KESEHATAN
23 April 2019

Mengenal Imunisasi untuk Orang Dewasa dan Perkiraan Biayanya

Orang dewasa juga butuh vaksin, loh!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Saat kecil, Moms sudah melakukan vaksinasi untuk terhindari dari virus yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya dan bahkan mematikan. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa imunisasi pun juga perlu dilakukan saat dewasa lho.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Tropik dan Infeksi RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, dr. Hadianti Adlani, Sp. PD-KPTI mengatakan, imunisasi penting dan sama pentingnya di berbagai usia, baik anak maupun dewasa.

"Beberapa penyakit dapat dicegah dengan imunisasi, sebagai tindakan preventif untuk tatalaksana suatu penyakit," jelasnya saat diwawancarai Orami.

Dr Hadianti menambahkan, imunisasi pada orang dewasa dapat mencegah kematian seratus kali lipat akibat penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin, dibandingkan dengan anak.

Memang, masih ada beberapa jenis vaksin dalam tahap penelitian dan pengembangan, tetapi diharapkan agar segera ditemukan karena diperkirakan nanti akan lebih efektif untuk mencegah penyakit-penyakit dari virus.

Orang Dewasa Juga Dianjurkan untuk Imunisasi

care check checkup 905874

Imunisasi dewasa dianjurkan untuk dilakukan bagi yang berusia lebih dari 12 tahun dan ingin mendapat kekebalan terhadap penyakit-penyakit seperti: influenza, pneumokokus, hepatitis A dan B, MMR, DPT dan DT.

Jika Moms kerap pergi ke luar negeri, perlu dilakukan beberapa imunisasi agar tidak tertular, atau membawa wabah dari negara yang didatangi tersebut.

Hal ini dikarenakan belum tersedia antivirus sebagai betuk pengobatan yang dapat memberikan perlindungan jangka panjang.

Baca Juga: Mengapa Anak Perlu Mendapatkan Imunisasi Ulang?

Jenis Imunisasi dan Biayanya

appointment book blur care 40568

Biaya untuk imunisasi dewasa sendiri berbeda dari biaya imunisasi anak. Biaya yang dikenakan tergantung dari jenis imunisasi yang digunakan dan umumnya orang dewasa memerlukan dosis yang lebih besar.

Menurut dokter Hadianti, biaya yang dikeluarkan untuk imunisasi tergantung jenis imunisasi yang dilakukan. Umumnya biaya yang dikeluarkan lebih besar karena pada pasien dewasa memerlukan dosis lebih besar dibanding anak.

"Di samping itu, beberapa jenis vaksin memerlukan beberapa kali pemberian untuk mencapai hasil yang optimal dalam perlindungan jangka panjang," tambahnya.

Tentu saja, untuk harga sebuah vaksin tergantung dari rumah sakit atau klinik yang menyediakan, karena sudah ada standar harga dari farmasi yang memproduksi ditambah biaya lain-lain.

Namun, harga vaksin ini diperkirakan lebih efisien dibanding biaya yang harus dikeluarkan untuk berobat jika Moms terinfeksi virus yang dapat dicegah oleh vaksin.

Tetapi agar Moms dan Dads punya tertarik untuk melakukan imunisasi dan ingin mengetahui perkiraan biayanya, berikut Orami bagikan.

1. Influenza

Vaksin ini cukup diberikan satu dosis dan satu tahun sekali saja, khususnya di musim pancaroba. Untuk besaran biayanya, satu kali suntik di rumah sakit, bisa memakan Rp200-500 ribuan.

2. Tetanus, Difteri, dan Pertusis

Vaksin tetanus, difteri dan pertusis untuk orang dewasa mudah ditemukan di klinik, puskesmas, maupun rumah sakit. Ada baiknya Moms dan Dads mendapatkan vaksin ini, mengingat difteri sangat mudah menular dan bisa mematikan.

Untuk mendapatkan vaksin ini, kita hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp100 ribu rupiah. Sangat murah jika dibandingkan dengan dampak yang mampu ditimbulkan virus ini.

3. Varicella (cacar air)

Orang yang sudah mendapatkan vaksin ini, memiliki resiko terkena cacar air yang lebih rendah. Vaksin ini terdiri dari 2 dosis, dengan jarak pemberian 4-6 minggu. Makanya jangan heran jika harga untuk vaksin ini agak tinggi, yaitu Rp650 ribuuntuk satu paket vaksin.

Baca Juga: Agar Bisa Dicegah, Cari Tahu Waktu Terbaik Vaksin Cacar Air 

4. Human Papillomavirus (HPV)

Virus ini dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti infeksi kulit, kutil kelamin hingga kanker. Dosis yang dibutuhkan pun lumayan banyak, yaitu 3 dosis. Karena itulah, harga untuk vaksin ini dimulai dari Rp750-900 ribu.

5. Hepatitis A

Sedangkan untuk vaksin hepatitis A, Moms dan Dads harus merogoh kantong sekita Rp475 ribu.

6. Hepatitis B

Lebih murah dibandingkan dengan vaksin hepatitis A, untuk hepatitis B, kita cukup mengeluarkan uang sekitar Rp225 ribu. Sangat terjangkau, bukan?

7. Measles, Mumps, dan Rubella (MMR)

Vaksin MMR yang dapat mencegah munculnya 3 penyakit, memerlukan biaya sekitar Rp800 ribu. Sangat terjangkau mengingat pemberian vaksin ini diulang selama 10 tahun sekali.

Baca Juga: 4 Mitos dan Fakta Seputar Vaksin MR/MMR

8. Pneumonia

Pneumonia yang kebanyakan menyerang orang-orang berusia 60 tahun keatas, membutuhkan biaya sekitar Rp475 ribu.

9. Meningitis Meningokokal

Terakhir vaksin meningitis yang terdiri dari satu dosis, memerlukan biaya sekitar Rp875 ribu untuk sekali vaksin.

Harga-harga vaksin yang tertera di atas tidak fix dan merupakan harga perkiraan saja. Seperti yang sudah dijelaskan, harga pastinya tergantung dari standar masing-masing rumah sakit tempat Moms dan Dads melakukan vaksin.

Yuk, mulai lengkapi vaksin dewasa agar terhindar dari virus yang berbahaya.

(AWD/AP/AND)

Foto: Pexels.com

Artikel Terkait