PROGRAM HAMIL
22 Oktober 2017

Mengenal Doula dan Perannya dalam Persalinan

Sudah ada dokter, apakah peran doula dalam persalinan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh (ade.ryani)

Selama berabad-abad, para wanita telah menggunakan peran doula, yaitu kata Yunani yang berarti pembantu wanita atau wanita yang melayani. Doula telah melayani wanita lain selama melahirkan dan telah membuktikan bahwa dukungan dari wanita lain memiliki dampak positif pada proses melahirkan normal.

Apakah doula?

Menurut Dr. Christine Morton, penulis buku Birth Ambassadors, doula adalah pendamping yang mendukung ibu bersalin selama persalinan dan kelahiran.

Doula dilatih untuk memberikan perawatan personal secara terus-menerus, serta informasi, dukungan fisik, dan dukungan emosional kepada ibu melahirkan dan pasangannya.

Peran doula adalah membantu wanita memiliki pengalaman melahirkan yang aman, mudah dikenang, dan menguatkan. Doula juga dapat disebut sebagai pendamping persalinan, spesialis pendukung kelahiran, profesional pendukung persalinan, asisten kelahiran atau asisten persalinan.

Apa saja jenis doula?

Istilah doula paling sering mengacu pada doula persalinan, atau dukungan pendamping melahirkan normal. Ada beberapa jenis doula:

  • Doula kelahiran: memberikan bantuan kepada ibu hamil sebelum dan selama persalinan dan kelahiran.
  • Doula postpartum: memberikan bantuan kepada orangtua baru pada minggu-minggu pertama setelah kelahiran bayi. Mereka memberikan dukungan informasi tentang bagaimana memberi makan dan merawat bayi. Mereka memberikan dukungan fisik dengan mengisi peran ibu dalam pekerjaan rumah tangga saat dia membutuhkan istirahat. Mereka memberikan dukungan emosional dengan menghibur ibu saat dia merasa terbebani.
  • Doula antepartum: membantu wanita yang memiliki kehamilan berisiko tinggi atau sulit seperti wanita yang menjalani istirahat total (bed rest). Mereka memberikan dukungan informasi, emosional, fisik, dan praktis dalam keadaan yang sering menimbulkan stres, membingungkan, dan menguras emosi.

Apakah peran doula?

1. Hubungan doula-klien dimulai beberapa bulan sebelum bayi lahir.

Peran doula selama periode ini:

  • Mengembangkan hubungan dengan sang ibu sehingga ia bebas mengajukan pertanyaan, mengungkapkan ketakutan dan kekhawatirannya, dan berperan aktif dalam merencanakan kelahiran.
  • Membagikan pengetahuan dalam banyak aspek medis mengenai persalinan sehingga dapat menanggapi pertanyaan atau mengatasi masalah yang mungkin timbul selama kehamilan.
  • Membantu klien untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang prosedur dan kemungkinan komplikasi pada akhir kehamilan atau persalinan.
  • Doula tidak menyediakan jenis perawatan medis apa pun.

2. Saat melahirkan, doula berada dalam jarak yang konstan dan dekat dengan ibu.

Peran doula selama periode ini:

  • Memberikan kenyamanan dengan teknik meredakan rasa sakit termasuk teknik pernapasan, relaksasi, pijat, dan posisi persalinan.
  • Mendorong partisipasi pasangan dan menawarkan penghiburan. Peran doula tidak pernah menggantikan suami atau pasangan dalam persalinan, melainkan untuk melengkapi dan meningkatkan pengalaman mereka.
  • Bertindak sebagai pendamping ibu, mendorong dan membantunya memenuhi hasrat tertentu yang mungkin dia miliki untuk kelahirannya.
  • Membantu ibu mengalami proses persalinan yang positif dan aman, apakah melahirkan normal ataupun operasi caesar.
  • Setelah melahirkan, banyak doula akan menghabiskan waktu untuk membantu ibu memulai proses menyusui dan mendorong ikatan antara bayi dan anggota keluarga lainnya.

Apakah manfaat persalinan dengan doula?

Penelitian Cochrane Review terbaru, Continuous Support for Women During Childbirth, menunjukkan jumlah kelahiran positif yang sangat tinggi karena pendampingan doula.

Dengan dukungan peran doula, wanita cenderung tidak menerima obat penghilang rasa sakit dan kemungkinan melahirkan normal serta memiliki pengalaman melahirkan yang positif.

Doula sering menggunakan kekuatan sentuhan dan pijat. Menurut dokter Marshal Klaus dan John Kennell, pijat membantu merangsang produksi oksitosin alami yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan saat persalinan.

Apakah Mama mempertimbangkan persalinan dengan doula?

(ROS)

Artikel Terkait