BAYI
14 Juli 2020

Pentingnya Mengetahui Tingkat pH Kulit Bayi dan Pipis sebagai Penyebab Iritasi

Usahakan kulit bayi tidak iritasi ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, merawat Si Kecil adalah pekerjaan yang perlu perhatian ekstra, hal ini dikarenakan kulit bayi sangat rapuh dan sensitif, tingkat pH kulit bayi pun masih netral bahkan cenderung asam. Hal tersebut, membuat kulit bayi masih sangat rawan terhadap ruam, eksim, dan juga iritasi kulit.

Kulit bayi masih mempunyai lapisan yang tipis dan kadar pH yang perlu dijaga untuk melawan penyebaran bakteri, kuman, dan jamur. Dengan begitu, Moms perlu memberikan perhatian ekstra pada tingkat pH kulit bayi agar tetap seimbang dan tidak menyebabkan masalah kulit.

Mengenal pH Kulit Bayi yang Perlu Moms Ketahui

pH kulit bayi

Foto: Orami Stock Photos

pH atau potential hydrogen merupakan angka yang menunjukkan tingkat keasaman pada suatu zat. Bisa ditunjukkan berupa angka mulai dari 1 sampai 14, di mana angka 7 merupakan batas netral pH. Jika pH tergolong rendah maka, zat tersebut mempunyai sifat asam, sedangkan jika pH-nya tinggi, berarti zat tersebut mempunyai sifat basa.

Menurut jurnal Advanced in Wound Care, tingkat pH kulit bayi bayi baru lahir berkisar antara 6,3 sampai 7,5 dengan permukaan kulit alkali. Sedangkan, tingkat pH kulit bayi berkisar antara 5 sampai 5,5 yang cenderung asam. Namun, sifat asam ini adalah salah satu mekanisme tubuh dalam mencegah berbagai penyakit, infeksi, dan bakteri. Maka dari itu, Moms harus memberikan perhatian ekstra untuk menjaga pH kulit bayi agar tetap bersifat asam.

Baca Juga: Selain Ruam Popok, Ini Beberapa Masalah Kulit Bayi dan Cara Mengatasinya

Menjaga Tingkat pH Kulit Bayi, Apa yang Perlu Diperhatikan?

pH kulit bayi

Foto: Orami Stock Photos

Hal yang bisa Moms lakukan untuk menjaga tingkat pH kulit bayi adalah dengan mencegah kulit bayi terkena cairan yang sifatnya basa atau cairan dengan pH tinggi, salah satunya adalah pipis bayi itu sendiri. American Association for Clinical Chemistry menjelaskan bahwa nilai rata-rata pH pada urine adalah 6, namun juga bisa berkisar antara 4,5 yang bersifat asam sampai 8,0 yang bersifat basa.

Untuk mengatasinya, salah satu caranya adalah dengan menggunakan popok yang dilengkapi pH control layer. GOO.N Massara Sara Premium Pants sudah dilengkapi pH control layer dengan formula khusus pada lapisan atas (topsheet), sehingga dapat menyeimbangkan pH untuk mengurangi ruam dan iritasi pada kulit bayi yang masih sensitif.

Baca Juga: Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Ruam pada Kulit Bayi

Mencegah Terjadinya Ruam dan Iritasi dengan GOO.N Masara Sara Premium Pants

goo.n masara sara

Foto: doc/goo.n

Popok GOO.N Masara Sara Premium Pants hadir sebagai product renewal dari popok GOO.N Premium Pants, dengan packaging baru yang dibuat dengan desain menarik dan cocok digunakan untuk bayi usia di atas 3 bulan yang kondisi kulitnya masih sensitif namun sudah mulai aktif bergerak.

Popok GOO.N Masara Sara Premium Pants berbentuk celana, sehingga mudah sekali dipakaikan pada bayi dan tentunya nyaman saat digunakan, berkat karet pinggang elastis (Comfy Wear & Move) yang akan mengikuti gerakan aktif bayi. Teknologi Gentle Soft (3D Dot Emboss) pun hadir sebagai lapisan yang sangat lembut dan dapat mencegah iritasi pada kulit bayi.

Lapisan berpori (Breathability) pada popok GOO.N Masara Sara Premium Pants terdapat pada seluruh lapisan permukaan popok, sehingga membuat sirkulasi udara dalam popok tetap terjaga dengan baik dan kulit bayi pun tetap kering sepanjang hari.

Baca Juga: Bayi Alami Iritasi Kulit Akibat Popok? Intip Cara Mengatasinya!

Daya Serap Tinggi GOO.N Masara Sara Premium Pants

Popok GOO.N Masara Sara Premium Pants mampu menyerap cairan pipis hingga 6 cups yang dapat bertahan selama 12 jam. Moms pun tidak perlu cemas akan kebocoran pipis, karena popok GOO.N Masara Sara Premium Pants dilengkapi dengan inti penyerap pusat (High Speed Lock) yang efektif mengunci cairan pipis sehingga popok akan tetap kering sepanjang hari.

Selain itu, saat akan mengganti popok GOO.N Masara Sara Premium Pants, Moms tidak perlu kerepotan karenanya, popok ini dilengkapi dengan Roll & Throw yang berguna memudahkan Moms dalam menggulung dan membuang popok setelah digunakan.

Moms bisa mendapatkan popok GOO.N Masara Sara Premium Pants yang launching secara eksklusif di Orami.co.id mulai tanggal 22 April 2020. Yuk buruan beli, Moms!

IG Live GOO.N Masara Sara Premium Pants di Instagram @oramiparenting

Oh iya Moms, buat Moms yang mau tau lebih banyak tentang GOO.N Masara Sara Premium Pants, yuk saksikan IG Live Orami X GOO.N, tanggal 28 April 2020, pukul 10:00 - 10:45 WIB, hanya di Instagram @oramiparenting.

Kita akan berbincang santai dengan dokter untuk membicarakan masalah seputar iritasi dan ruam pada kulit bayi, yang tentunya Moms bisa tanya-tanya juga saat live berlangsung ya.

Selain itu, akan ada review kehebatan popok GOO.N Masara Sara Premium Pants yang akan dijelaskan oleh host secara detail. Nggak lupa nih Moms, akan ada 3 hampers menarik dari GOO.N lho buat para penanya terbaik! Jangan lupa nonton ya, Moms!

(ADV)

Artikel Terkait