KEHAMILAN
15 Agustus 2020

Menggunakan Alat Pijat Listrik Saat Hamil, Apakah Aman?

Pegal merupakan keluhan umum yang sering terjadi pada ibu hamil, namun amankah menggunakan alat pijat listrik saat hamil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Seiring membesarnya kehamilan banyak keluhan yang Moms rasakan, terutama hampir seluruh badan kita pegal karena menopang perut yang semakin membesar.

Sulit diungkapkan ya Moms, karena seringkali pegalnya tidak hilang jika hanya dipijat dengan pijatan biasa. Sebelum hamil seringkali kita menggunakan alat pijat elektrik karena lebih praktis kita gunakan sendiri.

Namun, amankah menggunakan alat pijat listrik saat hamil.

Menggunakan Alat Pijat Listrik Saat Hamil

menggunakan alat pijat listrik saat hamil.jpg

Foto: https://meredithcorp.io/

Ada berbagai jenis alat pijat elektrik yang biasa digunakan mulai dari electric neck massanger hingga massage chairs, dan vibrating massager.

Moms dapat menggunakan pijat leher listrik (electric neck massager saat hamil dan mereka aman digunakan selama Moms mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu.

Pijat jaringan dalam sangat bagus untuk leher dan bahu tetapi tidak untuk punggung bawah dan jelas bukan untuk perut. Pijatan lembut namun efektif akan bermanfaat bagi siapa pun, tetapi terutama jika kita mengalami rasa pegal yang hebat.

Aman untuk memijat leher saat hamil dan sering kali merupakan cara yang luar biasa untuk bersantai. Apalagi jika Moms masih harus bekerja berjam-jam. Namun, jika Moms bisa mendapatkan pijatan langsung, misalnya dengan bantuan Dads maka akan lebih bagus dan tentunya alami.

Dilansir dari laman whichmassagechair, jelas dari penelitian bahwa memijat saat hamil aman dan dapat mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan rasa kesejahteraan secara keseluruhan.

Ini bagus untuk ibu dan bayi, jika Moms santai dan bebas stres. Ketegangan di bahu dan leher meningkat sepanjang hari sehingga pijatan sebelum tidur sangat bagus.

Ini jelas hebat kapan saja tetapi terutama ketika Moms sedang hamil dan merasa sedikit kewalahan.

Baca Juga: Pijat Sungsang, Amankah?

menggunakan alat pijat listrik saat hamil 2.jpg

Foto: https://parenting.firstcry.com/

Bersantai di kursi pijat atau massage chairs di tengah membesarnya kehamilan dapat memberi Moms sedikit bantuan. Kursi pijat adalah anugerah karena membantu mengatasi rasa sakit kehamilan dan meningkatkan aliran darah. Namun penggunaan kursi pijat selama kehamilan sering diperdebatkan.

Menurut First Cry Parenting, dipercayai bahwa kursi pijat dan kehamilan tidak berjalan beriringan. Recliners pijat memiliki bantal pemanas yang dapat meningkatkan suhu tubuh.

Jika titik-titik tekanan ditekan saat menggunakannya, seorang wanita hamil dapat mengalami persalinan prematur. Ada pendapat yang bertentangan tentang penggunaan kursi pijat, maka berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini.

Kursi pijat menjadi semakin populer di kalangan wanita hamil, karena pijatan yang sempurna dapat terasa seperti surga selama kehamilan. Tetapi ada komplikasi tertentu yang terkait dengan penggunaan kursi pijat selama kehamilan:

1. Fitur Pemanasan Pad

Sebagian besar kursi pijat memiliki bantalan pemanas yang dapat berakibat parah pada bayi. Peningkatan suhu tubuh dapat meningkatkan denyut jantung bayi yang menyebabkan masalah kardiovaskular.

2. Menekankan Poin Tekanan

Jika wanita hamil secara teratur menggunakan kursi pijat, itu dapat menyebabkan komplikasi parah. Menekankan titik-titik tekanan juga dapat menyebabkan persalinan prematur pada beberapa wanita.

