BALITA DAN ANAK
17 Juli 2019

Mengenal Pentingnya Kemampuan Persepsi Visual Anak

Penting untuk mendukung pendidikan dan aktivitas anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tahukah Moms, kalau kemampuan persepsi visual anak dan kemampuan diskriminasi visual anak itu sangat penting untuk mendukung perkembangan, aktivitas, serta kelancaran belajar buah hati?

Moms benar kalau menebak keduanya berhubungan dengan indra penglihatan, tapi lebih tepatnya berkaitan dengan cara otak anak memproses apa yang dilihat melalui matanya.

Supaya lebih jelas, coba simak dulu informasi lengkap tentang kemampuan persepsi visual anak di bawah ini ya, Moms.

Baca Juga: Tingkatkan Kemampuan Menulis Anak dengan 5 Aktivitas Ini

Kategori Kemampuan Persepsi Visual Anak

Mengenal Pentingnya Kemampuan Persepsi Visual Bagi Anak 1.jpg

Mccrystalopticians.com

Seperti dijelaskan dengan lebih spesifik dalam situs Study.com, kemampuan persepsi visual anak adalah proses kognitif penting di mana anak menyerap apa yang dilihatnya, kemudian mengolah informasi tersebut untuk mengambil kesimpulan.

Menurut terapis okupasi anak Jamie Spencer O.T, kemampuan persepsi visual anak sendiri terdiri dari beberapa kategori, yaitu:

  1. Diskriminasi Visual: Kemampuan mengenali dan membandingkan sifat suatu benda untuk menyamakan atau membedakan dengan benda lain. Misalnya membedakan huruf P dan R atau memasang kepingan puzzle yang sesuai.
  2. Visual Figure Ground: Kemampuan menemukan sesuatu dalam latar belakang yang penuh atau padat. Misalnya mengenali krayon warna biru di antara tumpukan mainan atau mengenali baju bermotif polkadot di dalam lemari yang isinya penuh.
  3. Ingatan Visual: Kemampuan mengingat sesuatu yang pernah dilihat, seperti membayangkan penjelasan guru di depan kelas saat menjawab soal ujian.
  4. Pengurutan Visual: Kemampuan membedakan urutan simbol, huruf, atau kata. Misalnya menulis kembali catatan di papan tulis tanpa keliru menempatkan kata-katanya.
  5. Visual Closure: Kemampuan mengenali objek, huruf, atau gamabr saat hanya melihat sebagian dari bentuk utuhnya.
  6. Kesadaran Visual Spasial: Kemampuan memahami posisi dan hubungan suatu objek dengan objek lain, menggunakan spasi pada huruf dan kata dengan benar, memahami peta dan grafik, memahami ruang pribadi seseorang.
  7. Koordinasi Motorik Visual: Disebut juga integrasi motorik visual, yaitu kemampuan untuk menghubungkan informasi yang dilihat mata dengan gerakan yang diakukan oleh bagian tubuh lain. Misalnya bermain tangkap dan lempar bola atau bermain jingkat.

Pentingnya Kemampuan Persepsi Visual Anak

Mengenal Pentingnya Kemampuan Persepsi Visual Bagi Anak 2.jpg

Thesensorysmartchild.com

Salah satu manfaat terpenting kemampuan persepsi visual adalah membantu anak untuk fokus dan konsentrasi menyerap informasi dan mengingat pelajaran di sekolah.

Dengan kemampuan persepsi visual yang baik, Si Kecil bisa fokus memperhatikan guru yang menjelaskan di depan kelas atau mengerjakan PR dengan serius meski ada banyak orang berlalu lalang atau ada kipas angin yang berputar.

Saat kemampuan persepsi visual anak kurang baik, Si Kecil bisa kesulitan melihat tulisan yang terpampang di papan tulis atau menulis catatan sekolah dengan rapi.

Menurut Child Development Centre Hong Kong, kemampuan persepsi visual memang penting untuk mendukung anak meraih prestasi akademis yang baik, seperti membaca, menulis, menghafal, memahami informasi gambar, dan berhitung.

Namun bukan hanya itu Moms, kemampuan persepsi visual juga berperan besar dalam keseimbangan, sistem peraba, olahraga, kelancaran aktivitas harian buah hati, mulai dari berpakaian sampai memahami arah.

Baca Juga: Asah Kemampuan Motorik Anak Dengan Cara Seru Ini!

Tanda Kemampuan Persepsi Visual Anak Kurang Baik

Mengenal Pentingnya Kemampuan Persepsi Visual Bagi Anak 3.jpg

Ilslearningcorner.com

Moms juga harus tahu, menurut situs Kid Sense Child Development, ada beberapa tanda kemampuan persepsi visual anak kurang baik:

  • Kesulitan membedakan ukuran huruf dan objek.
  • Kesulitan menghapal alfabet sesuai dengan urutan yang benar.
  • Kesulitan menggunakan konsep spasial, seperti di dalam, di atas, di sebelah, dsb.
  • Kesulitan menyelesaikan puzzle atau menghubungkan titik.
  • Kesulitan mengabaikan gangguan visual saat sedang melakukan aktivitas, seperti saat ada kipas angin yang bergerak saat sedang mengerjakan PR.
  • Kesulitan menemukan barang tertentu di meja atau lemari yang penuh barang lain.
  • Kesulitan mengingat sight words atau kata yang harus dihapalkan.

Kalau buah hati menunjukkan beberapa tanda tadi, Moms perlu mulai mengajaknya melakukan aktivitas untuk melatih kemampuan persepsi visual, seperti bermain melengkapi gambar, bermain susun bangun, bermain puzzle kata, atau bermain bingo.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak, Yuk Disimak!

Nah, apa Moms tahu apa saja aktivitas anak lain yang membutuhkan kemampuan persepsi visual yang baik?

(WA)

Artikel Terkait