FASHION & BEAUTY
14 April 2019

Mengenal Sandalwood Alias Kayu Cendana yang Bisa Mengatasi Rambut Rontok

Aromanya ternyata bisa membantu mengatasi rambut rontok
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Tahukah Moms jika aroma kayu cendana tak hanya buat rambut berbau sedap, tapi juga memberikan manfaat kesehatannya?

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengekspos sel-sel kulit manusia ke cendana di laboratorium menyebabkan protein keratin berlipat ganda, yang mempercepat penyembuhan luka.

Lalu Bagaimana Bisa Aroma Kayu Cendana Mengatasi Rambut Rontok?

Baca Juga : 9 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan-Bahan Alami Ini

shutterstock 557050852

Para peneliti dari Laboratorium Monasterium, Münster, Jerman, sebagaimana dikutip dari dailymail.co.uk, mengekspos jaringan kulit kepala manusia dengan bau seperti cendana buatan Sandalore.

Sandalore sering ditambahkan ke wewangian dan pelembab untuk memberikan aroma cendana, dan sebelumnya telah digunakan dalam percobaan sebelumnya yang menyelidiki efeknya pada keratin.

Menurut penelitian, beberapa hari setelah jaringan kulit kepala terpapar Sandalore, kadar keratinnya mulai meningkat.

Baca Juga : Berapa Banyak Helai Rambut Rontok yang Normal?

Hal ini diduga disebabkan oleh minyak yang menghalangi gen yang menyebabkan sel keratin ‘bunuh diri’.

Hasilnya juga menunjukkan bahwa minyak aromatik merangsang faktor pertumbuhan, dan ini termasuk vitamin atau hormon yang diperlukan sel untuk berkembang.

Mungkin kedengarannya sedikit aneh bahwa ada reseptor pendeteksi bau dalam folikel rambut kita, tapi ternyata reseptor ini sebenarnya merupakan sistem pensinyalan kimiawi purba yang berevolusi sebelum manusia mengembangkan indera penciuman.

shutterstock 723256570

Dengan temuan tersebut, kayu cendana bisa jadi solusi tepat untuk merawat kebotakan. Para peneliti menuliskan dalam sebuah laporan, bahwa “ada hubungan dekat antara pertumbuhan rambut dengan penyembuhan luka.”

Penelitian mengenai aroma kayu cendana dengan pertumbuhan rambut ini dilakukan dengan mengambil kulit kepala dari orang yang melakukan facelift.

Serpihan kulit tersebut diteliti di dalam laboratorium selama enam hari, jika dibandingkan dengan jaringan yang tidak dirawat, folikel rambut tak hanya mati lebih lambat tapi juga mencegah rambut rontok serta menghasilkan lebih banyak faktor pertumbuhan.

Rekan penulis penelitian Ralf Paus, dari University of Manchester mengungkap saat ini sedang dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai teori kayu cendana yang mendorong pertumbuhan rambut.

(MDA/CAR)

Artikel Terkait