TRIMESTER 3
12 Juni 2019

Agar Tetap Sehat, Hadapi Kecemasan Pada Ibu Hamil dengan 4 Cara Ini

Terdapat banyak kecemasan pada ibu hamil
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Ada banyak hal yang terjadi selama kehamilan, salah satunya Moms yang mungkin mengalami cemas.

Sebelum mengetahui cara menghadapi kecemasan pada ibu hamil, ada baiknya Moms mengetahui berbagai dampak jika cemas selama kehamilan.

“Ibu yang stres selama kehamilan dapat memengaruhi kesehatan mental jangka panjang bayi,” ujar Aviva Romm, M.D. Meski hal ini justru membuat Moms semakin panik, tetapi Moms harus berpikir lebih positif sepanjang kehamilan.

Meski kecemasan pada ibu hamil adalah yang normal terjadi, namun melahirkan dengan kondisi stres juga tidak akan baik. Oleh sebab itu, berikut ini beberapa cara mengatasi kecemasan pada ibu hamil!

Baca Juga: 7 Cara Membesarkan Anak yang Memiliki Gangguan Kecemasan

1. Ungkapkan Apa yang Moms Rasakan

Hadapi Kecemasan Pada Ibu Hamil dengan 4 Cara Ini

Salah satu kunci penting menghadapi kecemasan pada ibu hamil adalah bicaralah dengan orang lain. Pasangan, teman dekat, atau anggota keluarga mungkin dapat memberikan dukungan.

Membagikan pikiran dan perasaan mungkin cukup, tetapi jangan sampai orang lain membuat Moms semakin pusing karena ketakutan yang diberikan.

Moms juga dapat meminta dokter untuk merujuk ke terapis yang terlatih untuk membantu mengatasi kecemasan.

Beberapa terapis memang memiliki spesialisasi dalam membantu wanita hamil.

Baca Juga: 4 Masalah Janin Ini Terjadi Akibat Stres Pada Ibu Hamil

2. Temukan Pelampiasan Stres yang Tepat

Hadapi Kecemasan Pada Ibu Hamil dengan 4 Cara Ini

Terlibat dalam kegiatan yang membantu mengurangi stres dan kecemasan mungkin merupakan pilihan yang baik untuk Moms. Aktivitas fisik membantu tubuh melepaskan endorfin.

Ini bertindak seperti obat penghilang rasa sakit alami di otak kita. Menggerakkan tubuh adalah salah satu cara yang paling direkomendasikan untuk mengelola stres.

Kegiatan yang efektif untuk menghadapi ibu hamil yang cemas antara lain berjalan, berlari hingga yoga. Tidak suka dari ketiganya? Lakukan apa yang Moms sukai!

Apapun yang membuat tubuh Moms bergerak dapat membantu. Aktivitas aerobik selama lima menit telah terbukti memiliki manfaat positif.

Selalu berbicara dengan dokter sebelum memulai latihan rutin baru selama kehamilan.

3. Atur Pikiran

Hadapi Kecemasan Pada Ibu Hamil dengan 4 Cara Ini

Moms juga dapat mencoba aktivitas yang membantu tubuh melepaskan endorfin tanpa mengeluarkan banyak keringat, termasuk meditasi, akupunktur, pijat terapi hingga latihan pernapasan dalam.

American Institute of Stress merekomendasikan pernapasan dalam perut selama 20 hingga 30 menit per hari untuk membantu mengurangi kecemasan pada ibu hamil.

Melakukan hal ini juga akan membantu menyediakan lebih banyak oksigen ke otak Moms dan merangsang sistem saraf dalam tubuh.

Untuk mencobanya, dapatkan dalam posisi duduk yang nyaman dan tutup mata Moms. Bayangkan diri Moms tersenyum ke dalam dan melepaskan ketegangan di otot.

Kemudian bayangkan ada lubang di kaki Moms. Tarik napas dalam dan bayangkan udara bersirkulasi di tubuh. Buang napas dan ulangi.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi pada Ibu Hamil

4. Dorong Semangat Dalam Diri Kita

Hadapi Kecemasan Pada Ibu Hamil dengan 4 Cara Ini

Tak ada lain cara menghadapi kecemasan pada ibu hamil selain mendorong dan percaya pada diri sendiri. Jawab seluruh ketakutan yang ada di dalam diri Moms dan lawan. Misalnya, Moms mengalami tokophobia yang merupakan rasa takut akan melahirkan.

Jika kecemasan Moms terkait dengan persalinan itu sendiri, pertimbangkan untuk mendaftar untuk kelas kelahiran.

Belajar tentang berbagai tahapan persalinan, apa yang tubuh Moms lakukan, dan apa yang diharapkan pada setiap kesempatan dapat membantu menghilangkan proses tersebut.

Kelas-kelas ini sering menawarkan saran untuk mengatasi rasa sakit. Mereka juga akan memberi Moms kesempatan untuk mengobrol dengan ibu-ibu lain yang mungkin khawatir tentang hal-hal serupa. Apakah Moms punya cara jitu kala menghadapi kecemasan pada ibu hamil?

(GSA/INT)

Artikel Terkait