KEHAMILAN
16 Maret 2020

Menggunakan Body Scrub saat Hamil, Amankah?

Lebih aman menggunakan body scrub buatan sendiri dari bahan alami
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kehamilan selalu menjadi satu paket dengan sejumlah perubahan tubuh, bukan hanya eksternal tetapi juga internal. Sesi perawatan tubuh seperti body scrub pun dapat membuat Moms lebih percaya diri dalam menghadapi perubahan tubuh selama kehamilan.

Lewat perawatan body scrub, lapisan sel-sel mati menutupi kulit seluruh tubuh bisa menghilang dan meningkatkan regenerasi kulit, sehingga memberi Moms kulit yang halus serta bercahaya.

"Kehamilan sebenarnya adalah waktu yang ideal untuk merencanakan hari spa termasuk body scrub. Bisa dibilang ketenangan sebelum badai seperti begadang, ganti popok dan jadwal makan mengambil alih waktu bangun Anda," kata Samika Traboulay, seorang Sarasota dan American Hotel and Lodging Supervisor spa bersertifikat ISPA.

Baca Juga:Bolehkah Menggunakan Body Lotion pada Wajah?

Menggunakan Body Scrub saat Hamil

3 bodyscrub

Foto: Orami Photo Stock

Menggunakan body scrub saat hamil tentu akan menyenangkan dilakukan karena Moms tengah merasakan kelelahan dan punggung pegal yang tidak pernah Moms bayangkan. Tapi, amankah menggunakan body scrub selama kehamilan?

Moms, body scrub aman untuk dilakukan selama kehamilan. Moms pun dapat menggunakan body scrub berbasis garam atau gula selama masa kehamilan tanpa risiko apapun baik kepada Moms maupun Si Kecil dalam kandungan.

Kulit tidak akan menyerap garam dan gula secara mendalam, sehingga cukup aman menggunakannya. Kecuali bila Moms memiliki kulit yang sensitif maka hindari body scrub berbasis garam karena cenderung merusak pembuluh darah yang lebih kecil.

Membantu Merangsang Sirkulasi Darah

Merangsang sirkulasi darah ke janin

Foto: Orami Photo Stock

Menggunakan body scrub saat hamil merupakan cara yang bagus untuk merangsang sirkulasi darah ke seluruh tubuh Moms. Dilansir dari The Bump, ketika sirkulasi meningkat dengan body scrub, darah pun memompa melalui seluruh tubuh, membawa serta oksigen dan nutrisi penting untuk mendukung kesehatan Moms serta Si Kecil dalam kandungan.

Baca Juga:6 Tips Memilih Body Scrub Untuk Kecantikan Kulit

Tips Menggunakan Body Scrub saat Hamil

body scrub

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun hampir sepenuhnya aman untuk menggunakan body scrub saat hamil, ada beberapa hal penting yang harus Moms ingat.

  • Menurut penelitian yang diterbitkan International Journal of Environment Research and Public Health, produk kosmetik, termasuk body scrub, mungkin mengandung berbagai zat kimia yang mungkin berpotensi mengganggu karsinogen dan endokrin. Jika body scrub mengandung bahan kimia berbahaya, kulit Anda dapat menyerapnya dan menyebabkan komplikasi janin. Periksa labelnya sebelum membeli scrub dari supermarket.
  • Pilih yang alami dan organik untuk memanjakan kulit! Moms juga dapat mencoba scrub buatan sendiri yang tidak akan membahayakan janin dan membuat kulit bercahaya juga.
  • Pijat secara lembut karena body scrub mengandung butiran-butiran dan menggosoknya terlalu keras pada kulit bisa meninggalkan luka.
  • Hindari menggunakan body scrub yang memiliki minyak esensial yang merangsang aliran menstruasi. Hindari body scrub yang mengandung angelica, chamomile, kayu manis, jahe, melati, peppermint, rosemary dan rose
  • Hindari menggunakan body scrub yang mengandung minyak esensial yang cenderung mengiritasi atau membuat kulit sensitif atau beracun. Moms dapat menghindari scrub yang mengandung almond, basil, lada hitam, kapur barus, cengkeh, adas, lemon, serai, pinus, dan wintergreen. Mungkin ide yang bagus untuk meminta saran dokter kandungan untuk hal ini.

Perubahan hormon kehamilan pun memengaruhi kulit tubuh. Sehingga, perawatan dengan body scrub pun menjadi salah saltu alternatif yang dilakukan oleh ibu hamil.

Akan tetapi, tak ada salahnya Moms untuk memberitahu perawatan tersebut kepada dokter kandungan untuk meminta saran terbaiknya.

Artikel Terkait