Namun, sensasi yang menenangkan dan memanjakan yang kitadapatkan saat menggunakan kursi pijat ajaib, tak heran jika saat ini banyak yang beralih untuk bersantai di kursi pijat dibandingkan mendapatkan pijatan alami. Akhir-akhir ini, kursi pijat lebih disukai oleh wanita hamil untuk manfaat berikut yang mereka tawarkan:

  • Menggunakan kursi pijat selama kehamilan memberikan bantuan dari sakit kaki dan punggung yang terjadi karena rahim yang tumbuh membutuhkan banyak ruang dan memberikan tekanan pada tubuh. Kursi pijat dapat membantu mengalirkan darah di bagian atas tubuh dan dengan demikian mengurangi rasa sakit.
  • Ini meringankan sakit kaki dan punggung karena rahim yang tumbuh membutuhkan banyak ruang dan memberikan tekanan pada tubuh.
  • Node dan roller menyediakan pijatan pada titik-titik tertentu. Node dan roller dapat disesuaikan dan area tubuh tertentu dapat ditargetkan tergantung pada kebutuhan.
  • Getaran tidak memberikan sentakan pada bayi, karena itu aman.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menggunakan Alat Pijat Listrik Saat Hamil

menggunakan alat pijat listrik saat hamil 4.jpg

Foto: https://thewirecutter.com/

  • Jangan menggunakannya selama trimester pertama ketika tubuh terus berubah dan kemungkinan keguguran sangat tinggi.
  • Selama trimester ketiga, hindari pijatan yang terlalu ekstrem
  • Batasi waktu yang dihabiskan kurang lebih 15 - 20 menit
  • Jika ada masalah kesehatan, seperti pembengkakan, sakit kepala parah, riwayat persalinan prematur, Moms harus menghindari menggunakan alat pijat listrik saat hamil.

Baca Juga: 4 Essential Oil untuk Pijat Hamil yang Aman dan Menenangkan

Alternatif Pijat Saat Hamil

menggunakan alat pijat listrik saat hamil 3.jpg

Foto: https://www.usnews.com/

  • Terapi pijat tradisional atau alami selalu yang paling aman. Itu tidak memiliki jenis risiko yang terlibat dalam kursi pijat selama kehamilan.
  • Yoga sebagai metode menjaga kebugaran sangat baik. 'Asana' yang berbeda melayani bagian tubuh yang berbeda dan menyembuhkannya secara efektif yang bahkan dapat dilakukan oleh wanita hamil.
  • Sesi akupunktur juga bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap bugar. Titik-titik tekanan, jika ditekan dengan benar dapat membantu menghilangkan rasa sakit yang dapat diambil oleh wanita hamil.
  • Kaset atau DVD latihan berikut juga merupakan cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap bugar dan gesit. Latihan sederhana dan mudah dapat membantu ibu hamil agar selalu fit.
  • Peralatan rumah sederhana juga dapat membantu dengan latihan ringan untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Wanita hamil dapat dengan aman melakukan beberapa latihan untuk menjaga tubuh dalam keadaan baik.
  • Chiropractor menggunakan teknik yang berbeda untuk bekerja pada struktur muskuloskeletal tubuh dan memungkinkan tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri tanpa operasi apa pun.
  • Kursi pijat atau alat pijat listrik lainnya berguna sebagai pilihan yang efektif dan sehat untuk menghilangkan rasa sakit. Meskipun ada banyak manfaat menggunakannya, risikonya terlalu berat untuk diabaikan. Moms harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan persetujuan dalam menggunakan alat pijat listrik ini.

Baca Juga: Tak Perlu Takut, Pijat Kehamilan Ternyata Banyak Manfaatnya

Nah, jika Moms pegal apakah terlintas untuk menggunakan alat pijat listrik saat hamil atau lebih tertarik dengan alternatif pijat tradisional? Apapun pilihan Moms konsultasikan dahulu dengan dokter merupakan langkah yang tepat.

Artikel Terkait