PROGRAM HAMIL
29 Oktober 2017

Mengenal Kacang-Kacangan, Makanan Sehat untuk Kehamilan

Makanan sehat untuk ibu hamil yang satu ini juga memiliki jenis beragam yang bisa diolah menjadi santapan lezat.
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Makanan sehat untuk ibu hamil berupa kacang-kacangan memiliki beragam kandungan nutrisi yang sangat baik bagi janin dan tubuh Mama.

Selain bermanfaat, makanan sehat untuk ibu hamil yang satu ini juga memiliki jenis beragam yang bisa diolah menjadi santapan lezat.

Menurut artikel berjudul Nuts and Seeds during Pregnancy, ada beragam fakta menarik tentang kacang-kacangan untuk ibu hamil, yaitu:

  • Kacangan-kacangan kaya akan vitamin E, B, dan beragam jenis mineral penting seperti magnesium, selenium, seng, potasium, fosfor, dan zat besi.
  • Berbagai jenis kacang-kacangan mengandung lemak baik yang sangat penting untuk ibu hamil.
  • Kacang-kacangan dapat menjadi salah satu camilan terlezat dan tersehat untuk ibu hamil.

Lalu, jenis kacang-kacangan apa saja yang dapat Mama santap selama kehamilan?

Berikut adalah ragam kacang-kacangan yang termasuk ke dalam daftar makanan sehat untuk ibu hamil sesuai dengan rekomendasi dari para ahli dalam artikel 40 Foods to Eat When Pregnant yang dimuat pada salah satu media terkenal Inggris:

1. Kacang mede

shutterstock 392667244

Rasanya yang gurih dan lezat ternyata sebanding dengan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Jenis kacang ini kaya akan protein, karbohidrat kompleks, dan lemak baik yang dapat membantu pembentukan sistem kekebalan tubuh bayi.

2. Kacang almond

shutterstock 564583588

Almond mengandung serat, protein, dan karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk tubuh Mama maupun janin. Selain itu, makanan sehat untuk ibu hamil ini juga dilengkapi dengan vitamin E sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari berbagai masalah.

Baca Juga : 6 Rahasia Kacang yang Bermanfaat Untuk Kehamilan

3. Lentil

shutterstock 522209995

Jenis kacang ini mengandung serat, protein, dan karbohidrat kompleks. Selain itu, kandungan vitamin dan mineralnya pun sangat beragam, mulai dari asam folat, mangnesium, zat besi, dan vitamin B yang sangat baik untuk perkembangan janin.

4. Kacang polong

shutterstock 523943212

Kacang berwarna hijau dan berukuran “imut” ini termasuk ke dalam jenis kacang paling bergizi karena dilengkapi dengan protein tinggi, vitamin, asam folat, dan mineral penting, seperti kalsium serta zat besi.

5. Kacang merah

shutterstock 441002944

Sama dengan jenis kacang-kacangan lain, kacang merah mengandung serat, karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan janin. Selain itu, jenis makanan sehat untuk ibu hamil ini dapat diolah menjadi beragam santapan yang lezat mulai dari sup hingga dessert.

Jadikanlah beragam jenis kacang-kacangan tersebut sebagai pengisi menu makanan sehat untuk ibu hamil setiap harinya. Jangan lupa lengkapi juga menu makan Bunda dengan makanan sehat untuk ibu hamil lainnya seperti sayuran berdaun hijau, buah, daging, olahan susu, serta seafood.

Foto : Shutterstock

Artikel Terkait