KESEHATAN
28 November 2019

Mengenalkan Selai Kacang pada Usia Dini, Menurut Ahli Bisa Menurunkan Alergi

Pemerintah di Australia mulai menerapkannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, kacang seolah menjadi sebuah momok bagi para Moms yang mempunyai anak yang masih kecil. Pasalnya beberapa makanan yang mengandung kacang sebagian akan membuat orang alergi.

Bagi ia yang memiliki tubuh sensitif, makanan yang mengandung kacang merupakan musuh terbesarnya. Moms sebisa mungkin akan menjauhkan Si Kecil dari makanan yang mengandung kacang. Pasalnya saat Si Kecil masih bayi, Moms belum tahu Si Kecil menderita alergi apa saja.

Untuk itu, Moms biasanya akan menjauhkan Si Kecil dari makanan yang mengandung kacang, pun dengan selai kacang.

Namun Moms, fakta mengejutkan muncul beberapa waktu ini ketika Moms sudah mengenalkan selai kacang pada usia dini.

Baca Juga: Enak Dan Bergizi, Ini Dia 4 Manfaat Selai Kacang Untuk Anak

Fakta: Selai Kacang Kurangi Risiko Alergi

mengenalkan selai kacang pada usia dini

Foto: pixabay

Rupanya mengenalkan selai kacang pada usia dini, menurut ahli justru akan menurunkan kemungkinan alergi lho Moms.

Melansir dari Babygaga, sebuah studi baru telah mengungkapkan bahwa memperkenalkan Si Kecil pada kacang pada usia dini dapat mengurangi kemungkinan mereka terkena alergi.

Baca Juga: Bolehkah Bayi 6-12 Bulan Makan Selai Kacang?

Penelitian Selai Kacang Turunkan Risiko Alergi

Penelitian baru yang dipublikasikan pada jurnal Food Standards Australia New Zealand, menunjukkan bahwa sebenarnya mungkin kesalahan besar, seperti yang dikutip dari laporan ABC .

Di Australia, para ahli telah menemukan bahwa mengekspos anak-anak terhadap kacang pada usia muda sebenarnya mengurangi kemungkinan mereka mengembangkan alergi terhadap mereka.

Australia memiliki salah satu tingkat alergi makanan tertinggi di dunia dengan 10% dari semua bayi yang lahir di negara tersebut memilikinya. Dengan angka yang terus meningkat, sesuatu harus dilakukan, salah satunya adalah mengenalkan selai kacang pada usia dini.

Baca Juga: Resep Homemade Selai Kacang

Rekomendasikan Anak Mencoba Selai Kacang

mengenalkan selai kacang pada usia dini

Foto: pixabay

Daripada merekomendasikan anak-anak menghindari kacang dan makanan lain yang menyebabkan alergi, pemerintah Australia sekarang justru menyarankan agar orang tua mengenalkan selai kacang pada usia dini lho Moms. Maksud dari usia dini adalah dengan rentang usia enam hingga sebelas bulan.

Sebelum meluncurkan saran ini, sebuah studi dilakukan pada 600 anak-anak dalam rentang usia itu, yang semuanya dianggap "berisiko tinggi" ketika datang ke alergi makanan. Ditemukan bahwa risiko anak-anak yang menderita alergi kacang tanah berkurang hingga 80%.

Meskipun begitu, Moms harus tetap mengomunikasikan hal ini kepada dokter dulu ya untuk mengetahui lebih mengenai baik buruknya. Kondisi setiap anak berbeda-beda, sehingga Moms memang harus mengomunikasikannya terlebih dahulu.

TIU

Artikel Terkait