FASHION & BEAUTY
9 Agustus 2019

Muncul Kerutan di Kulit? Gunakan Retinol, Bahan Skincare untuk Anti-aging

Penggunaan retinol perlu dihindari oleh wanita hamil dan menyusui
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Intan Aprilia

Semakin bertambahnya usia, semakin tinggi keinginan untuk menjaga kondisi kulit dan wajah tetap awet muda. Tidak sedikit produk anti-aging atau anti penuaan yang Moms beli.

Jika diperhatikan, ada salah satu bahan yang terkandung dalam produk anti-aging, yang dinamakan retinol.

Bila Moms memiliki masalah kulit seperti garis-garis halus, kerutan, pori-pori besar, dan warna dan tekstur kulit tidak merata, maka Moms bisa menambahkan produk berbahan retinol dalam perawatan kulit harian.

Berikut ini penjelasan lebih lanjut terkait retinol, dan apa yang istimewa dan menjadi nilai lebih dengan bahan retinol ini.

Baca Juga: 10 Langkah Perawatan Wajah Untuk Si Kulit Berminyak

Apa Itu Retinol?

retinol-1.jpg

Mengutip dari WebMD, retinol adalah zat yang terbuat dari vitamin A, dan biasanya ditambahkan ke krim perawatan wajah.

Retinol berfungsi untuk meningkatkan jumlah kolagen yang dibuat oleh tubuh dan dapat mengurangi garis-garis halus serta kerutan pada wajah. Penggunaan retinol juga meningkatkan warna kulit serta mengurangi bercak.

Banyak dokter kulit meresepkan jenis retinol yang lebih kuat, tretinoin, untuk memperlambat penuaan kulit, memperbaiki tekstur warna yang tidak teratur, dan membersihkan jerawat.

Menggunakan produk berbasis retinol dapat membuat lapisan atas kulit menjadi kering dan bersisik.

Karenanya, waktu terbaik untuk menggunakan produk dari retinol adalah di malam hari, dan memakai pelembap dan tabir surya di keesokan paginya.

Baca Juga: Hindari Iritasi, Ini 4 Tips Memilih Produk Perawatan Kulit untuk Bayi

Kondisi Kulit yang Tidak Boleh Menggunakan Retinol

retinol-2.webp

Mengutip Glamour Magazine, Dr. Murad, ahli dermatologi dan pendiri Murad Skincare, mengatakan, "Retinol beraksi sebagai agen pengelupasan kulit/eksfoliasi, membantu produksi kolagen, dan memerangi radikal bebas."

Tetapi, Moms perlu mengetahui ada beberapa kondisi kulit yang sebaiknya menghindari dari penggunaan retinol. Sehingga, zat ini tidak untuk semua orang.

"Anda tidak boleh menggunakan retinol bila memiliki kondisi kulit seperti rosacea, eksim, atau psoriasis karena retinol dapat membuat lebih banyak peradangan, dan dapat memperburuk kondisi kulit yang sedang dialami," jelasnya.

Produk perawatan kulit yang mengandung retinol terbaik digunakan untuk usia lebih dari 30 tahun yang sudah memiliki garis-garis halus dan kerutan.

"Retinol, atau vitamin A, terbaik digunakan pada usia 30+ dengan kulit yang mengalami garis-garis halus dan kerutan, tetapi Anda dapat mulai menggunakan retinol lebih awal jika mau," jelas Daniel Isaacs, Direktur Perumusan & Pengembangan merek perawatan kulit profesional Medik8, mengutip Cosmopolitan.

Namun, perlu dicatat bahwa penggunaan retinol di usia muda mungkin tidak memiliki efek yang sama banyaknya dengan memakai produk retinol di usia 30 tahun ke atas.

"Retinol dapat meningkatkan produksi kolagen untuk mencegah garis dan kerutan nanti. Kombinasikan dengan SPF dan vitamin C yang tinggi di pagi hari, untuk memperbaiki kondisi kulit jadi lebih hebat," tambahnya lagi.

Baca Juga: 6 Mitos Soal Perawatan Kulit Wajah yang Selama Ini Dipercaya

Efek Penggunaan Retinol pada Kulit

retinol-4.jpg

Manfaat retinol termasuk dapat mempercepat siklus regenerasi sel kulit yang dapat membuat kulit jadi lebih halus. Zat ini juga dapat mengurangi hiperpigmentasi sehingga warna kulit jadi cerah dan merata.

"Retinol dapat meningkatkan produksi kolagen dan menyebabkan kulit lebih kencang, garis-garis halus dan kerutan pun juga berkurang," lanjut Daniel.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa ketika seseorang menggunakan retinol, seharusnya sudah mulai melihat perbedaan setelah penggunaan 4 minggu, tetapi perubahan kulit yang signifikan dapat memakan waktu hingga 3 bulan.

Moms tidak perlu khawatir jika memiliki jenis kulit kering, atau sensitif. Karena retinol bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

"Semua jenis kulit biasanya mendapat manfaat dari penggunaan produk retinol. Bahkan kulit yang sensitif juga bisa merasakan manfaat dari vitamin A ini," terang Daniel.

Dengan mempercepat proses pembaruan sel kulit, retinol membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Penting diingat, bahwa satu-satunya orang yang tidak boleh menggunakan retinol adalah wanita yang sedang hamil atau menyusui, atau dalam pengobatan yang tidak boleh menggunakan vitamin A secara bersamaan.

Artikel Terkait