KESEHATAN
8 November 2019

Mengenal Nyeri Phantom, Nyeri pada Bagian Tubuh yang Sudah Diamputasi

Sensasi nyeri phantom biasanya dialami oleh orang setelah amputasi sebagai masalah psikologis
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Nyeri phantom adalah rasa sakit yang seolah berasal dari anggota tubuh yang sudah diamputasi atau tidak ada. Melansir dari mayoclinic.org, biasanya terjadi pada orang yang baru saja melakukan amputasi bagikan kaki, lengan dan lainnya.

Banyak dokter mempercayai nyeri phantom pasca amputasi ini termasuk masalah psikologis. Tetapi, ahli medis sekarang mengatakan sensasi tersebut berasal dari sumsum tulang belakang dan otak.

Sehingga orang yang sudah tidak memiliki salah satu anggota tubuhnya, terkadang merasa nyeri di bagian tersebut. Sensasi tanpa rasa sakit inilah yang dikenal sebagai sensasi nyeri hantu.

Biasanya, sensasi nyeri phantom ini terjadi dalam minggu pertama setelah amputasi. Meskipun ada pula yang merasakannya setelah beberapa bulan atau lebih.

Nyeri phantom ini pun terjadi dan hilang secara tiba-tiba. Gejalanya cenderung memengaruhi bagian tungkai seperti kaki yang diamputasi.

Rasa nyeri phantom ini seperti ditembak, ditusuk, kram, berdenyut atau terbakar. Pada sebagian orang bisa mengalami nyeri phantom berkelanjutan jika tidak melakukan perawatan atau pengobatan.

Baca Juga: Hati-Hati, 8 Penyakit Ini Ternyata Sebabkan Nyeri Perut Sebelah Kanan

Penyebab Nyeri Phantom

Mengenal Nyeri Phantom, Nyeri pada Bagian Tubuh yang Sudah Diamputasi 01.jpg

Foto: medicalexpress.com

Menurut artikel yang diterbitkan oleh Journal of Pain and Symptoms Management, penyebab nyeri phantom sendiri belum diketahui pasti. Tetapi, sensasi ini diduga berasal dari sumsum tulang belakang dan otak.

Hasil pemindaian magnetic resonance imaging (MRI) atau positron emission tomography (PET) telah memperlihatkan bagian otak yang terhubung dengan saraf-saraf dari ekstremitas yang diamputasi.

Secara neurologis menunjukkan aktivitas orang ketika merasakan nyeri phantom. Para ahli mempercayai bahwa sensasi nyeri hantu itu akibat respons sinyal campuran dari otak.

Studi juga menunjukkan bahwa otak dapat memetakan kembali bagian dari sirkuit sensorik tubuh ke bagian lain dari tubuh setelah amputasi.

Artinya, informasi dirujuk ke bagian tubuh lain karena area yang diamputasi tidak bisa lagi menerima informasi sensorik.

Bagian tubuh lain ini, contohnya sensorik tangan yang dipindah ke pipi. Jadi ketika orang memegang pipinya, maka ia akan merasakan sensasi seolah-olah menyentuh tangannya yang sudah diamputasi.

Sejumlah faktor lain juga berkontribusi terhadap nyeri phantom, termasuk ujung saraf yang rusak, jaringan parut di lokasi amputasi dan memori fisik nyeri pra-amputasi di daerah yang terkena.

Baca Juga: Nyeri Bahu dan Cara Tepat Mengatasinya Menurut Ahli Ortopedi

Cara Mengobati Nyeri Phantom

Mengenal Nyeri Phantom, Nyeri pada Bagian Tubuh yang Sudah Diamputasi 02.jpg

Foto: independent.co.uk

Sebenarnya tidak ada obat khusus untuk mengobati nyeri phantom. Tetapi, dilansir dari webmd.com, obat-obatan lain untuk depresi hingga epilepsi juga meredakan gejala nyeri phantom.

Jika konsumsi obat-obatan saja tidak cukup, biasa dokter akan merekomendasikan perawatan non obat untuk meredakan nyeri phantom.

Bahkan jika obat-obatan dan terapi non obat tidak berhasil, masih ada prosedur medis lainnya yang bisa dilakukan, seperti berikut ini.

Stimulasi Sumsum Tulang Belakang

Dokter akan meletakkan elektroda kecil di dalam tubuh khususnya sepanjang sumsum tulang belakang kita dan mengirimkan arus listrik kecil. Dalam beberapa kasus, cara ini dapat membantu menghilangkan rasa sakit akibat nyeri phantom.

Stimulasi Otak

Mirip dengan stimulasi sumsum tulang belakang, ahli bedah akan menempatkan elektroda di otak kita untuk mengurangi gejala akibat nyeri phantom. Tetapi, para ilmuwan masih mempelajari efektivitas metode ini.

Baca Juga: Nyeri Pergelangan Kaki, Kenali Penyebab dan Cara Menanganinya

Operasi Revisi

Jika akar masalahnya adalah nyeri saraf, maka dokter perlu melakukan operasi di bagian tunggul untuk memperbaikinya.

Nah, Moms, itulah penjelasan tentang nyeri phantom. Ternyata, nyeri juga bisa mengenai bagian tubuh yang bahkan sudah tidak ada karena diamputasi, ya.

(SA/DIN)

Artikel Terkait