FASHION & BEAUTY
10 November 2019

Mengenal Metode Sugaring untuk Menghilangkan Rambut pada Tubuh

Metode sugaring tidak sama dengan waxing
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Bagi Moms yang mencari cara terbaik untuk menghilangkan rambut tubuh yang tidak diinginkan, ada banyak pilihan untuk menghilangkan rambut yang bisa kita coba. Lalu apa yang bisa kita lakukan?

Memilih metode menghilangkan rambut, tergantung pada apa yang aman digunakan dan untuk area mana penggunaannya. Namun kembali lagi, semuanya tergantung preferensi pribadi kita dan seberapa tahan kita terhadap rasa sakit yang dihasilkan.

Baca Juga: Threading, Waxing, Sulam Alis, Mana yang Lebih Baik?

Beberapa metode yang kita kenal seperti pencukuran, waxing, laser hair removal. Namun pernahkah Moms mendengar tentang sugaring? Jika belum, yuk kita kenalan dengan metode satu ini.

Apa Itu Sugaring?

metode sugaring

Foto: fustany.com

Dikutip dari Journal of American Medical Associations, metode sugaring merupakan suatu metode menghilangkan rambut tubuh yang berasal dari Mesir kuno. Metode ini dengan menggunakan pasta gula yang terdiri dari gula, lemon, dan air untuk mengekstrak rambut dari akar.

Cara ini sering disamakan dengan waxing, tetapi metode sugaring ini tidaklah sama. Kita tidak menggunakan lilin pada metode menghilangkan rambut tubuh satu ini.

Menurut Courtney Claghorn, pemilik salon Sugared + Bronzed di Amerika Serikat, mengatakan bahwa dalam proses sugaring, seorang “sugarista” (ahli teknik sugaring yang berlisensi) mengaplikasikan pasta gula dengan menempelkannya ke kulit dengan arah berlawanan dari pertumbuhan rambut.

Baca Juga: Agar Aman dan Efisien, Ini 6 Tips Waxing di Rumah yang Perlu Diketahui

Cara ini memungkinkan pasta meresap ke dalam folikel dan membungkus setiap batang rambut. Terapisnya kemudian akan menggunakan gerakan mencabutuntuk menghilangkan pasta, bersama dengan rambut, ke arah alami pertumbuhan rambut.

"Sugaring mampu mencabut rambut dari akarnya tanpa mengganggu kulit di sekitarnya," kata Sapna Palep, seorang dokter kulit di Spring Street Dermatology, New York City.

Meski terlihat mudah, metode ini sebenarnya membutuhkan keahlian yang besar dan pelatihan berminggu-minggu utuk menguasai keterampilan ini.

Aman untuk Kulit Sensitif

metode sugaring

Foto: standard.co.uk

Coutney Claghorn mengatakan bahwa metode sugaring hypoallergenic dan benar-benar aman bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

"Sugaring aman bagi mereka yang menderita eksim dan psoriasis. Namun, tidak disarankan untuk melakukan metode sugaring ini ketika lukanya sedang terbuka, basah, lembab, atau terbuka,” ucap Courtney Claghorn.

Baca Juga: Ini Perbedaan Kulit Kering dan Psoriasis, Serta Cara Menanganinya

"Dalam pengalaman saya, metode sugaring dikombinasikan dengan pasta gula, adalah yang paling lembut untuk semua jenis kulit, usia, tekstur rambut, dan kondisi kulit," kata Danielle Correia, CEO dan pemilik sugaringLA.

Namun, jika pasien memiliki masalah kulit, ia merekomendasikan mereka untuk meminta konsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan.

Artikel Terkait