DI ATAS 5 TAHUN
7 Desember 2017

Mengenal Temperamen Si Kecil

Anak Moms bertemperamen easy going, difficult, atau slow to warm up?
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Tahukah Moms, setiap anak mempunyai temperamen berbeda-beda? Temperamen seorang anak menggambarkan bagaimana ia merespons orang lain di situasi tertentu.

Baca juga: Ini Karakter Anak Usia 0-5 Tahun

Mengenali watak anak dapat membantu orang tua memahami perilaku si kecil. Secara garis besar, ada tiga tipe temperamen anak yang penting untuk Moms ketahui:

Easy Child

easy child

Si kecil yang termasuk dalam tipe ini biasanya memiliki mood positif, mudah beradaptasi terhadap hal-hal baru, serta cepat menemukan jadwal tidur dan makan yang teratur.

Ia juga mudah tersenyum pada orang asing, namun terkadang dapat rewel juga kalau frustrasi. Contohnya, anak berkarakter easy akan dengan mudah bergaul dengan anak lainnya di situasi yang ramai seperti pesta ulang tahun anak.

Difficult Child

difficult child

Anak tipe ini biasanya memperlihatkan mood negatif yang intens, baik melalui menangis atau tertawa keras. Ia juga merespon dengan buruk terhadap hal-hal baru atau orang yang tak dikenal.

Anak dengan temperamen difficult child dapat bereaksi terhadap rasa frustrasinya dengan tantrum (sangat resah, berteriak, dan susah ditenangkan kembali). Contohnya, saat berada di pesta ulang tahun, seorang difficult child dapat bersifat tidak kooperatif dan sulit bergaul dengan anak lainnya.

Slow-to-Warm-Up Child

shy kid

Si kecil yang memiliki temperamen ini cenderung memiliki respon awal yang negatif, sebelum berangsur-angsur suka pada hal baru setelah proses pengenalannya diulang kembali.

Contohnya, saat berada di pesta ulang tahun anak, anak bertemperamen slow-to-warm-up akan memilih untuk duduk di dekat orangtuanya dan menghindari pergaulan dengan anak lainnya.

Mengidentifikasi temperamen si kecil dan tipenya dapat membantu orang tua belajar dan menghargai anak sebagai individu. Termasuk yang manakah anak Moms?

Foto: Shutterstock

Artikel Terkait