BALITA DAN ANAK
12 Desember 2019

Malabsorbsi Makanan pada Balita: Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Kondisi yang membuat tubuh balita kekurangan vitamin dan nutrisi
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sulit dikenali secara kasat mata, malabsorbsi makanan sebenarnya adalah kondisi serius yang bisa mempengaruhi tumbuh kembang balita secara negatif.

Menurut artikel medis yang dimuat dalam publikasi American Academy of Pediatrics, malabsorbsi makanan adalah kondisi di mana usus kecil tidak bisa mencerna makanan secara normal sehingga tubuh balita tidak cukup mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya.

Secara spesifik, malabsorbsi makanan membuat saluran pencernaan balita kesulitan menyerap makronutrien (protein, karbohidrat, lemak), mikronutrien (vitamin dan mineral), atau keduanya.

Dampak malabsorbsi makanan pada balita juga cukup serius lho, Moms. Mulai dari kurang gizi, berat badan dibawah angka ideal, sampai gagal tumbuh atau failure to thrive.

Yuk Moms, simak informasi berikut untuk tahu lebih banyak tentang seluk beluk malabsorbsi makanan pada balita.

Baca Juga: Mencegah Obesitas pada Balita yang Doyan Makan

Gejala Malabsorbsi Makanan pada Balita

Malabsorbsi Makanan Pada Balita Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya 1.jpg

Foto: Nbcnews.com

Seperti dikutip dari healthline.com, gejala yang muncul saat balita mengalami malabsorbsi makanan akan berbeda tergantung dengan jenis nutrisi yang sulit dicerna oleh tubuhnya, seperti:

  • Malabsorbsi lemak: Feces berwarna cerah, sangat bau, menggumpal, dan berminyak. Biasanya menempel di mangkuk toilet atau sulit disiram.
  • Malabsorbsi protein: Rambut kering, rambut rontok, dan retensi cairan yang menyebabkan bengkak pada bagian tubuh tertentu.
  • Malabsorbsi jenis gula tertentu: perut kembung, bergas, dan diare berat.
  • Malabsorbsi vitamin tertentu: Anemia, tekanan darah rendah, otot lemas, atau kehilangan berat badan.

Supaya yakin kalau yang dialami balita adalah malabsorbsi makanan dan bukan kondisi lain, biasanya dokter akan melakukan tes feces, tes darah, tes keringat, tes hidrogen dalam napas, atau endoskopi untuk mendapatkan diagnosis yang akurat.

Baca Juga: Mengenal ARFID, Gangguan Makan yang Sering Dialami Balita

Penyebab Malabsorbsi Makanan pada Balita

Malabsorbsi Makanan Pada Balita Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya 2.jpg

Foto: Romper.com

Selain karena tubuh tidak memproduksi enzim khusus yang diperlukan untuk mencerna zat makanan tertentu, malabsorbsi makanan juga bisa terjadi karena balita mengalami kondisi yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi, seperti:

  • Luka di usus akibat infeksi, peradangan, trauma, atau operasi.
  • Penggunaan antibiotik dalam jangka waktu lama.
  • Intoleransi laktosa.
  • Infeksi parasit.
  • Penyakit ginjal, hati, atau pankreas.
  • Penyakit celiac disease, Crohn’s disease, fibrosis kistik, atau pankreatitis kronis.
  • Cacat bawaan lahir seperti biliary atresia.

Dalam kasus yang langka, malabsorbsi makanan juga ternyata bisa disebabkan oleh kondisi short bowel syndrome, tropical sprue, atau Whipple’s disease.

Pengobatan Malabsorbsi Makanan pada Balita

Malabsorbsi Makanan Pada Balita Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya 3.jpg

Foto: Baby.lovetoknow.com

Untuk mengatasi malabsorbsi makanan pada balita, dokter biasanya akan menangani kondisi penyebabnya. Misalnya saja, balita yang punya intoleransi laktosa akan disarankan untuk minum tablet enzim laktase dan menghindari konsumsi produk susu.

Setelah itu dokter akan merujuk balita ke ahli gizi untuk membuat rencana pola makan yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi dan cairan tubuh.

Biasanya dengan memberikan suplemen enzim, suplemen vitamin, serta merekomendasikan makanan mana yang baik dimakan dan harus dihindari.

Baca Juga: 3 Dampak Buruk Malnutrisi Pada Balita yang Harus Kita Tahu

Itulah beberapa hal yang perlu Moms ketahui tentang malabsorbsi makanan pada balita. Cerita dong Moms, apa yang biasanya Moms lakukan untuk memastikan balita mendapatkan cukup vitamin dan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembangnya?

(WA)

Artikel Terkait