KEHAMILAN
8 Mei 2020

Apakah Perlu Menggunakan Korset Setelah Melahirkan?

Pasca melahirkan kondisi perut kita memang belum bisa kembali ke bentuk semula.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Dina Vionetta

Simak penggunaan korset setelah melahirkan di sini. Setelah melahirkan Moms pasti akan memikirkan bagaimana cara untuk menjaga perut agar kembali ramping atau tak bergelambir.

Dilansir dari DailyMail.co.uk, seorang ahli fisioterapi dari APPI Clinic di Hampstead, London Utara bernama Nicky Croft menjelaskan bahwa setelah melahirkan, uterus masih membesar dan juga dengan beberapa sisi di dalam abdominal yang melebar karena menjadi tempat bernaungnya janin sebelum dilahirkan.

Untuk bisa kembali ke ukuran semula membutuhkan waktu. Namun, saat ini wanita menginginkan cara yang instan untuk kembali langsing seperti memakai korset setelah melahirkan.

Perlukah sebenarnya penggunaan korset setelah melahirkan?

Manfaat Korset

Moms, Apakah Perlu Penggunaan Korset Pasca Melahirkan.jpg

Foto: babycastanonboard.com

Menggunakan korset setelah melahirkan sebaiknya dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter.

Moms perlu mengetahui apa saja manfaat dari penggunaan korset setelah melahirkan.

Pembahasan membentuk tubuh agar kembali ke bentuk semula diterbitkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Gynecology and Obstetrics.

Bagi yang melahirkan dengan proses caesar, korset ini direkomendasikan apabila mengalami sakit parah seperti masalah punggung yang memburuk selama kehamilan agar mengurangi rasa nyeri.

Menggunakan korset setelah melahirkan dapat menjaga lingkar pinggang seperti semula dan tidak perlu banyak waktu tambahan untuk berolahraga.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Kembali Langsing Usai Melahirkan

Kerugian Korset

Moms, Apakah Perlu Penggunaan Korset Pasca Melahirkan 2.jpg

Foto: cafemomstatic.com

Penggunaan korset setelah melahirkan tidak melulu memberikan manfaat, namun juga memunculkan efek samping. Korset yang dipakai bisa saja bersifat ketat, kaku, dan tidak nyaman untuk dipakai.

Penggunaan korset yang seperti ini akan mengganggu sirkulasi darah, sesak napas, dan dapat menyebabkan susah buang air besar.

Kemudian juga akan mengakibatkan kandung kemih menjadi turun dan akan sering buang air kecil.

Menggunakan korset setelah melahirkan dapat menurunkan aliran darah di perut yang berdampak memperlebar jahitan atau justru menyebabkan radang.

Akibat lainnya akan muncul seperti penyakit saluran cerna, penyakit ginjal, dan sakit perut.

Baca Juga: 4 Jenis Jamu Alami untuk Dikonsumsi Setelah Melahirkan, Bikin Langsing dan Bugar

Waktu Penggunaan dan Jenis Korset

Moms, Apakah Perlu Penggunaan Korset Pasca Melahirkan 3.jpg

Foto: babycentre.co.uk

Moms dapat memakai korset apabila dokter telah merekomendasikan untuk memakainya. Dokter akan merekomendasikan jenis korset dan menjelaskan bagaimana pemakaian yang tepat.

Biasanya waktu rata-rata pemakaian korset ini sekitar 4-6 minggu. Biasanya dokter akan merekomendasikan korset jenis gaya universal, pull-up, korset seperti celana pendek, dan bandage skirt.

Korset dengan gaya universal ini memungkinkan Moms memakainya selama atau setelah kehamilan. Saat proses kehamilan, Moms memakai sisi sempit, dan kebalikannya saat setelah kehamilan.

Menggunakan korset setelah melahirkan dengan gaya pull-up ini seperti korset prenatal dengan bagian pinggang lebih tinggi. Biasanya korset dengan jenis ini akan terbuat dari bahan tebal dan nyaman digunakan.

Baca Juga: Minum Jamu Pelangsing Badan, Apakah Aman?

Kemudian untuk korset dengan desain seperti celana pendek ini memiliki bagian pinggang tinggi dan dapat menutupi paha hingga lutut.

Korset ini akan membantu juga membentuk pantat dan paha.

Sementara korset dengan model bandage skirt memiliki desain seperti sabuk lebar dengan pengencang yang akan dipasang pada bagian atas celana dalam dan akan membungkus pinggul dan pinggang.

Seperti yang sudah disebutkan, konsultasi dengan dokter akan menjadi hal penting sebelum penggunaan korset setelah melahirkan dilakukan.

Jadi, Moms jangan khawatir lagi soal penggunaan korset setelah melahirkan ini, ya.

Baca Juga: Shandy Aulia Tetap Langsing Setelah Melahirkan, Ini 5 Triknya!

Artikel Terkait