PROGRAM HAMIL
8 April 2019

Multiguna, Mari Mengenal Manfaat Pilates untuk Pra-Kehamilan, Kehamilan, dan Pasca Kehamilan

Pilates untuk ibu hamil dapat bermanfaat untuk membantu menjaga postur tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Pilates merupakan serangkaian gerakan-gerakan lembut yang berguna untuk memperkuat otot-otot inti pada tubuh.

Pilates lebih dari sekadar olahraga karena mengajarkan Moms bagaimana cara bergerak dan ke mana harus memindahkan tubuh.

Bagi perempuan yang sedang menjalankan program hamil, pilates sangat berguna untuk membantu melancarkan masa kehamilan, lho.

Tak hanya saat program hamil, pilates juga bermanfaat bagi Moms yang sedang hamil dan pasca melahirkan. Mari kita simak lebih jelas ulasan berikut.

Pilates untuk Ibu Hamil

Untuk perempuan yang sedang dalam program hamil biasanya mereka akan lebih fokus untuk bergerak. Mereka yang sedang menjalani program hamil antibodinya juga cenderung akan menurun sehingga perlu menambah stamina dalam keseharian.

Ketika melakukan pilates, gerakan-gerakan yang dilakukan dapat membantu proses pernapasan.

Sedangkan bagi ibu hamil, pilates juga termasuk olahraga yang dapat memberi banyak manfaat. Pilates untuk ibu hamil dapat bermanfaat untuk membantu menjaga postur tubuh.

Umumnya orang yang sedang hamil akan mengalami sakit pinggang dan pegal karena umumnya ini disebabkan oleh masalah otot yang ada di tubuhnya.

Baca Juga: Jangan Anggap Enteng, Pelan-pelan 8 Hal Ini Bisa Jadi Pemicu Kanker Payudara

Dengan pilates, mood Moms bisa lebih terjaga, melatih keseimbangan, dan juga menjaga tubuh agar tetap fit.

Namun, ketika sudah memasuki tahap awal kehamilan, biasanya gerakan dalam pilates akan mulai berbeda.

Bagi ibu hamil yang fisiknya kuat biasanya perbedaan itu tak akan terasa signifikan, hanya saja ada beberapa pengulangan yang intensitasnya harus dikurangi dan yang perlu diingat, tak usah terlalu dipaksakan.

"Setelah melahirkan biasanya gerakannya juga akan berbeda lagi, mulai dari cara pernapasan dan cara menggerakkan tubuh. Setelah melahirkan itu, kan, tubuh banyaknya kaku, ya, apalagi pas masa-masa menyusui juga,” ujar instruktur pilates dari Cardea Physiotherapy & Pilates Studio Jakarta, Seina Selenawati, saat ditemui dalam rangkaian acara Spalosophy di bilangan Permata Hijau, Jakarta Selatan, Sabtu (20/10) kemarin.

Baca Juga: 5 Manfaat Pilates untuk Ibu Hamil

Seberapa Sering Sebaiknya Pilates Dilakukan?

Pada dasarnya pilates adalah jenis olahraga yang dapat dilakukan setiap hari, tergantung dari jenisnya.

Sedangkan untuk orang yang memang melakukan pilates untuk suatu tujuan tertentu seperti untuk menurunkan berat badan, sebaiknya lakukan pilates 2-3 kali seminggu dikombinasikan dengan olahraga lainnya.

“Jadi tergantung kalian maunya apa. Misalkan mau membentuk postur badan, ada yang sampai 5-6 kali seminggu tergantung kebutuhan,” tutur Andrea Sipahutar selaku Fisio Instruktur di lokasi yang sama.

Nah, sekarang Moms sudah tahu bukan bahwa ternyata pilates ini banyak sekali manfaatnya. Khususnya bagi Moms yang sedang menjalankan program hamil dan kehamilan, pilates akan membantu tubuh lebih terlatih untuk bergerak.

Baca Juga: Sedang Program Hamil? Yuk Ikut Senam Yoga

Dengan kata lain, tubuh yang ototnya sudah terlatih untuk bergerak akan lebih aman dan fleksibel dalam melakukan berbagai gerakan sehari-hari.

Bagaimana, tertarik mencoba?

(MDP)

Artikel Terkait