KESEHATAN
3 Mei 2018

Mengenal Diare Persisten, Diare yang Dapat Mengancam Jiwa

Gejala penyerta diare persisten adalah sakit perut, kembung, dan banyak gas.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Tanya : 

Dok waktu itu saya selalu mencret tiap hari lumayan lama mungkin kurang lebih 1 bulan, karena saya pikir mencret ini bisa sembuh sendiri.

Tapi akhirnya saya memutuskan ke dokter, setelah diberi obat diare saya tidak bisa BAB selama 3 hari, akhirnya saya stop obatnya karena perut saya menjadi besar dan tidak nyaman, di hari ke 4 alhamdulillah saya bisa BABTapi BAB saya mencret kembali.

Apa yang harus saya lakukan dok? Melanjutkan minum obatnya tapi saya takut sembelit berhari-hari lagi atau saya mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam? Mohon jawabannya dok, Terima kasih.

Jawab : 

Diare persisten adalah diare yang diperkirakan penyebabnya infeksi dan mulainya sebagai diare akut (7-14 hari) tetapi berakhir lebih dari 14 hari, serta dapat menyebabkan malnutrisi (kekurangan nutrisi pada tubuh) dan dapat mengancam jiwa.

Gejala penyerta diare persisten : sakit perut, kembung, banyak gas.

Berdasarkan keluhan yang Anda alami sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan fisik (ditemukan ada tanda-tanda dehidrasi atau kekurangan cairan) dan pemeriksaan penunjang seperti cek laboratorium darah dan pemeriksaan tinja, pengobatan dengan rehidrasi (cairan) dan penggunaan antibiotic sesuai dengan anjuran dokter.

Dijawab oleh : dr. Yohana Margarita

Sumber : meetdoctor.com

Artikel Terkait