PERNIKAHAN & SEKS
20 Februari 2019

Menghadapi Perbedaan Pendapat dengan Suami Soal Sekolah Anak

Duh, bagaimana nasib sekolah Si Kecil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Dalam hubungan rumah tangga tak jarang terjadi perbedaan pendapat dengan suami. Nah, perbedaan pendapat bisa terjadi karena banyak hal salah satunya sekolah anak.

Bagaimana jika Moms dan pasangan tidak sejalan dengan pemilihan sekolah anak? Yuk coba mengatasi perbedaan pendapat soal sekolah anak!

Mengatasi Perbedaan Pendapat dengan Suami

menghadapi perbedaan pendapat dengan suami soal sekolah anak 01
Foto : arpola.org

Ada beberapa cara untuk menghadapi perbedaan pendapat dengan suami. Berikut beberapa saran dari Lisa Firestone, Ph.D., seorang clinical psychologist, sebagaimana dikutip dari psychologytoday.com.

1. Hadapi dengan Santai

Hadapi dengan santai adalah cara yang paling bisa kita lakukan ketika terjadi perbedaan pendapat.

Dalam keadaan emosi, kita cenderung melakukan hal yang justru merusak esensi dari perdebatan itu sendiri. Contohnya malah menggunakan kata kasar saat berdebat dengan suami.

Cara paling mudah untuk menenangkan diri sendiri adalah tarik napas dalam lalu hitung mundur selama 10 detik lalu hembuskan. Cara itu dapat membuat hati tenang sehingga Moms bisa berpikir jernih saat berdebat dengan pasangan.

Dengan perasaan yang menggebu – gebu Moms tidak akan bisa berpikir jernih dan pastinya hal itu tidak akan bisa menyelesaikan perdebatan dengan baik.

Baca Juga : 5 Cara Memperbaiki Hubungan dengan Suami Setelah Bertengkar

2. Bersikap Hangat pada Suami

Gunakan sikap manis Moms saat berdebat dengan suami karena pasangan akan merasa sangat dihargai.

Jika Moms merasa sudah tidak bisa mengontrol diri dalam perdebatan, Moms boleh berhenti sejenak lalu menenangkan diri dengan cara yang Moms biasa lakukan. 

3. Jauhi Rasa Balas Dendam dan Ingin Menang Sendiri

Hal kedua yang penting diperhatikan adalah jauhi balas dendam. Sering kali kita mau menjadi yang paling benar dan menguasai segala bidang dalam rumah tangga.

Akhirnya Moms pun berusaha dengan segala cara agar semua urusan rumah tangga sejalan dengan kemauan diri sendiri. Pada akhirnya, muncul rasa untuk balas dendam atau secara tidak langsung tidak ikhlas ketika melakukan sesuatu.

Sifat “harus menang” dan “harus benar” sangat buruk untuk kualitas hubungan apalagi untuk mengatasi perbedaan pendapat dengan suami.

Ingat bahwa salah satu kunci menyelesaikan masalah adalah dengan menjadi dekat dengan pasangan. Maka, Moms harus menghilangkan sifat di atas.

Sering kali menjadi dekat lebih baik daripada menjadi benar. Dengan begitu Moms tidak memosisikan diri sebagai pemenang tetapi sebagai ikatan keluarga yang utuh.

Terbuka dengan pasangan bukan hal yang buruk , karena dengan begitu Moms punya peluang lebih besar untuk mengakhiri perbedaan pendapat dengan suami khususnya soal sekolah anak dengan pemikiran yang jernih dan dengan hasil yang win win solution.

Baca Juga : Usia Berapa Sebaiknya Anak Mulai Sekolah?

Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Menentukan Sekolah Anak

menghadapi perbedaan pendapat dengan suami soal sekolah anak 02
Foto : montessoridowntown.com

Sebelum memiliki perbedaan pendapat dengan suami, ada baiknya Moms dan pasangan memahami betul cara tepat dalam memilih sekolah yang baik untuk buah hati. Untuk itu, Moms harus mengikuti setidaknya beberapa kriteria berikut ini.

Pertama, Moms harus cari tahu apa yang anak Moms ingin pelajari. Jangan sampai sekolah tersebut tidak memenuhi apa yang jadi minat dan bakat anak.

Kedua, Moms juga harus mengetahui bagaimana gaya belajar yang mau Moms terapkan ke anak. Cara yang diterapkan di sekolah harus sejalan dengan cara yang Moms dan pasangan yakini.

Jangan lupa untuk perhatikan kebutuhan sosial dan hal praktis untuk anak. Artinya jangan lupa melihat faktor lain seperti gedung sekolah, jarak dari sekolah ke rumah dan lain-lainnya.

Jangan malu bertanya tentang sekolah tujuan untuk memastikan keunggulan sekolah tersebut. Dalam hal ini Moms dan pasangan perlu aktif dalam mengumpulkan informasi sehingga tidak slaah menentukan sekolah untuk anak.

Nah, apakah Moms juga pernah mengalami perbedaan pendapat dengan suami soal sekolah anak? Apa yang waktu itu dilakukan hingga akhirnya sama-sama sepakat?

(GSA)

Artikel Terkait