PARENTING ISLAMI
10 Juli 2020

8 Cara Mengenalkan Agama Islam Sejak dalam Kandungan

Membaca Alquran pada bayi dalam kandungan bisa Moms lakukan juga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Zarah Amala
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Setiap orang tua Muslim berharap memiliki anak yang saleh ataupun salihah. Untuk mewujudkannya, Moms dan Dads bisa dengan mengajarkan agama Islam kepada bayi sejak dalam kandungan.

Jangan bingung bagaimana melakukannya, karena ada beberapa cara mengenalkan agama Islam pada bayi dalam kandungan yang bisa dilakukan.

Contoh sederhananya yaitu seringlah membacakan kitab suci Alquran untuk bayi di dalam kandungan, atau memutarkan musik yang melafalkan bacaan surat di Alquran.

Menurut F. Rene Van De Carr, M.D., ternyata bayi dalam kandungan dapat memelajari kata-kata yang diucapkan oleh pendidik atau orang tua.

Baca Juga: 7 Pantangan Ibu Hamil Menurut Islam, Yuk Hindari!

Cara Mengenalkan Agama Islam Sejak dalam Kandungan

Ingin Punya Anak Saleh dan Salihah Lakukan 8 Cara Ini Sejak Hamil

Foto: Shutterstock

Selain itu, tentu saja masih ada cara lain untuk mengenalkan agama Islam kepada bayi di dalam kandungan yang bisa Moms dan Dads lakukan. Lalu, apa sajakah itu? Berikut ini adalah cara-cara yang bisa orang tua lakukan seperti dikutip dari A-Z Islam.

1. Rajin Membaca Doa

Membaca doa termasuk efek positif. Doa yang dibacakan untuk mendapatkan anak yang saleh dan berkah adalah doa Nabi Zakariya yang terkandung dalam Alquran, berbunyi:

"Ya Tuhanku, beri aku dari sisi Engkau anak yang baik (saleh). Tentunya Engkau adalah pendengar doa,” Surah Al-Imran: 38.

2. Baca Quran

Ingin Punya Anak Saleh dan Salihah Lakukan 8 Cara Ini Sejak Hamil

Foto: Shutterstock

Biasakan ibu hamil untuk sering membaca Alquran sehingga bayi dalam kandungan bisa mendengarnya. Ini merujuk pada penelitian tentang air yang dilakukan oleh Prof. Masaru Emoto, seorang profesor dari Jepang yang mempelajari air.

Dia berkata bahwa air dapat ‘mendengar’, ‘membaca’, dan ‘mengerti’. Dia juga menemukan bahwa reaksi kristal air akan ‘indah’ jika menerima reaksi positif.

Tubuh manusia mengandung 75 persen air, jadi bisa dibayangkan jika janin ada di dalam rahim ketika kita memberikan efek positif seperti membaca Alquran.

3. Ajak Bicara

Pada minggu ke-25, janin dapat mendengar dan mengenali suara orang-orang terdekatnya, begitu pula komunikasi Islam dengan janin dengan cara membelai perut ibu hamil.

4. Menjaga Asupan Nutrisi Makanan

Ingin Punya Anak Saleh dan Salihah Lakukan 8 Cara Ini Sejak Hamil

Foto: Shutterstock

Selama bayi berada dalam kandungan, cobalah mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan bayi. Pertama, konsumsilah makanan yang segar dan alami.

Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan dalam kemasan kaleng, karena makanan kaleng biasanya mengandung bahan pengawet dan bahan kimia lainnya.

Baca Juga: 9 Cara Mendampingi Ibu Hamil dalam Islam, Dads Wajib Tahu!

5. Menjaga Perilaku

Ini sangat penting dan dibutuhkan selama kehamilan karena moralitas orang tua sangat berpengaruh terhadap moral anak-anak mereka kelak. Terutama wanita hamil, mulai dari sikap, ucapan hingga perilaku harus dijaga.

6. Jelaskan Suara untuk Bayi

Ingin Punya Anak Saleh dan Salihah Lakukan 8 Cara Ini Sejak Hamil

Foto: Shutterstock

Misalnya ketika waktu azan, beritahu juga kepada bayi di dalam kandungan jika itu adalah azan dan panggilan untuk segera melaksanakan salat.

Contoh yang Moms bisa lakukan yaitu, “Nak, itu adalah azan, panggilan bagi seluruh umat Muslim untuk segera mendirikan salat. Kita salat, yu, Nak!”

7. Berada di Lingkungan yang Baik

Hindari hal-hal buruk, seperti jauhkan ibu hamil dari kondisi perkelahian di rumah dan suara musik yang terlalu kencang. Sebab, itu akan berdampak pada perkembangan mental bayi.

Sebaliknya, berikan perlakuan yang lembut dan baik hati kepada ibu hamil. Dengan begitu, emosi ibu hamil pun akan lebih positif, sehingga berpengaruh juga kepada emosi bayi yang dikandung.

8. Perbanyak Perbuatan Baik

Saat hamil, perbanyak amal baik seperti sholat di awal waktu, rutin membaca Alquran, sedekah, dan mengerjakan praktik-praktik sunah lainnya. Metode ini adalah bentuk pendidikan sehingga anak-anak juga berperilaku patuh dan terbiasa melakukan perbuatan baik.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur Menurut Islam, Moms Wajib Tahu!

Setidaknya itulah cara-cara mengenalkan agama Islam pada bayi dalam kandungan yang bisa Moms dan Dads lakukan. Semoga harapan memiliki anak saleh dan salihah bisa tercapai, ya. Aamiin.

Artikel Terkait