KESEHATAN
12 September 2020

Mengetahui Tips Memilih Sunscreen untuk Jerawat yang Tepat

Pemilik kulit acne prone sebaiknya memilih jenis sunscreen yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Setiap harinya, kulit akan terpapar dengan UVA dan UVB dari paparan matahari. Ya, meskipun Moms hanya seharian berada di rumah tetap harus melindungi kulit dari sinar matahari.

Sebagian besar jendela mampu menyaring UVB, sehingga tidak mudah terbakar matahari saat di dekat jendela. Namun, sinar UVA dapat menembus melalui jendela.

“Sinar UVA menyebabkan penurunan kolagen yang akhirnya dapat mempercepat penuaan kulit. Sinar UVA juga membuat risiko terkena kanker kulit,” ungkap Dr. Dendy Engelman, dokter kulit bersertifikasi dari New York.

Untuk itu, American Academy of Dermatology (AAD) menyarankan semua orang, tidak terbatas pada usia, untuk selalu menggunakan sunscreen setiap harinya.

Sunscreen terbaik yaitu memiliki SPF 30 atau lebih tinggi, proteksi broad spectrum, dan tahan air (water resistance). Tetapi, Moms juga perlu mencari tahu seperti apa sunscreen untuk jerawat yang tepat.

Lantas, seperti apa jenis sunscreen yang tepat untuk pemilik kulit acne prone? Ini penjelasan selengkapnya.

Baca Juga: Bolehkah Menyemprotkan Sunscreen Spray ke Wajah? Ini Penjelasannya

Pentingnya Menggunakan Sunscreen untuk Jerawat

Jenis Sunscreen yang Tepat untuk Kulit Acne Prone-1.jpg

Foto: healthline.com

Jenis kulit mana pun bisa mengalami jerawat. Namun, hal yang membedakan pemilik kulit acne prone dengan lainnya adalah memiliki kelenjar sebaceous lebih tinggi. Hal ini bisa dipengaruhi karena faktor genetik.

Jurnal Institute for Quality and Efficiency in Health Care mengungkapkan, faktor terbesar seseorang memiliki kulit acne prone karena hormon yang bisa membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak.

Tentunya, salah satu perawatan yang penting untuk kulit acne prone dengan menggunakan sunscreen untuk jerawat.

Sunscreen penting karena banyak obat jerawat yang membuat kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Sunscreen memberikan efek mattifying dan melindungi kulit tanpa memperburuk jerawat,” ujar Dr. Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di Mount Sinai Hospital.

Baca Juga: Memilih Sunscreen Terbaik bagi Anak dan Balita

Memilih Sunscreen untuk Jerawat

Sebaiknya Moms memilih jenis sunscreen untuk jerawat yang tepat, berikut ini tips yang bisa Moms pertimbangkan:

1. Memilih Jenis Chemical Sunscreen

Jenis Sunscreen yang Tepat untuk Kulit Acne Prone-2.jpg

Foto: nytimes.com

AAD menyebutkan, ada dua jenis sunscreen, yaitu chemical dan physical sunscreen. Keduanya sama-sama mampu melindungi kulit dari sinar UV, namun hal yang membedakan adalah teksturnya.

Chemical sunscreen lebih mudah digosokkan ke kulit dan tidak meninggalkan residu putih. Sedangkan, tekstur physical sunscreen cenderung lebih kental dan tebal, karena kandungan utamanya adalah zinc oxide dan/atau titanium dioxide.

Apabila Moms memiliki kulit yang berminyak dan mudah berjerawat, sebaiknya pilih chemical sunscreen karena lebih ringan, tidak terasa lengket, dan mudah menyerap ke dalam kulit.

Chemical sunscreen juga lebih cocok untuk pemakaian sehari-hari sebagai sunscreen untuk jerawat.

Baca Juga: Perlukah Memakai Sunscreen dalam Ruangan?

2. Formula Bebas Minyak

Jenis Sunscreen yang Tepat untuk Kulit Acne Prone-3.jpg

Foto: verywellhealth.com

Selalu periksa label sunscreen sebelum Moms membelinya, ya. Jika Moms memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat, pilih sunscreen yang non-comedogenic dan bebas minyak.

Biasanya, jenis sunscreen untuk jerawat ini memiliki tekstur gel sehingga lebih mudah menyerap dan tidak menyumbat pori-pori di wajah. Nyatanya, pori-pori wajah yang kotor dan tersumbat bisa mengakibatkan jerawat.

3. Beberapa Kandungan yang Perlu Dihindari

Jenis Sunscreen yang Tepat untuk Kulit Acne Prone-3.jpeg

Foto: sheknows.com

Dr. Patricia Wexler, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Wexler Dermatology di New York mengungkapkan hal penting terkait dengan kandungan sunscreen.

Ia menyarankan pemilik kulit acne prone untuk menghindari kandungan berikut ini pada sunscreen: vitamin E, kelapa, cocoa butter, soybean oil, dan lanolin. Nah, sebaiknya Moms lebih memerhatikan kandungan sunscreen yang akan dipakai.

Itulah beberapa tips untuk memilih sunscreen untuk jerawat yang tepat untuk kulit acne prone. Ingat, selalu gunakan sunscreen paling tidak 15 menit sebelum beraktivitas, ya, Moms!

Artikel Terkait