KELUARGA
14 Mei 2020

4 Tips Menghadapi Suami yang Kena PHK Akibat Pandemi Corona

Penting agar tetap tenang kala krisis keuangan menyerang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Pandemi COVID-19 memberikan beberapa dampak dari faktor ekonomi. Moms tentu sudah lihat banyak informasi tentang karyawan yang di-PHK, atau buruh yang dipulangkan ke rumah.

Padahal, kehidupan masih terus berlanjut, dan Moms serta anggota keluarga butuh pemasukan agar bisa membeli kebutuhan yang diperlukan. Jika suami terkena PHK, ada beberapa tips menghadapi PHK karena virus corona.

Baca Juga: Pentingnya Mengetahui Cara Mengatur Keuangan Keluarga

Menghadapi Suami PHK Akibat Pandemi Corona

tips hadapi PHK karena virus corona-1

Foto: Orami Photo Stock

Menurunnya pemasukan karena pandemi virus corona membuat tidak sedikit perusahaan yang mengambil pilihan sulit dengan mem-PHK karyawannya.

"Ketika bisnis menghadapi kondisi penurunan atau tanpa pendapatan, mereka mungkin terpaksa membuat keputusan sulit untuk mengurangi biaya agar bertahan hidup," jelas Brian Walsh, perencana keuangan mengutip CNBC.

"Sayangnya, salah satu cara bisnis dapat mengurangi biaya adalah dengan mengistirahatkan atau merumahkan pekerja," lanjutnya.

Berikut ini beberapa tips menghadapi situasi suami yang di-PHK karena pandemi COVID-19, mengutip CNBC.

1. Bicara Serius dengan Pasangan

Karena masalah keuangan adalah hal krusial dalam rumah tangga, Moms perlu membicarakan secara serius dengan pasangan tentang kondisi ini.

"Carilah waktu untuk membicarakan keuangan Anda. Komunikasi adalah kunci bagi pasangan untuk mencapai keharmonisan keuangan," kata Marcy Keckler, wakil presiden strategi saran keuangan di Ameriprise Financial.

Pembicaraan ini harus fokus pada kebutuhan utama, berapa banyak uang yang dimiliki pada rekening tabungan dan dana darurat, atau apakah salah satu dari Moms atau suami perlu mendapatkan pekerjaan sampingan.

Baca Juga: 7 Ciri Keuangan Keluarga yang Sehat, Apakah Moms dan Dads Memilikinya?

2. Tinjau Akun Rekening Bersama

tips hadapi PHK karena virus corona-2

Foto: Orami Photo Stock

Selanjutnya, tinjau berbagai akun rekening bersama Moms dan suami sebagai tips menghadapi suami yang di-PHK karena virus corona.

"Anda harus mulai meninjau pengeluaran tetap sesegera mungkin, dan memahami apakah Anda akan memiliki kekurangan antara penghasilan dan pengeluaran jika pasangan diberhentikan," kata Kaleb Paddock, perencana keuangan bersertifikat di Ten Talents Financial Planning di Parker, Colorado.

Berikut ini hal-hal yang harus dicatat dan dikaji dalam mengelola keuangan saat pandemi kala suami tak lagi bekerja.

  • Tingkat Hutang

Periksa berapa banyak hutang Moms dan pasangan Anda, serta tulis juga jumlah minimum yang harus dibayarkan setiap bulan.

  • Arus Kas Bulanan

Selanjutnya, cari tahu berapa banyak uang masuk dan keluar setiap bulan. Tanyakan pada diri sendiri: Berapa banyak uang yang dimiliki? Dari mana asal uangnya? Jika arus kas terganggu, bagaimana dampaknya terhadap anggaran bulanan?

  • Tabungan

Tinjau berapa banyak tabungan yang dimiliki dan tentukan berapa lama tabungan tersebut akan bertahan jika perlu digunakan untuk menutupi pengeluaran kebutuhan keluarga.

Baca Juga: Kopdar Orami, Seberapa Banyak Dana Darurat yang Harus Disiapkan Keluarga?

3. Menyiapkan Dana Darurat

tips hadapi PHK karena virus corona-3

Foto: Orami Photo Stock

Mulailah membuat dana darurat segera sebagai tips menghadapi suami yang di-PHK karena pandemi COVID-19.

Jika Moms sudah memilikinya, sisihkan lebih banyak dari penghasilan jika memungkinkan.

"Sangat penting untuk memiliki dana darurat jika virus corona masih mengganggu pekerjaan atau berdampak pada kesehatan orang lebih banyak. Mulai menyisihkan uang untuk mempersiapkan situasi yang tidak terduga," kata Keckler.

4. Tetap Tenang

tips hadapi PHK karena virus corona-4

Foto: Orami Photo Stock

Terlepas dari situasi yang sulit, jangan lupa untuk tetap tenang dan mengambil napas dalam-dalam, sambil mengingatkan diri sendiri dan pasangan untuk tetap tenang selama krisis keuangan ini.

"Ketakutan adalah hal yang nyata, dan setiap orang hidup melalui masa-masa yang tak terduga. Coba bekerja sama dengan pasangan untuk saling menjaga dan jangan biarkan rasa takut memengaruhi keputusan keuangan Anda," jelas Kristin O'Keeffe Merrick, penasihat keuangan di O'Keeffe Financial Partners.

Penting untuk peka terhadap perasaan pasangan, dan coba pertahankan pola pikir yang didasarkan pada logika.

Jika Moms dan suami cemas karena kekurangan uang, susun strategi untuk mengurangi pengeluaran.

Itu dia Moms, beberapa tips menghadapi suami yang di-PHK karena pandemi COVID-19. Apapun bentuk krisis yang terjadi, ingatlah bahwa keadaannya akan kembali menjadi lebih baik.

Artikel Terkait