KESEHATAN
16 Juni 2019

Mengenal Hidroterapi, Terapi Air untuk Orang yang Sedang Alami Depresi

Tak banyak yang tahu terapi air untuk depresi yang dikenal dengan nama hidroterapi.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina
Disunting oleh Dina

Kesedihan dan kehilangan minat atau kesenangan mungkin biasa kita alami. Tetapi, jika hal tersebut dapat mempengaruhi hidup kita secara substansial, mungkin itu sudah menjadi depresi.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, 7-6 persen orang di atas usia 12 mengalami depresi.

Tak hanya itu, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), depresi adalah penyakit paling umum di seluruh dunia dan penyebab utama kecacatan. Mereka memperkirakan 350 juta orang terkena depresi secara global.

Depresi lebih umum terjadi di kalangan wanita daripada pria. Penyebab depresi bisa terjadi karena faktor genetik, biologis, lingkungan, dan psikososial.

Ada banyak cara untuk mengatasi depresi. Salah satunya dengan cara hidroterapi.

Hidroterapi merupakan penggunaan air, baik secara internal maupun eksternal dan pada berbagai suhu untuk tujuan kesehatan.

Hidroterapi juga biasa disebut terapi air dan biasanya mencakup seperti sauna, mandi uap, mandi kaki, mandi air panas, dan mandi air dingin.

Baca Juga: 6 Terapi Sederhana yang Bisa Dilakukan Agar Cepat Hamil

Hidroterapi yang Baik untuk Mengatasi Depresi

Mengenal Hidroterapi, Terapi Air untuk Orang yang Sedang Alami Depresi 01.jpg

Ada banyak jenis hidroterapi yang bisa dilakukan, namun tak semua jenis bisa mengatasi depresi.

Menurut Dr. Peter Bongiorno ND, LAc, direktur Inner Source Health di New York mengatakan bahwa mandi dengan air dingin adalah jenis hidroterapi yang baik untuk mengatasi depresi.

"Untuk mengatasi depresi, disarankan terapi paparan (mandi dengan air) dingin. Ini mungkin merupakan pilihan terbaik karena kepadatan reseptor dingin (bagian tubuh kita yang dapat merasakan dingin) di kulit dianggap lebih tinggi tiga sampai sepuluh kali daripada reseptor hangat," ujar Dr. Peter.

"Hal ini pun dapat menghasilkan efek positif terapi. Juga, terapi dengan mandi air dingin memiliki efek neuroprotektif dan terapeutik dan dapat meredakan peradangan, suatu mekanisme yang dikenal dalam mengatasi depresi," tambah Dr. Peter.

Selain itu, hidroterapi dengan air dingin telah terbukti dapat membantu meningkatkan produksi molekul beta-endorfin - yang memberikan rasa kesejahteraan.

Baca Juga: 5 Manfaat Aromaterapi untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Kita Tahu

Bagaimana Cara Kerja Hidroterapi?

Menerapkan air dengan suhu berbeda pada kulit kita dapat mengubah fisiologi dan suasana hati kita. Salah satunya dengan cara berenang atau mandi dengan air dingin.

Ketika manusia berenang di air dingin, biasanya sangat menyegarkan. Ini karena rasa basah dan dingin menyebabkan pembuluh darah permukaan kita menjadi vasokonstriksi (mengencang) membuat darah bergerak dari permukaan tubuh kita ke inti, sebagai cara untuk menghemat panas.

Tidak hanya menghemat panas, itu juga secara refleks "membasahi" otak dan organ-organ vital. Hal ini akan membawa nutrisi, oksigen, dan juga membantu mendetoksifikasi area dengan lembut.

Hal inilah yang membuat tubuh menjadi rileks.

Baca Juga: 5 Pengaruh Depresi Postpartum Ibu Terhadap Bayi yang Baru Lahir

Namun, jika ingin melakukan hidroterapi, pastikan dengan tenaga medis di bidangnya ya Moms.

(SA)

Artikel Terkait