NEWBORN
30 Juni 2019

Mengenali 5 Tanda Cinta Bayi yang Ia Tunjukkan Lewat Isyarat

Menatap juga jadi cara bayi mengungkapkan rasa cinta
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Mengenali tanda cinta bayi memang tidak semudah melihat tonggak perkembangannya, seperti tersenyum untuk pertama kalinya atau berguling.

Tetapi para ahli mengatakan bahwa mengenali rasa cinta bayi itu sangat mungkin. Menurut para ahli, berikut merupakan beberapa tanda yang mengidentifikasikan ekspresi cinta dari bayi.

1. Mengikuti Suara Moms

Mengenali 5 Tanda Cinta Bayi yang Ia Tunjukkan Lewat Isyarat 01.jpg

Pada awal usia 16 minggu dalam kandungan, bayi telah mendengarkan suara Moms, Dads, saudara kandung, atau siapa pun yang berkomunikasi dengan Moms.

Karena inilah setelah lahir bayi bisa mengenali dan berbalik ke arah suara yang paling mereka kenal atau cintai. Jadi, ini juga merupakan tanda cinta bayi, lho.

“Mereka belum bisa bicara, tetapi mereka bisa berkomunikasi melalui tatapan. Mereka bisa menggeliat dan menggerakkan kepala mereka ke arah sumber suara,” Jelas Claire Watson, seorang psikoterapi terdaftar di Toronto.

Baca Juga: 5 Tanda Moms Berada dalam Pernikahan Tanpa Cinta

2. Menatap Wajah Moms

Ketika menyusu, mata bayi umumnya akan menatap wajah ibunya dengan serius.

Ini sebenarnya cara bayi mengungkapkan tanda cinta dan berusaha untuk mengenal ibunya lebih jauh lagi, seperti mengenali seperti apa bentuk mata, hidung, dan seluruh wajah ibunya.

Bayi baru lahir bahkan mencoba meniru ekspresi wajah ibunya. Jadi, jika Moms menyadari si kecil sedang menatap wajah Moms, cobalah menjulurkan lidah. Ada kemungkinan ia juga akan melakukan hal yang sama.

Baca Juga: Tak Perlu Aplikasi, Ini Cara Mudah Menebak Wajah Calon Bayi Kelak

3. Tersenyum pada Moms

Mengenali 5 Tanda Cinta Bayi yang Ia Tunjukkan Lewat Isyarat 03.jpeg

Di usia antara 6 minggu hingga 3 bulan, bayi akan menatap Moms sambil tersenyum. Dokter menyebut senyuman semacam itu sebagai ‘senyum sosial’ dan menggambarkannya sebagai senyum yang berupa reaksi atau mencoba menimbulkan reaksi.

Dengan kata lain, bayi ingin berinteraksi dengan Moms sebagai tanda cinta bayi. Jadi, pastikan untuk membalas senyumnya.

4. Mencium Moms

Mengenali 5 Tanda Cinta Bayi yang Ia Tunjukkan Lewat Isyarat 03.jpg

Ketika berusia kira-kira satu tahun, si kecil mungkin akan mulai mencium Moms untuk menunjukkan rasa cintanya.

Ia akan melakukannya dengan belajar dari bagaimana cara Moms menciumnya selama ini. Meskipun mungkin masih terkesan asal mencium bagian tubuh atau wajah manapun yang paling dekat dengan bibirnya.

“Antusiasme semacam itu menunjukkan bahwa bayi memperhatikan cara ibunya menunjukkan kasih sayang dan ia ingin melakukan hal yang sama,” kata Richard Gallagher, Ph.D, direktur Parenting Institute di NYU Child Study Center, seperti dilansir dari Parenting.com.

Bayi adalah pembelajar yang bersemangat dalam hal menunjukkan kasih sayang secara fisik dan tidak ada yang lebih mereka sukai untuk mempraktekkannya selain Moms dan Dads.

Baca Juga: Bayi Baru Lahir Wajib Mendapat Suntik Vitamin K?

5. Mengangkat Tangan Minta Digendong

Mengenali 5 Tanda Cinta Bayi yang Ia Tunjukkan Lewat Isyarat 05.jpg

Kebanyakan bayi suka digendong atau dipegang orang tuanya sejak lahir, tetapi butuh sekitar enam bulan sampai mereka memiliki kemampuan fisik dan kognitif untuk meminta digendong.

Ini adalah ekspresi bahasa tubuh dari seberapa besarnya mereka percaya dan mencintai orang tuanya.

Wah, ternyata ada banyak cara bayi mengungkapkan rasa cinta pada Moms dan Dads. Apakah Moms menyadari si kecil sering melakukan hal-hal di atas?

(RGW)

Artikel Terkait