PERNIKAHAN & SEKS
8 Agustus 2019

Suami Terlalu Sibuk Main Game, Harus Bagaimana?

Apakah suami Moms kecanduan main game?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Dina Vionetta

Hobi adalah hal yang suka dilakukan seseorang di sela waktu luangnya. Setiap orang mempunyai hobi agar tidak merasa monoton dengan rutinitas sehari-hari.

Bermain game sering dijadikan sebagai suatu hobi yang menyenangkan. Bermain game tak hanya sering dilakukan oleh anak-anak, tapi bisa dari berbagai kalangan usia. Termasuk juga dilakukan oleh suami.

Jika suami terlalu sibuk bermain game dan mengesampingkan urusan yang lain, mungkin akan muncul rasa sebal dalam diri ya, Moms.

Terlebih lagi jika suami sampai melupakan waktu makan, tidur, dan urusan lainnya, yang tak jarang akhirnya menimbulkan konflik dalam rumah tangga.

Jangan sampai hobi menjadi pemicu konflik! Untuk itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi suami yang terlalu sibuk bermain game. Mari kita simak ulasannya!

Baca Juga: Ayah, Stop Main Gadget! Begini Cara Bangun Quality Time dengan Istri dan Si Kecil

Setiap Orang Membutuhkan Hobi

suami terlalu sibuk main game, harus bagaimana 1

Pada dasarnya, setiap orang pasti punya hobi atau hal-hal yang disukai. Ada suami yang suka bermain game, menonton bola, suka hal otomotif, atau berolahraga.

Jika suami suka bermain game, Moms pun bisa memiliki hobinya sendiri. Misalnya, membaca buku atau menonton film.

Tidak ada salahnya jika melakukan hobi-hobi tersebut selama tidak menelantarkan anak atau pun urusan rumah tangga lainnya.

Jadi, ketika suami bermain game, Moms juga bisa melakukan hobi yang disuka. Hal tersebut akan meminimalisir konflik yang terjadi.

Perlu diketahui juga, kalau setiap orang membutuhkan waktu untuk melakukan hobinya di samping kesibukan yang lain.

Selama sama-sama senang dan tidak membahayakan orang lain, tentunya bukan masalah kan, Moms?

Baca Juga: 5 Cara agar Diperhatikan Suami Ketika Dia Sibuk dengan Hobinya

Bicarakan Pada Pasangan

suami terlalu sibuk main game, harus bagaimana 3

Masalah terjadi jika suami terlalu sibuk bermain game hingga melupakan semuanya. Waktu makan, bermain dengan anak, berduaan dengan istri, bahkan untuk tidur jadi tergantikan dengan bermain game.

Kalau sudah begini, sebagai istri, Moms berhak untuk mengungkapkan langsung kepada suami.

Pada Kulwap Orami Community pada Kamis (7/2), Certified MBTI Trainer, NLP & TLT Practitioner, Nuniek Tirta mengutarakan bahwa setiap orang punya cara untuk bisa mengungkapkan perasaan atau istilahnya unek-unek kepada suami. Salah satu caranya melalui tulisan.

“Jadi kira-kira dibahas langsung bisa bakal ribut, bisa tata dulu bahasanya buat diungkapin ke dalam bentuk tulisan. Tindakan ini cocok dilakukan bagi yang punya kepribadian introvert. Melalui tulisan, kita pun jadi bisa membaca kembali apakah sudah mengatakan hal yang tepat tanpa menyakiti pasangan,” ujar Nuniek.

Baca Juga: Lakukan 5 Hobi Ini untuk Mempererat Hubungan Suami Istri

Memberikan Jadwal

suami terlalu sibuk main game, harus bagaimana 4

Di dalam kehidupan rumah tangga, segala sesuatunya harus berjalan seimbang agar tidak ada yang timpang.

Keseimbangan dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman. Hal ini juga bisa diterapkan saat suami sibuk dengan hobinya bermain game.

Moms bisa memberikan jadwal kepada suami sampai jam berapa atau berapa jam setiap harinya meluangkan waktu untuk hobi.

Di samping waktu tersebut, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk mengobrol satu sama lain atau punya quality time antara suami dan istri.

Ingat, Moms, komunikasi adalah hal terpenting dalam sebuah hubungan, namun tetap saling menghargai pendapat dari masing-masing pasangan.

Jadi, dengan cara-cara di atas, hobi bukan menjadi halangan atau pemicu konflik dalam rumah tangga, ya, Moms!

(DG)

Artikel Terkait