cara Pemasangannya di Rahim Moms

Gejala Adenomiosis

Mengenal adenomiosis, masalah rahim yang bisa bikin sulit hamil (1).jpg

Foto: unsplash.com

Dikutip dari situs web Web MD dan Bazaar, keberadaan adenomiosis dapat ditandai dengan beberapa gejala berikut:

  • Perdarahan hebat saat menstruasi
  • Waktu menstruasi yang lebih panjang
  • Kram menstruasi yang hebat
  • Tekanan pada perut dan kembung
  • Tekanan pada kandung kemih
  • Nyeri panggul kronis
  • Nyeri saat berhubungan seks
  • Kemungkinan infertilitas

Baca Juga: Benarkah Bentuk Rahim Abnormal Bikin Susah Hamil?

Risiko Adenomiosis

Mengenal adenomiosis, masalah rahim yang bisa bikin sulit hamil (2).jpg

Foto: healthline.com

Meski belum banyak perempuan yang familiar dengan istilah adenomiosis, namun diduga jumlah penderitanya cukup banyak.

“Para peneliti menduga masalah rahim ini cukup lazim dialami oleh perempuan daripada yang diperkirakan selama ini,” ujar Dr. Cynthia Austin, dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Cleveland Clinic di Ohio.

Sementara, Dr. Lisa Dabney, dosen bidang obstetri, ginekologi, dan ilmu reproduksi di Mount Sinai di New York mengatakan, “Adenomiosis sebenarnya mirip dengan endometriosis. Banyak perempuan yang memiliki kondisi tersebut, tetapi kebanyakan dari mereka tidak merasakan gejalanya.”

Hingga kini, para ahli belum bisa memastikan penyebab timbulnya masalah rahim adenomiosis.

Menurut Dr. Virginia Beckett, konsultan ginekologi dan juru bicara the Royal College of Obstetricians and Gynaecologists, adenomiosis paling banyak diderita oleh perempuan berusia 40−50 tahun dan mereka yang sudah pernah melahirkan melalui bedah Caesar.

Baca Juga: Mengapa Tebal Tipis Dinding Rahim Setiap Perempuan Berbeda?

Mendeteksi dan Mengatasi Adenomiosis

Mengenal adenomiosis, masalah rahim yang bisa bikin sulit hamil (3).jpg

Foto: pexels.com

Dikutip dari situs web Refinery 29, The Seckin Endometriosis Center di New York memperkirakan sekitar 40 hingga 50 persen pasien adenomiosis kemungkinan besar juga menderita endometriosis.

Selama ini, dokter memang kesulitan mendeteksi adenomiosis karena selain gejalanya mirip dengan masalah rahim lainnya, juga karena lokasinya di otot rahim.

Cara mendeteksi masalah rahim tersebut adalah melalui pemeriksaan MRI atau USG. Namun, hasil dari pemeriksaan dengan kedua alat tersebut pun sebenarnya tidak dapat memberikan kesimpulan yang pasti.

Satu-satunya cara untuk menemukan keberadaan adenomiosis adalah dengan melakukan histerektomi atau operasi pengangkatan rahim. Tindakan tersebut juga merupakan solusi utama untuk menyembuhkan adenomiosis.

Bila Moms mempunyai hal seputar adenomiosis yang perlu ditanyakan lainnya, Moms bisa bergabung di WhatsApp Group Orami Moms Community, lho.

Di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

Moms juga akan bertemu dan bisa berbagi pengalaman dengan sesama ibu yang sedang menjalani program hamil lainnya, lho. Moms pun tidak akan merasa sendirian dalam menghadapi berbagai masalah seputar kehamilan.

orami wag

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

(AN)

Artikel Terkait