TRIMESTER 2
8 Agustus 2020

Amankah Ibu Hamil Menggunakan Bantal Pemanas?

Hilangkan keluhan serta nyeri di punggung bisa dengan menggunakan bantal pemanas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Intan Aprilia

Sakit dan nyeri biasanya mengiringi sejalan dengan usia kehamilan. Menurut American Pregnancy Association, hampir setiap Moms akan mengalami beberapa ketidaknyamanan seperti sakit punggung saat hamil.

Adapun Moms mungkin mengalami sakit punggung dan panggul saat hamil karena alasan berikut ini:

  • Meningkatnya kadar hormon: Tubuh Moms bersiap untuk melahirkan dengan pelepasan hormon yang membantu ligamen melunak dan persendian kendur. Akibatnya, punggung Moms mungkin tidak didukung dengan baik. Itu bisa menjadi tidak nyaman atau bisa menyakitkan.
  • Menggeser pusat gravitasi: Saat rahim mengembang untuk mengakomodasi Si Kecil yang sedang tumbuh, pusat gravitasi Moms berubah. Posturpun mungkin mengikuti.
  • Berat badan saat hamil meningkat: Karena angka-angka pada skala mencentang ke atas, punggung Moms memiliki bobot lebih untuk menopang.

Baca Juga: Mengenal Lightning Crotch, Fenomena Nyeri Selangkangan saat Hamil

Lalu, ketika semua tengah terasa sakit juga nyeri. Bantal pemanas tentu akan memberikan kelegaan. Tetapi, bagaimana jika Moms hamil?

Karena, Moms disarankan untuk menghindari kontak terlalu lama ke kolam air panas maupun sauna selama kehamilan. Peningkatan suhu tubuh inti dapat meningkatkan risiko cacat lahir serta keguguran.

Amankah Menggunakan Bantal Pemanas Saat Hamil?

Dokter kandungan dan bidan secara rutin akan memberitahukan agar Moms berhati-hati menggunakan kolam air panas saat hamil.

Sehingga, dapat dimengerti bila Moms ingin mencari alternatif lain seperti bantal pemanas.

Khususnya pada trimester ketiga ketika ligamen bergeser dan berat uterus meningkat, banyak Moms mengalami sakit punggung dan perut. Lalu, amankah menggunakan bantal pemanas saat hamil?

1. Dapat Meringankan Rasa Sakit

Amankah menggunakan bantal pemanas saat hamil

Moms aman menggunakan bantal pemanas saat hamil guna meringankan rasa sakit.

Bahkan, bantal pemanas dianggap lebih baik daripada obat penghilang rasa sakit.

Menurut studi dari University of New Mexico Hospital, bantal pemanas pun dapat meringankan rasa sakit serta ketidaknyamanan, dan kram otot.

2. Meningkatkan Aliran Darah

Amankah menggunakan bantal pemanas saat hamil

Panas dari bantal pemanas bisa menembus ke dalam jaringan otot dan membuka pembuluh darah.

Sehingga, mampu meningkatkan aliran darah serta membawa oksigen segar dan pasokan nutrisi ke otot, dan mengurangi rasa sakit maupun nyeri sendi.

Meskipun tidak besar, penelitian terbaru telah secara langsung menguji keamanan bantal pemanas selama kehamilan, mereka tidak mungkin meningkatkan suhu tubuh inti .

Baca Juga:4 Jenis Bantal Hamil, Yuk Simak Kelebihan dan Kekurangannya!

Sebuah studi 2013 keluaran American Journal of Obstetrics & Gynecology, menyimpulkan bahwa menggabungkan beberapa perawatan sekaligus, seperti latihan aerobik, bantalan pemanas, dan perawatan chiropractic, efektif untuk menghilangkan rasa sakit.

Studi ini tidak mencatat hasil buruk yang terkait dengan bantal pemanas.

Sementara itu, berikut ini cara meminimalisir potensi risiko pemakaian bantal pemanas:

  • Batasi penggunaan bantalan pemanas pada trimester pertama karena ini mungkin waktu paling berisiko untuk menaikkan suhu tubuh.
  • Jika menggunakan bantal pemanas membuat orang merasa terlalu panas, kepanasan, atau menyebabkan keringat, berhentilah menggunakannya.
  • Pakai bantal pemanas selama 10 menit atau kurang.
  • Jika perilaku bayi berubah, seperti gerakan naik atau turun, hentikan penggunaan bantal pemanas.
  • Hindari menggunakan banyak sumber panas. Misalnya, jangan menggunakan pengering rambut dan bantal pemanas pada saat yang bersamaan karena lebih sulit untuk mengendalikan panas dan membuat tubuh lebih sulit untuk dingin.
  • Hindari menggunakan hot tub, sauna, atau shower air panas untuk menghilangkan rasa sakit.
  • Siapa pun yang mengalami pendarahan atau bocornya cairan ketuban tidak boleh menggunakan bantal pemanas kecuali mereka mendapat izin dari dokter kandungan.

Tidak apa-apa menggunakan bantal pemanas untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri terkait kehamilan di punggung, pinggul, dan persendian. Namun hindari menggunakannya selama lebih dari 20 menit.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil

Hindari menggunakan bantal pemanas di perut Moms. Meskipun normal untuk mengalami beberapa ketidaknyamanan perut, waspadai tanda-tanda peringatan masalah.

Selalu hubungi dokter jika Moms memiliki pertanyaan atau masalah tentang menggunakan bantal pemanas saat hamil.

Artikel Terkait