KESEHATAN
14 September 2019

Mengenal Psoriasis, Penyakit yang Diderita Olivia Lazuardy

Mengakibatkan bercak-bercak merah yang kadang gatal hingga mengeluarkan darah
placeholder

Sumber: instagram.com/olivialazuardy

placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Selebgram Olivia Lazuardy ternyata menderita penyakit autoimun bernama psoriasis. Ia akhirnya bercerita mengenai penyakit yang dialaminya.

Penyakit yang sudah cukup lama diidapnya ini bahkan sampai menimbulkan iritasi di bagian punggung hingga berdarah.

Ia berani membagikan kisah psoriasisnya ini karena ternyata banyak juga di luar sana orang-orang yang menderita hal yang sama. Namun karena alasan malu atau lainnya, penderita malah memilih diam.

Dalam Instagram Story-nya, Olivia Lazuardy mengatakan bahwa penyakit psoriasis ini tidak bisa disembuhkan namun bisa dikontrol dari dalam diri kita.

Baca Juga: 6 Sayuran yang Bisa Mencegah Penyakit Autoimun, Bisa Jadi Pilihan!

"Autoimun ini nggak bisa disembuhin, nggak ada obatnya untuk menyembuhkan. Tapi sebenarnya kondisi autoimun ini bisa kita kontrol dari dalam, dari apa yang kita makan sama dari ngedetoks toksin di tubuh kita," ungkap Olivia.

Nah, untuk para Moms yang ingin mengetahui mengenai psoriasis lebih lanjut, yuk cek informasinya di bawah ini ya.

Apa Itu Psoriasis?

psoriasis, penyakit autoimun, olivia lazuardy

Foto: bodyallergies.com

Psoriasis merupakan kondisi kulit umum yang mempercepat siklus hidup sel-sel kulit. Hal ini menyebabkan sel-sel menumpuk dengan cepat di permukaan kulit.

“Psoriasis adalah kondisi di mana tubuh memproduksi sel kulit baru secara berlebihan.

Kulit menjadi tampak kemerahan, tebal dan bersisik. Psoriasis merupakan penyakit autoimun,” tutur dr. Jonathan Subekti, dokter spesialis kulit dan kelamin RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Sel-sel kulit ekstra ini gatal dan terkadang menyakitkan. Penyakit autoimun ini tidak bisa disembuhkan secara total, makanya sering datang atau kambuh lagi. Selain menyerang bagian kulit terkadang psoriasis juga bisa menyerang bagian tubuh lainnya.

Baca Juga: Selebgram Olivia Lazuardy Mengidap Penyakit Autoimun Psoriasis, Ketahui 5 Faktanya

Menurut dr. Jonathan Subekti, kelainan imun psoriasis selain menyerang kulit, bisa juga organ lain, yang paling sering adalah sendi. Sendi jadi meradang yang disebut arthritis.

Tidak ada obat untuk penyakit psoriasis, tetapi kita bisa mengatasi gejalanya dengan mengubah pola hidup kita.

Mengapa Bisa Mengidap Psoriasis?

psoriasis, penyakit autoimun, olivia lazuardy

Foto: everydayhealth.com

Dilansir dari National Psoriasis Foundation, tidak diketahui apa yang sebenarnya menyebabkan psoriasis. Kita tahu bahwa sistem kekebalan dan genetika memainkan peran utama dalam perkembangannya. Biasanya, ada sesuatu hal yang bisa memicu psoriasis melebar.

Sel-sel kulit pada orang dengan psoriasis tumbuh pada kecepatan yang tidak normal, yang menyebabkan penumpukan lesi psoriasis. Pria dan wanita mengembangkan psoriasis pada tingkat yang sama.

Psoriasis juga terjadi pada semua kelompok ras, tetapi dengan kecepatan yang bervariasi. Menurut penelitian saat ini, lebih dari 8 juta orang Amerika menderita psoriasis.

Baca Juga: 5 Dampak Terhadap Janin Apabila Ibu Hamil Menderita Penyakit Autoimun

Psoriasis umumnya menyerang diusia 15 dan 35 tahun, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi pada usia berapa pun. Beberapa bayi juga bisa mengidap psoriasis, meskipun ini jarang terjadi. Tapi jangan khawatir karena psoriasis tidak menular.

Cara Menangani Psoriasis

psoriasis, penyakit autoimun, olivia lazuardy

Foto: healthcomu.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, psoriasis tidak dapat disembuhkan namun dapat dikontrol.

“Saat ini sudah banyak pilihan terapi psoriasis seperti krim, terapi sinar, terapi laser, hingga obat minum,” kata dr. Jonathan Subekti. Jenis perawatan seperti ini biasanya digunakan untuk psoriasis ringan.

Mengobati psoriasis sedang hingga parah biasanya membutuhkan strategi perawatan khusus. Dokter mungkin akan meresepkan fototerapi (juga dikenal sebagai terapi cahaya).

Dokter mungkin juga akan meresepkan obat-obatan sistemik, termasuk obat-obatan biologis, terutama jika psoriasis secara signifikan mempengaruhi kualitas hidup kita.

Artikel Terkait